Penguatan Nilai-nilai Nasionalisme Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari Reog di SMP Negeri 1 Bungkal Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo / Johan Dwi Saputro - Repositori Universitas Negeri Malang

Penguatan Nilai-nilai Nasionalisme Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari Reog di SMP Negeri 1 Bungkal Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo / Johan Dwi Saputro

Saputro, Johan Dwi (2018) Penguatan Nilai-nilai Nasionalisme Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari Reog di SMP Negeri 1 Bungkal Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo / Johan Dwi Saputro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saputro Johan Dwi. 2017. Penguatan Nilai-nilai Nasionalisme Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari Reog di SMP Negeri 1 Bungkal Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo. Skripsi Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sri Untari M.Si (2) Dr. Yuniastuti S.H. M.Pd Kata Kunci Nilai Nasionalisme Ekstrakurikuler Bangsa Indonesia adalah bangsa yang meraih kemerdekaannya dengan cara berjuang bersama-sama untuk melawan penjajah yaitu Belanda dan juga Jepang. Setelah kemerdekaan bangsa Indonesia terwujud semakin lama rasa nasionalisme pada Bangsa Indonesia dirasakan semakin memudar. Nasionalisme dapat diartikan sebagai suatu sikap untuk mempertahankan harga diri kedaulatan dan kehormatan bangsa sehingga dari sikap tersebut akan muncul perasaan untuk bersatu didalam suatu bangsa satu dengan seluruh lapisan warga dalam suatu masyarakat. Nilai yang terkandung dalam nasionalisme Indonesia seperti persatuan dan kesatuan perasaan senasib toleransi kekeluargaan tanggung jawab sopan santun gotong royong dan rokhani. Nilai kerokhanian yaitu segala sesuatu yang berguna bagi rohani. Nilai kerokhanian dapat dibedakan atas tiga macam. a) Nilai kebenaran b) Nilai keindahan dan c) Nilai religious Nilai religious bersumber kepada kepercayaan atau keyakinan manusia. Adapun tujuan penelitian adalah (1) Untuk mengetahui program ekstrakurikuler seni tari Reog di SMP Negeri 1 Bungkal (2) Untuk mengetahui pelaksanaan ekstrakurikuler seni tari Reog di SMP Negeri 1 Bungkal (3) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam penguatan nilai nilai Nasionalisme siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler seni tari Reog di SMP Negeri 1 Bungkal (4) Untuk mengetahui upaya mengatasi kendala dalam penguatan nilai nilai Nasionalisme siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler seni tari Reog di SMP Negeri 1 Bungkal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Prosedur yang dilakukan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data penyajian data dan menarik kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan data dilakukan dengan triangulasi sumber triangulasi metode triangulasi waktu dan menggunakan bahan referensi. Pemilihan lokasi SMP Negeri 1 Bungkal Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo sebagai tempat penelitian adalah berdasarkan SMP Negeri 1 Bungkal sudah menerapkan seni tari reog sebagai ekstrakurikuler yang harus diikuti oleh siswa SMP Negeri 1 Bungkal sedangkan di sekolah yang lain tidak menerapkan ekstrakurikuler melainkan sanggar tari reog untuk umum. a Hasil penelitian ini menunjukkan (1) penguatan nilai-nilai nasionalisme dalam kegiatan ekstrakurikuler seni tari Reog di SMP Negeri 1 Bungkal terdapat (a) nilai kebersamaan (b) nilai persatuan (c) nilai kedisiplinan (d) nilai kesantunan (e) nilai kerokhanian (2) pelaksanaan ekstrakurikuler seni tari Reog di SMP Negeri 1 Bungkal melalui proses (a) pendaftaran atau pemilihan (b) kelengkapan fasilitas (c) pelaksanaan kegiatan (d) evaluasi (e) prestasi (3) kendala yang dihadapi dalam penguatan nilai nilai Nasionalisme siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler seni tari Reog di SMP Negeri 1 Bungkal (a)kurangnya dukungan orang tua (b) berkurangnya waktu jam belajar (c) terdapat siswa malas (d) siswa datang terlambat (4) upaya mengatasi kendala dalam penguatan nilai nilai Nasionalisme siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler seni tari Reog di SMP Negeri 1 Bungkal yaitu (a) mengadakan pertemuan dengan orang tua siswa agar pihak sekolah dan keluarga siswa dapat saling berkoordinasi (b) mengadakan jadwal latihan satu kali dalam satu minggu (c) berkoordinasi dengan pihak Bimbingan Konseling dalam mengatasi siswa yang malas mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni tari reog dan (d) menerapkan hukuman lari mengelilingi lapangan dan push up bagi siswa yang datang terlambat saat latihan. Saran yang dapat peneliti berikan dalam penelitian ini adalah (1) pihak sekolah dapat melaksanakan kegiatan yang menunjang pelaksanaan penguatan nilai nasionalisme kepada siswa (2) memberikan apresiasi yang lebih terhadap siswa yang mendapat capaian dalam kegiatan yang menunjang pelaksanaan nilai nasionalisme untuk memotivasi siswa (3) pihak sekolah membuat kebijakan bagi guru yang meningkatkan kemampuan dalam menyusun RPP yang mengintegrasikan nilai nasionalisme (4) pihak sekolah dan keluarga dapat berkoordinasi secara baik dalam pelaksanaan penguatan nilai nasionalisme baik di sekolah maupun di lingkungan keluarga tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52276

Actions (login required)

View Item View Item