Pengembangan media monopoli untuk pembelajaran aksara Jawa di kelas III SDN Lowokwaru 3 Kota Malang / Alwik Ruslianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media monopoli untuk pembelajaran aksara Jawa di kelas III SDN Lowokwaru 3 Kota Malang / Alwik Ruslianto

Ruslianto, Alwik (2015) Pengembangan media monopoli untuk pembelajaran aksara Jawa di kelas III SDN Lowokwaru 3 Kota Malang / Alwik Ruslianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ruslianto Alwik. 2014. Pengembangan Media Monopoli Untuk Pembelajaran Aksara Jawa di kelas III SDN Lowokwaru 3 Kota Malang . Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sulton M.Pd (II) Saida Ulfa ST. M.Edu Ph.D Kata kunci Pengembangan Media Monopoli Aksara Jawa Pada era globalisasi dan modernisasi ini membahas tentang bahasa daerah yang umumnya merupakan bahasa ibu di Nusantara mungkin bukanlah sesuatu yang menarik dan menantang. Tak perlu terkejut akan hal ini karena kenyataan menunjukkan bahwa pamor bahasa daerah sudah kalah apabila dibandingkan dengan bahasa nasional kita apalagi dengan bahasa Inggris yang dijuluki bahasa internasional. Nasib bahasa-bahasa daerah pada umumnya tak kunjung mengalami perbaikan malah makin tersudut dalam perkembangan kebahasaan di era ini. SDN Lowokwaru 3 Kota Malang termasuk salah satu sekolah yang peduli akan pentingnya Bahasa Daerah terutama Bahasa Jawa yaitu dengan memsukkannya Bahasa Jawa ke dalam mata pelajaran salah satunya materi tentang Aksara Jawa. Berdasarkan observasi yang dilakukan tanggal 18 September 2014 di SDN Lowokwaru 3 Kota Malang diketahui bahwa dalam menyampaikan materi kepada siswa selama ini guru kelas III menggunakan metode ceramah secara klasikal. Kurangnya penggunaan media pembelajaran menyebabkan siswa terkesan pasif kurang antusias dan kurang fokus terhadap proses penyampaian materi terlebih lagi materi aksara merupakan hal baru bagi siswa kelas III sekolah dasar karena pada tingkat sebelumnya siwa sama sekali belum dikenalkan dengan materi aksara jawa. Maka dari itu pengembangan media pembelajaran yang menyenangkan seperti media monopoli untuk membantu dalam penyampaian materi membca aksara Jawa akan sangat berguna dalam proses penyampaian materi dari guru. Media monopoli juga dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan sehingga siswa dapat terlibat aktif dan fokus dalam proses pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diadopsi dari model pengembangan Sugiyono (2011) sebagai dasar pengembangan media pembelajaran monopoli. Terdapat sepuluh tahapan dalam pengembangan media monopoli ini yaitu (1) potensi dan masalah (2) mengumpulkan informasi (3) desain produk (4) validasi desain (5) perbaikan desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk (10) pembuatan produk massal. Hasil pengembangan media monopoli ini dinyatakan dalam kualifikasi valid/layak berdasarkan analisis sebagai berikut validasi ahli media 81 6% ahli materi 88 3% uji coba lapangan kecil 90 6% uji coba lapangan besar 93 1% hasil belajar siswa sebelum menggunakan media monopoli (pre-test) mencapai rata-rata 75 5 % dan setelah menggunakan media monopoli (post-test) emengalami kenikan mencapai rata-rata 90 7 % Dengan demikian media monopoli untuk materi aksara Jawa menunjukan bahwa produk yang dikembangkan dinyatakan valid dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/523

Actions (login required)

View Item View Item