Peran Koperasi Agro Niaga Jabung dalam pemberdayaan sumber daya manusia di Desa Kemantren Kec. Jabung Kab. Malang / Kartika Amelia Tuasamu - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran Koperasi Agro Niaga Jabung dalam pemberdayaan sumber daya manusia di Desa Kemantren Kec. Jabung Kab. Malang / Kartika Amelia Tuasamu

Tuasamu, Kartika Amelia (2018) Peran Koperasi Agro Niaga Jabung dalam pemberdayaan sumber daya manusia di Desa Kemantren Kec. Jabung Kab. Malang / Kartika Amelia Tuasamu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tuasamu Kartika Amelia. 2018. Peran Koperasi Agro Niaga Jabung dalam Pemberdayaan Sumber Daya Manusia di Desa Kemantren Kecamatan Jabung Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suparman Adi Winoto S.H. M.Hum. (II) Drs. Ketut Diara Astawa S.H. M.Si. Kata Kunci Koperasi Agro Niaga Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Koperasi Agro Niaga Jabung merupakan koperasi agribisnis sekaligus koperasi produsen yang perkembangannya sempat diwarnai dengan keterbatasan sumber daya manusia. Dengan berbagai usaha perombakan struktur organisasi pemanfaatan sumber daya alam hingga pemberdayaan sumber daya manusia di Koperasi Agro Niaga Jabung saat ini mampu menjadi koperasi yang penuh prestasi salah satunya yang terbaru adalah peraih penghargaan sebagai koperasi skala besar nasional tahun 2017. Dari pencapaian prestasi tersebut peneliti bermaksud untuk melakukan penelitian mengenai seperti apa pelaksanaan program pemberdayaan dan pengembangan sumber daya manusia di Koperasi Agro Niaga Jabung. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan program pemberdayaan sumber daya manusia di Koperasi Agro Niaga Jabung serta peran Koperasi Agro Niaga Jabung dalam pelaksanaan program pemberdayaan sumber daya manusia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh berupa pemaparan narasumber melalui metode wawancara dokumentasi dan observasi yang dilakukan oleh peneliti sebagai instumen utama penelitian. Untuk memastikan validitas data peneliti melakukan kegiatan member checkhing yaitu pengecekan data dengan subjek dan triangulasi data yaitu proses prngambilan data dari subjek yang berbeda. Pada tahap analisis data peneliti melakukan beberapa tahap yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan. Pertama program pemberdayaan sumber daya manusia di Koperasi Agro Niaga Jabung dibagi dalam dua aspek yaitu sumber daya manusia anggota yang terdiri dari pelaksanaan pelatihan penyuluhan dan pendampingan bagi anggota. Sumber daya manusia karyawan mencakup awal masuk karyawan baru seperti rekrutmen dan magang hingga program-program lain seperti Focus Group Discussion Knowlegde Worker Forum seminar sarasehan dan beasiswa pendidikan tinggi bagi karyawan. Kedua Peran Koperasi Agro Niaga Jabung dalam pemberdayaan sumber daya manusia berdasarkan program-program pelaksanaan pemberdayaan anggota dan karyawan adalah 1) sebagai pengembang kompetensi masyarakat sebagai anggota di Koperasi Agro Niaga Jabung 2) sebagai pengembang kemampuan dan kualitas karyawan sehingga mempengaruhi kinerjanya dalam bekerja dan 3) sebagai fasilitator dalam proses transfer ilmu dan kemampuan bagi anggota dan karyawan Koperasi Agro Niaga Jabung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52295

Actions (login required)

View Item View Item