Pola pelayanan publik yang dilakukan oleh Satlantas Polresta Malang dalam pengurusan surat ijin mengemudi / Rifki Ululazmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pola pelayanan publik yang dilakukan oleh Satlantas Polresta Malang dalam pengurusan surat ijin mengemudi / Rifki Ululazmi

Ululazmi, Rifki (2018) Pola pelayanan publik yang dilakukan oleh Satlantas Polresta Malang dalam pengurusan surat ijin mengemudi / Rifki Ululazmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ii ABSTRAK Azmi Rifki Ulul. 2017. Pola Pelayanan Publik Yang Dilakukan Oleh Satlantas Polresta Malang Dalam Pengurusan Surat Ijin Mengemudi. Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Untari M.Si (II) Drs. Petir Pudjantoro M.Si. Kata Kunci Pelayanan Publik Surat Ijin Mengemudi Satuan Lalu Lintas. Pelayanan publik merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia. Pelayanan publik merupakan tanggung jawab pemerintah sebagai penyelenggara negara. Pelayanan publik dapat berupa barang maupun jasa. Negara dibentuk sebagai penyelengara dalam pelayanan publik untuk masyarakat. Sebagai penyelenggara pelayanan publik pemerintah perlu memberikan inovasi-inovasi pelayanan terhadap seluruh warga negara agar nantinya seluruh warga negara tidak lagi mengalami hambatan-hambatan terhadap pelayanan publik yang dilakukan oleh penyelenggara pelayanan publik. Pada pengurusan surat kendaraan bermotor di Kantor Satlantas terjadi banyak peningkatan permintaan pembuatan Surat Ijin Mengemudi (SIM) seiring dengan gencarnya pihak kepolisian dalam mengadakan operasi ketertiban kelengkapan surat mengemudi dan kendaraan di jalan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) menjelaskan tentang pelayanan publik yang dilakukan oleh Satlantas Polresta Malang dalam melaksanakan pengurusan Surat Ijin Mengemudi di Satlantas Polresta Malang (2) mendeskripsikan berbagai faktor pendukung dan penghambat dalam pelayanan Surat Ijin Mengemudi di Satlantas Polresta Malang (3) mendeskripsikan solusi yang dilakukan Satlantas Polresta Malang dalam mengatasi hambatan dalam pengurusan Surat Ijin Mengemudi serta mendekripsikan berbagai inovasi pelayanan Surat Ijin Mengemudi yang di lakukan oleh Satlantas Polresta Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti terlibat terjun langsung di lapangan dengan cara observasi wawancara dan dokumentasi untuk memperoleh data yang valid. Lokasi penelitian di Satlantas Polresta Malang Jl. Jaksa Agung Suprapto Rampal Celaket Klojen Kota Malang Jawa Timur 65141. Sumber data yang digunakan yaitu data primer yang terdiri atas Kanit Dikyasa Satlantas Polresta Malang dan Masyarakat Kota Malang. Kemudian data sekunder yang berasal dari berbagai dokumen-dokumen. Proses pengolahan data menggunakan analisis data kualitatif model interaktif dari Miles dan Huberman yang terdiri atas reduksi data penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh hasil penelitian sebagai berikut petama tata cara pengurusan Surat Ijin Mengemudi Satlantas Polresta Malang terdiri dari persyaratan administratif dan ujian. Ujian yang dilakukan yaitu berupa ujian teori dan ujian praktik. Kedua terdapat faktor yang mendukung dalam pengurusan Surat Ijin Mengemudi di Satlantas Polresta Malang yaitu sarana dan prasarana yang memadai serta di terapkannya pembuatan Surat Ijin Mengemudi secara Online. Faktor yang menhambat pengurusan Surat Ijin Mengemudi di Kota Malang yaitu faktor sistem dan faktor batasan pembuatan Surat Ijin Mengemudi setiap harinya. Ketiga Satlantas Polreta Malang telah ii melakukan berbagai upaya dan inovassi dalam mengatasi hambatan yang timbul yaitu dengan menyediakan Genset membatasi jumlah antrian SIM Corner SIM Keliling dan SIM Online. Merekomendasikan kepada Satlantas Polresta Malang 1) meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat terkait pembuatan SIM Online karena banyak dari masyarakat yang belum memahami mekanisme pembuatan maupun perpanjangan SIM Online 2) meningkatkan kualitas pelayanan baik peningkatan sumberdaya manusia maupun sarana dan prasarananya baik melalui pelatihan maupun sosialisasi dengan meningkatkan kualitas sumberdaya manuasia maupun prasarananya tentu akan berakibat pada peningkatan kualitas pelayanannya 3) lebih gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pembuatan SIM terutama melalui media Online seperti blog facebook instagram. Untuk masyarakat Kota Malang masyarakat hendaknya lebih memiliki rasa ingin tahu tentang mekanisme pembuatan SIM secara menyeluruh baik melalui media massa maupun media online sehingga lebih mempercepat proses pengurusan SIM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52315

Actions (login required)

View Item View Item