Pendekatan habituasi untuk menanamkan nilai kejujuran di SMA Negeri 1 Malang / Ahmad Anwar

Anwar, Ahmad (2017) Pendekatan habituasi untuk menanamkan nilai kejujuran di SMA Negeri 1 Malang / Ahmad Anwar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anwar, Ahmad. 2017 . Pendekatan Habituasi untuk Menanamkan Nilai Kejujuran di SMA Negeri 1 Malang. Skripsi. Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Drs. Margono, M.Pd., M.Si, (II) Drs. Petir Pujiantoro, M.Si Kata Kunci : Pendidikan, Pendekatan habituasi, dan Nilai kejujuran Pendidikan mampu menyiapkan karakter mulia bagi peserta didik untuk menjadi warga negara Indonesia yang jujur, berkualitas dan berwatak mulia. Pendidikan karakter pada dasarnya sama dengan pendidikan moral. Salah satu nilai penting yang ditanamkan dalam pendidikan karakter bangsa adalah nilai kejujuran. Masalah kejujuran di SMA Negeri 1 Malang menjadi faktor terpenting dalam pendidikan budaya di sekolah. Proses pembiasaan penanaman nilai kejujuran di SMA Negeri 1 Malang merupakan suatu bentuk yang berusaha untuk membentuk watak warga negara (civic disposition). SMA Negeri 1 Malang nilai kejujuran juga sudah cukup tinggi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yakni ; 1) Bagaimana praktik habituasi untuk menanamkan nilai kejujuran di SMA Negeri 1 Malang, 2) Faktor ÔÇô faktor apa yang mendukung dan menghambat praktik habituasi untuk menanamkan nilai kejujuran di SMA Negeri 1 Malang serta 3) bagaimana upaya untuk mengatasi hambatan praktik habituasi untuk menanamkan nilai kejujuran di SMA Negeri 1 Malang. Penelitian ini memiliki tujuan yakni 1) mendeskripsikan dan menganalisis praktik habituasi, 2) faktor penghambat dan pendukung, serta 3) upaya untuk mengatasi hambatan praktik habituasi untuk menanamkan nilai kejujuran di SMA Negeri 1 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi deskriptif analitik. Sumber data yang digunakan selama penelitian yakni sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dengan menggunakan analisis data menurut Spradley yakni analisis taksonomi. Hasil dari penelitian ini yaitu ; 1) Praktik habituasi diwujudkan dengan ; a) prkatik di dalam kelas, meliputi ; (1) mandiri, (2) tidak mencuri, (3) berbicara benar, (4) tidak memalsu surat, dan (5) transparansi dana kas, b) praktik di lingkungan sekolah, meliputi ; (1) budaya malu, (2), budaya bersahabat dengan senyum, sapa, salam, sopan, dan santun, (3) budaya baca dengan menembalikan buku bacaan, dan (4) kegiatan keagamaan dengan istigosah dan sholat berjamaah, c) praktik dalam kegiatan ekstraulikuler, mliputi ; (1) tidak memalsu absensi kegiatan dan dispensasi, dan (2) transparansi dana kas kegiatan. 2) faktor pendukung a) partisipasi warga sekolah dengan pola hubungan antar warga sekolah, b) pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah CCTV dan Finger print, c) tata tertib sekolah sanksi penilaian peserta didik, dan d) bekal pembiasaan kejujuran dari orangtua dengan pendidikan keluarga sedangkan faktor penghambat 1) kemauan warga sekolah dalam berpikir dan 2) lingkungan keluarga dan masayarakat. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yakni a) melakukan pembiasaan kejujuran dari diri sendiri dan b) pertemuan antar warga sekolah. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti yakni a)Kepada Kepala SMAN 1 Malang, hendaknya melakukan pendekatan kepada orang tua siswa untuk membiasakan nilai ÔÇô nilai kejujuran di rumah, dengan mengajar dengan contoh langsung untuk membentuk nurani dan kebiasaan, b) Kepada guru dan jajaran Sekolah untuk mempertahankan nilai kejujuran dengan memberikan contoh atau teladan kepada siswa, c) adanya kerjasama antar siswa dengan memprioritaskan kejujuran dan d) untuk peneliti selanjutnya lanjutan penelitian sangat efektif bagi hasil dari upaya penanaman nilai kejujuran. Karena, praktik habituasi dalam pembiasaan di sekolah sangat efektif dalam pembentukan nilai karakter terutama nilai kejujuran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52229

Actions (login required)

View Item View Item