Persepsi warga belajar tentang kompetensi kepribadian widyaiswara pada Diklat Teknis Umum Tata Naskah Dinas angkatan I di Balai Diklat Keuangan Malang / Intan Widia Rika - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi warga belajar tentang kompetensi kepribadian widyaiswara pada Diklat Teknis Umum Tata Naskah Dinas angkatan I di Balai Diklat Keuangan Malang / Intan Widia Rika

Rika, Intan Widia (2017) Persepsi warga belajar tentang kompetensi kepribadian widyaiswara pada Diklat Teknis Umum Tata Naskah Dinas angkatan I di Balai Diklat Keuangan Malang / Intan Widia Rika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rika Intan Widia. 2017. Persepsi Warga Belajar Tentang Kompetensi Kepribadian Widyaiswara Pada Diklat Teknis Umum Tata Naskah Dinas Angkatan I di Balai Diklat Keuangan Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Lasi Purwito M.S. (II) Drs Sucipto M.S. Kata Kunci Persepsi warga belajar Kompetensi kepribadian widyaiswara Widyaiswara adalah tenaga fungsional dalam sebuah lembaga pendidikan yang harus memiliki kompetensi tertentu agar dapat melaksanakan tugas sebagai pendidik pengajar dan pembimbing bagi warga belajar. Salah satu kompetensi widyaiswara adalah kompetensi yang dapat mempengaruhi iklim pembelajaran berupa kompetensi kepribadian yang akan nampak dalam pembelajaran dan dapat dijadikan teladan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan persepsi warga belajar tentang kompetensi kepribadian widyaiswara pada DTU Tata Naskah Dinas di Balai Diklat Keuangan Malang yang meliputi kepribadian yang mantap stabil dan dewasa kepribadian yang arif dan berwibawa kepribadian yang menjadi teladan serta kepribadian berakhlak mulia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif untuk mendiskripsikan sebuah fenomena yang berkaitan dengan variabel penelitian. Penelitian deskriptif yang dilakukan berkaitan dengan persepsi warga belajar terhadap kompetensi kepribadian widyaiswara yang ideal di Balai Diklat Keuangan Malang. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket tertutup kepada seluruh peserta DTU Tata Naskah Dinas Angkatan I Tahun 2017 yang berjumlah 27 peserta. Analisis data menggunakan MS Excel dan SPSS for windows ver. 16. Hasil penelitian (1) kepribadian widyaiswara yaitu kepribadian yang mantap. stabil dan dewasa memiliki presentase 91 60% dinyatakan dengan kualifikasi sangat baik (2) kepribadian yang arif dan berwibawa ini memiliki presentase 89 26% dinyatakan dengan kualifikasi sangat baik (3) kepribadian yang menjadi teladan ini memiliki presentase 92 22% dinyatakan dengan kualifikasi sangat baik serta (4) kepribadian yang berakhlak mulia memiliki presentase 90 19% dinyatakan dengan kualifikasi sangat baik. Menurut peserta DTU Tata Naskah Dinas Angkatan I Tahun 2017 di Balai Diklat Keuangan Malang Kompetensi kepribadian widyaiswara memiliki kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disarankan kepada Balai Diklat Keuangan Malang diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai sumber data untuk memanfaatkan kompetensi kepribadian widyaiswara semaksimal mungkin. Bagi widyaiswara di Balai Diklat Keuangan Malang diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan bahwa kompetensi kepribadian yang sudah sangat baik dapat digunakan untuk meningkatkan kompetensi lainnya yaitu kompetensi pedagogik social dan professional. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk menambah wawasan dan pengetahuan yang berhubungan dengan kompetensi kepribadian widyaiswara yang tentunya semakin memperkaya bahasan terkait dengan kompetensi kepribadian widyaiswara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5224

Actions (login required)

View Item View Item