Parenting education berbasis media sosial whatsapp (studi kasus di KB/TK Palm Kids Pre-School and Kindergarten Permata Jingga Kota Malang) / Alfanda Nindyes Diwanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Parenting education berbasis media sosial whatsapp (studi kasus di KB/TK Palm Kids Pre-School and Kindergarten Permata Jingga Kota Malang) / Alfanda Nindyes Diwanti

Diwanti, Alfanda Nindyes (2017) Parenting education berbasis media sosial whatsapp (studi kasus di KB/TK Palm Kids Pre-School and Kindergarten Permata Jingga Kota Malang) / Alfanda Nindyes Diwanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Diwanti Alfanda Nindyes. 2017. Parenting Education Berbasis Media Sosial Whatsapp (Studi Kasus di KB/TK Palm Kids Preschool and Kindergarten Permata Jingga Kota Malang). Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. Ahmad Mutadzakir M. Pd. (II) Dr. Sri Wahyuni S. Pd M. Pd. Kata Kunci Parenting Education Media sosial whatsapp Parenting Education merupakan kegiatan pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan orangtua dalam pengasuhan anak selama berada di rumah maupun di sekolah. Kegiatan parenting education di Palm Kids jarang dilakukan hanya ada beberapa kegiatan yang terlaksana di lembaga tersebut diantaranya parents meeting yang diadakan satu bulan sekali serta kegiatan pengambilan raport. pendidik dan orangtua mayoritas pengguna media sosial whatsapp orangtua di Palm Kids mayoritas bekerja di luar kota oleh karena itu orangtua memantau perkembangan serta permasalahan pada anak mereka selama berada di sekolah serta orangtua juga mengkonsultasikan melalui media sosial whatsapp konsultasi tersebut dilakukan berupa pesan tertulis secara pribadi (jaringan pribadi) kepada pendidik. Tujuan dari penelitian ini menjelaskan tentang parenting education berbasis media sosial whatsapp Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dan studi dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah peneliti sendiri. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Kegiatan analisis data dimulai dari pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian sebagai berikut. (1) materi yang dibahas atau diperbincangkan pendidik dan orangtua saat melakukan konsultasi online yaitu terkait perkembangan dan permasalahan anak saat berada di sekolah serta perkembangan dan permasalahan anak saat berada di rumah. Orangtua saat berkonsultasi kepada pendidik tidak pernah keluar dari topik pembahasan (2) pendidik tidak memberikan jadwal konsultasi kepada orangtua pendidik lebih memberikan kebebasan waktu dan hari pada orangtua untuk berkonsultasi. Sedangkan orangtua berkonsultasi dengan melihat situasi dan kondisi terlebih dahulu yang terjadi pada anak (3) cara pemanfaatan media sosial whatsapp untuk media konsultasi online ini adanya tahapan-tahapan seperti konsultasi dilakukan berupa pesan tertulis dengan melalui kontak pribadi (jaringan pribadi) pendidik memanfaatkan whatsapp sebagai media untuk bertukar informasi secara berantai kepada orangtua. lalu jika ada masalah yang serius pendidik menangani lebih lanjut di luar whatsapp serta adanya evaluasi yang dilakukan pendidik agar tahu seberapa ketercapaian saran yang diberikan oleh pendidik melalui konsultasi online tersebut. Saran yang diberikan dari hasil penelitian ini yaitu. (1) bagi pendidik bisa menjadwalkan hari dan waktu untuk orangtua berkonsultasi agar orangtua tidak berkonsultasi sesuai kebutuhan saja (2) bagi orangtua konsultasi sebaiknya dilakukan secara rutin tidak hanya sesuai kebutuhan saja (3) bagi peneliti lain agar dapat mengembangkan penelitian lebih lanjut lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5225

Actions (login required)

View Item View Item