Pembiasaan nilai-nilai "7K" sebagai upaya gerakan nasional revolusi mental pada peserta didik di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang Kota Malang / Eka Putri Purnaning Awanda

Awanda, Eka Putri Purnaning (2018) Pembiasaan nilai-nilai "7K" sebagai upaya gerakan nasional revolusi mental pada peserta didik di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang Kota Malang / Eka Putri Purnaning Awanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Awanda, Eka Putri Purnaning, 2018. Pembiasaan Nilai-Nilai 7K Sebagai Upaya Gerakan Nasional Revolusi Mental Pada Peserta Didik di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang Kota Malang. Skripsi, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suparlan Al Hakim, M.Si, (II) Dr. Nuruddin Hady, S.H, M.H. Kata Kunci: Nilai-nilai 7K, Revolusi Mental, SMA Laboratorium UM Program 7K merupakan kegiatan pembinaan kesiswaan yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008. Nilai-nilai yang terkandung dalam 7K adalah Keamanan, Kebersihan, Ketertiban, Keindahan, Kekeluargaan, Kedamaian, dan Kerindangan. Pelaksanaan nilai-nilai 7K disesuaikan menurut kebutuhan sekolah masingmasing. SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang menerapkan program 7K yang terdiri dari Keimanan, Keamanan, Kebersihan, Kekeluargaan, Kedisiplinan, Ketertiban, dan Keindahan. Program 7K sebagai kegiatan pembinaan kesiswaan berupaya menciptakan peserta didik menjadi pribadi yang berkarakter dan berbudi pekerti luhur melalui pola-pola pembiasaan agar terjadi perubahan cara berpikir dari tidak baik menjadi baik atau biasa disebut dengan istilah revolusi mental. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui (1) nilai-nilai yang terkandung dalam program 7K di SMA Laboratorium UM (2) bentuk pembiasaan nilai-nilai 7K di SMA Laboratorium UM (3) peran guru dalam pembiasaan nilainilai 7K di SMA Laboratorium UM (4) kendala yang dihadapi dalam pembiasaan nilai-nilai 7K di SMA laboratorium UM. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini, peneliti berusaha memberikan gambaran mengenai pembiasaan nilai-nilai 7K sebagai upaya revolusi mental pada peserta didik di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Hasil penelitian data yang berupa catatan lapangan, wawancara, maupun dokumentasi disusun secara sistematis dan objektif dengan menggunakan analisis data yakni reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan/verifikasi. Tujuannya agar dapat memberikan penjelasan secara mendetail dan sesuai kenyataan tanpa ada rekayasa. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, Nilai-nilai yang terkandung dalam program 7K di SMA Laboratorium UM adalah Keimanan, Keamanan, Kebersihan, Kekeluargaan, Kedisiplinan, Ketertiban, dan Keindahan. Kedua, Bentuk pembiasaan nilai-nilai 7K di SMA Laboratorium UM meliputi: (1) kegiatan rutin yaitu melaksanakan sholat bersama, membaca Kitab Suci bersama, morning motivation, (2) kegiatan spontan yaitu menegur peserta didik yang bersikap kurang baik, memberi pujian kepada peserta didik yang bersikap baik, (3) keteladanan yaitu bapak ibu guru memberi contoh yang baik dalam segala hal, (4) pengondisian lingkungan yaitu menciptakan kondisi yang mendukung keterlaksanaan pendidikan karakter. Ketiga, Peran guru dalam pembiasaan nilainilai 7K di SMA Laboratorium UM yaitu (1) guru berperan mengingatkan, (2) guru memberikan sanksi, (3) guru memberi teladan. Keempat, Kendala yang dihadapi dalam pembiasaan nilai-nilai 7K di SMA Laboratorium UM meliputi (1) ii peserta didik kurang memiliki kesadaran terhadap diri sendiri, (2) kurang peduli dengan lingkungan sekitar, (3) kurangnya konsistensi bapak ibu dalam menerapkan pembiasaan karena kesibukan. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka saran yang dapat diberikan peneliti adalah (1) pembiasaan nilai-nilai 7K di sekolah dijadian kebiasaan seharihari tidak semata-mata karena kendali aturan sekolah (2) orang tua memberikan respon positif dengan mendukung anaknya ikut dalam kegiatan-kegiatan yang diadakan sekolah sehingga anak dapat berkembang menjadi mandiri (3) bapak ibu guru lebih konsistensi dalam melaksanakan pembiasaan nilai-nilai 7K dengan terus mengingatkan kepada peserta didik, memberikan motivasi, dan memberikan teladan, (4) menciptakan kondisi psikologis yang baik untuk peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52318

Actions (login required)

View Item View Item