Penanaman nilai karakter peduli lingkungan melalui mata pelajaran pendidikan Lingkungan Hidup pada kelas XII SMAN 1 Mejayan Kabupaten madiun / Tya Rizki Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penanaman nilai karakter peduli lingkungan melalui mata pelajaran pendidikan Lingkungan Hidup pada kelas XII SMAN 1 Mejayan Kabupaten madiun / Tya Rizki Wulandari

Wulandari, Tya Rizki (2018) Penanaman nilai karakter peduli lingkungan melalui mata pelajaran pendidikan Lingkungan Hidup pada kelas XII SMAN 1 Mejayan Kabupaten madiun / Tya Rizki Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABTRAK Wulandari Rizki Tya. 2018. Penanaman Nilai Karakter Peduli Lingkungan Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup Pada Kelas XII SMAN 1 Mejayan Kabupaten Madiun. Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suparman A.W S.H. M.Hum (II) Dr. Edi Suhartono S.H M.Pd. Kata Kunci Nilai Karakter Peduli Lingkungan Pendidikan Lingkungan Hidup Karakter merupakan perilaku manusia baik dalam bentuk sikap maupun ucapan. Sedangkan nilai karakter peduli lingkungan merupakan sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi. Nilai karakter peduli lingkungan dapat ditanamkan melalui mata pelajaran pendidikan lingkungan hidup termasuk di SMAN 1 Mejayan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui nilai karakter peduli lingkungan yang terdapat dalam mata pelajaran pendidikan lingkungan hidup kelas XII SMAN 1 Mejayan (2) mengetahui cara penanaman nilai karakter peduli lingkungan melalui mata pelajaran pendidikan lingkungan hidup pada kelas XII SMAN 1 Mejayan (3) mengetahui hambatan pendidik dalam menanamkan nilai karakter peduli lingkungan kepada peserta didik dan (4) solusi agar peserta didik mampu memahami nilai karakter peduli lingkungan yang terdapat pada mata pelajaran pendidikan lingkungan hidup. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dilaksanakan pengecekan keabsahan data dengan tiga teknik yaitu teknik ketekunan pengamatan teknik triangulasi (triangulasi observasi triangulasi sumber dan triangulasi dokumentasi) serta teknik pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan analisis data tersebut diperoleh empat hasil penelitian sebagai berikut. Pertama nilai karakter peduli lingkungan yang terdapat pada mata pelajran pendidikan lingkungan hidup adalah nilai menghargai keberagaman menghargai karya orang lain nasionalis peduli kebersihan ketertiban dan keindahan. Kedua penanaman nilai karakter peduli lingkungan dilakukan melalui kegiatan intra dan ekstra. Kegiatan intra dilakukan didalam kelas menggunakan RPP (Rencana ii Pelaksanaan Pembelajaran) dan silabus sedangkan kegiatan ekstra dilakukan diluar kelas dengan melakukan penanaman nilai karakter peduli lingkungan melalui pembiasaan keteladanan dan kerjasama. Ketiga hambatan yang ditemui pendidik dalam menanamkan nilai karakter peduli lingkungan adalah kurangnya tempat untuk melaksanakan kegiatan praktik budidaya tanaman produktif maupun tanaman hias. Keempat solusi agar peserta didik melaksanakan kegiatan praktik budidaya tanaman adalah dengan melaksanakan kegiatan tersebut dirumah masing- masing kelompok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52313

Actions (login required)

View Item View Item