Keterlibatan orangtua dalam peningkatan mutu layanan PAUD di Sekolah Alam KB-RA Al-Ikhlas Kepanjen Malang / Astra Ari Hidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Keterlibatan orangtua dalam peningkatan mutu layanan PAUD di Sekolah Alam KB-RA Al-Ikhlas Kepanjen Malang / Astra Ari Hidayati

Hidayati, Astra Ari (2017) Keterlibatan orangtua dalam peningkatan mutu layanan PAUD di Sekolah Alam KB-RA Al-Ikhlas Kepanjen Malang / Astra Ari Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayati A.A. 2017. Keterlibatan Orangtua dalam Peningkatan Mutu Layanan PAUD di Sekolah Alam KB-RA Al-Ikhlas Kepanjen Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan.Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ahmad Mutadzakir M. Pd. (II) Dr. Ellyn Sugeng Desyanty. S Pd. M Pd. Kata Kunci keterlibatan orangtua peningkatan mutu layanan PAUD Peningkatan mutu pendidikan khususnya pada PAUD tidaklah mudah. Sekolah dapat dikatakan bermutu jika melibatkan komponen-komponen lembaga seperti sekolah itu sendiri kepala sekolah pendidik peserta didik dan orangtua terlibat dalam proses pengambilan keputusan dalam setiap penyelenggaraan kegiatan mulai dari perencanaan pelaksanaan hingga evaluasi. Keterlibatan orangtua dalam kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas diri baik pihak lembaga atau orangtua. Penelitian ini bertujuan untuk menemukenali dan mendiskripsikan tentang keterlibatan orangtua dalam penyelenggaraan kegiatan peningkatan mutu layanan PAUD di Sekolah Alam KB-RA Al-Ikhlas Sengguruh Kepanjen Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penilitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun subyek penelitian 6 informan yang terdiri dari kepala sekolah 2 pendidik dan 3 orangtua. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara observasi dan studi dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis melalui reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan yang dilakukan penulis dengan menggunakan teknik pengecekan data dengan derajat kepercayaan (credibility) dengan teknik pemeriksaan triangulasi metode dan sumber. Pada penelitian menunjukkan hasil bahwa (1) Keterlibatan orangtua dalam kegiatan peningkatan mutu yang diadakan di Sekolah Alam KB-RA Al-Ikhlas sangat beragam seperti pemberian makanan sehat kegiatan penghijauan dan istighosah dan rapat bulanan (2) Ada beberapa bentuk keterlibatan orangtua dalam penyelenggaraan program PAUD. Keikutsertaan orangtua Sekolah Alam KB-RA Al-Ikhlas dalam meningkatkan kualitas sekolah seperti dalam hal penyediaan sarana prasarana penyediaan dana dan keaktifan kehadiran (3) manfaat keterlibatan orangtua Sekolah Alam KB-RA Al-Ikhlas dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan memiliki pengaruh dan dampak yang positif bagi lembaga dan orangtua seperti meringankan beban sekolah dan menambah wawasan orangtua. Saran yang dapat dikemukakan pada penelitian ini adalah (1) bagi pengelola lebih meningkatkan kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas layanan PAUD (2) bagi orangtua untuk selalu mendukung dan aktif dalam kegiatan yang diselenggarakan sekolah sedangkan (3) bagi peneliti lain hendaknya dalam meneliti keterlibatan orangtua dalam peningkatan mutu layanan PAUD lebih difokuskan pada manfaat bagi komponen-komponen sekolah baik itu pendidik orangtua peserta didik ataupun masyarakat sehingga terjadi keseimbangan manfaat yang didapat ketika terlibat dalam proses penyelenggaraan kegiatan. ABSTRACT Hidayati A.A. 2017. The involvement of parents to improve the quality of early childhood education program at nature school KB-RA Al-Ikhlas Kepanjen Malang. Skripsi. Non-formal Education Program. Faculty of Science Education. State University of Malang. Advisors (I) Drs. Ahmad Mutadzakir M. Pd. (II) Dr. Ellyn Sugeng Desyanty. S Pd. M Pd. Keywords parental involvement service quality improvement Early Childhood Education Program Improving the quality of education especially in early childhood education program is not easy. School can be said to be qualified if they involve institutional components such as the school itself principals teachers students and parents involved in the decision-making process in every activity from planning implementation and evaluation. The involvement of parents in this activity can improve the quality of either the institution or parents. This research aims to identify and describe the involvement of parents in the implementation of activities to improve the quality of early childhood education program at nature school KB-RA Al-Ikhlas Sengguruh Kepanjen Malang. The approach used in this research is qualitative with case study research. The research subjects are 6 informants consisting of principal 2 teachers and 3 parents. Data collection used are interview observation and documentation. The data that have been obtained is analyzed by data reduction data presentation and conclusion. Checking the validity of the findings using credibility data technique with the triangulation technique of methods and sources. The research result shows that (1) parental involvement in improvement quality activities at nature school KB-RA Al-Ikhlas are very diverse such as healthy feeding reforestation activity and region activity and monthly meetings (2) There are several forms of parental involvement in the implementation of the early childhood education program. The participation of parents at nature school KB-RA Al-Ikhlas in improving the quality of school such as provisioning the infrastructure provisioning the funds and attendance (3) The benefits of parental involvement at nature school KB-RA Al-Ikhlas in every activity have positive impacts for institution and parents such as easing the school load and increasing parents insight. The suggestions that can be expressed in this research are (1) for manager to improve activities that can improve the quality of early childhood education program services (2) for parents to always support and active in every activity held by school (3) for other researchers should examine the involvement of parents in improving the quality of early childhood education program services to be more focused on the benefits for school components such as teachers parents students or society resulting in a balance of benefits gained when engaged in the process of organizing activities.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5226

Actions (login required)

View Item View Item