Pengaruh pemutaran ulang film G 30 S/PKI terhadap motivasi bela negara pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Wonosari Kabupaten Malang / Rinda Asiska

Asiska, Rinda (2018) Pengaruh pemutaran ulang film G 30 S/PKI terhadap motivasi bela negara pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Wonosari Kabupaten Malang / Rinda Asiska. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Asiska, Rinda. 2018. Pengaruh Pemutaran Ulang Film G 30 S/PKI Terhadap Motivasi Bela Negara Pada Siswa Kelas VIII di SMPN Negeri 1 Wonosari Kabupaten Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Margono, M.Pd, M.Si (II) Dr. Nuruddin Hady, S.H, M.H Kata Kunci : Film, Bela Negara, Pengaruh Film Terhadap Perilaku Bela negara merupakan suatu tekad warga negara untuk mempertahankan keutuhan negara berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 dalam rangka menjaga kelangsungan hidup bangsa dan negara. Indikator bela negara meliputi (1) Cinta tanah air (2) Kesadaran berbangsa dan bernegara (3) Yakin akan Pancasila sebagai ideologi negara (4) Rela berkorban unuk bangsa dan negara (5) Memiliki kemampuan awal bela negara. SMP Negeri 1 Wonosari merupakan lembaga pendidikan tingkat pertama dengan visi misi yang hendak dicapainya. Bela negara yang dimiliki oleh siswa, khususnya kelas VIII disinyalir mulai luntur karena berbagai pengaruh baik dari luar sekolah maupun dari dalam sekolah. Sehingga diperlukannya inovasi untuk menumbuhkan kembali motivasi bela negara pada siswa, salah satunya dengan melalui kegiatan pemutaran ulang film G 30 S/PKI yang merupakan film sejarah yang dibumbui dengan unsur-unsur bela negara didalamnya. Tujuan dilakukan penelitian ini meliputi (1) Mengetahui pengaruh antara pemutaran ulang Film G 30 S/PKI terhadap motivasi bela negara (2) Mengetahui seberapa besar pengaruh antara pemutaran ulang Film G 30 S/PKI terhadap motivasi bela negara. Penelitian ini menggunakan motede kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 177 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling, karena subjek penelitian dianggap sama sehingga memiliki kesempatan yang sama untuk dapat diambil sebagai sampel. Maka peneliti mengambil 45 siswa sebagai responden dalam penelitian ini. Setelah peneliti menentukan responden, kemudian peneliti mulai melakukan tahapan pertama yaitu pemutaran ulang Film G 30 S/PKI kepada responden. Setelah melalukan pemutaran ulang film G 30 S/PKI, peneliti menyebarkan instrumen penelitian berupa angket dengan rincian untuk variabel X (Film G 30 S/PKI) sejumlah 20 item, sedangkan untuk variabel Y (Bela Negara) sejumlah 23 item. Keseluruhan item tersebut sudah mewakili masing-masing indikator variabel. Data penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan uji T. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa hipotesis kerja diterima yang menyatakan ada pengaruh antara pemutaran ulang film G 30 S/PKI terhadap motivasi bela negara yang ditunjukkan t hitung > t tabel sebesar 55.554 > 1.681 dengan taraf signifikasi sebesar 0,05 atau 95%. Besarnya pengaruh yang diperoleh, dapat diihat dari beberapa indikator. Indikator cinta tanah air sebesar 25%, indikator kesadaran berbangsa dan bernegara sebesar 6,25%, indikator yakin akan Pancasila sebesar 18,75%, indikator rela berkorban sebesar 25%, serta indikator kemampuan awal bela negara sebesar 25%. Saran yang dapat diberikan kepada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Wonosari, hendaknya motivasi bela negara yang ada pada diri masing-masing lebih ditingkatkan lagi. Tidak hanya dengan bantuan media film-film sejarah sebagai pendongkrak motivasi bela negara, namun hal-hal yang ada dilingkungan sekitar harusnya menjadi media dalam menerapkan sikap bela negara yang sudah sepatutnya selalu tercermin pada diri masing-masing siswa. Perilaku yang sebelumnya buruk yang tidak patut untuk dilakukan sebagai generasi penerus bangsa, wajib dihilangkan pada diri masing-masing siswa agar kedepannya sikap bela negara selalu tertanam dan terpatri pada diri siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52285

Actions (login required)

View Item View Item