Pendekatan habituasi untuk menanamkan nilai kejujuran di SMA Negeri 1 Malang / Ahmad Anwar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pendekatan habituasi untuk menanamkan nilai kejujuran di SMA Negeri 1 Malang / Ahmad Anwar

Anwar, Ahmad (2017) Pendekatan habituasi untuk menanamkan nilai kejujuran di SMA Negeri 1 Malang / Ahmad Anwar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anwar Ahmad. 2017 . Pendekatan Habituasi untuk Menanamkan Nilai Kejujuran di SMA Negeri 1 Malang. Skripsi. Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Margono M.Pd. M.Si (II) Drs. Petir Pujiantoro M.Si Kata Kunci Pendidikan Pendekatan habituasi dan Nilai kejujuran Pendidikan mampu menyiapkan karakter mulia bagi peserta didik untuk menjadi warga negara Indonesia yang jujur berkualitas dan berwatak mulia. Pendidikan karakter pada dasarnya sama dengan pendidikan moral. Salah satu nilai penting yang ditanamkan dalam pendidikan karakter bangsa adalah nilai kejujuran. Masalah kejujuran di SMA Negeri 1 Malang menjadi faktor terpenting dalam pendidikan budaya di sekolah. Proses pembiasaan penanaman nilai kejujuran di SMA Negeri 1 Malang merupakan suatu bentuk yang berusaha untuk membentuk watak warga negara (civic disposition). SMA Negeri 1 Malang nilai kejujuran juga sudah cukup tinggi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yakni 1) Bagaimana praktik habituasi untuk menanamkan nilai kejujuran di SMA Negeri 1 Malang 2) Faktor faktor apa yang mendukung dan menghambat praktik habituasi untuk menanamkan nilai kejujuran di SMA Negeri 1 Malang serta 3) bagaimana upaya untuk mengatasi hambatan praktik habituasi untuk menanamkan nilai kejujuran di SMA Negeri 1 Malang. Penelitian ini memiliki tujuan yakni 1) mendeskripsikan dan menganalisis praktik habituasi 2) faktor penghambat dan pendukung serta 3) upaya untuk mengatasi hambatan praktik habituasi untuk menanamkan nilai kejujuran di SMA Negeri 1 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi deskriptif analitik. Sumber data yang digunakan selama penelitian yakni sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi wawancara dokumentasi dengan menggunakan analisis data menurut Spradley yakni analisis taksonomi. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Praktik habituasi diwujudkan dengan a) prkatik di dalam kelas meliputi (1) mandiri (2) tidak mencuri (3) berbicara benar (4) tidak memalsu surat dan (5) transparansi dana kas b) praktik di lingkungan sekolah meliputi (1) budaya malu (2) budaya bersahabat dengan senyum sapa salam sopan dan santun (3) budaya baca dengan menembalikan buku bacaan dan (4) kegiatan keagamaan dengan istigosah dan sholat berjamaah c) praktik dalam kegiatan ekstraulikuler mliputi (1) tidak memalsu absensi kegiatan dan dispensasi dan (2) transparansi dana kas kegiatan. 2) faktor pendukung a) partisipasi warga sekolah dengan pola hubungan antar warga sekolah b) pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah CCTV dan Finger print c) tata tertib sekolah sanksi penilaian peserta didik dan d) bekal pembiasaan kejujuran dari orangtua dengan pendidikan keluarga sedangkan faktor penghambat 1) kemauan warga sekolah dalam berpikir dan 2) lingkungan keluarga dan masayarakat. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yakni a) melakukan pembiasaan kejujuran dari diri sendiri dan b) pertemuan antar warga sekolah. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti yakni a)Kepada Kepala SMAN 1 Malang hendaknya melakukan pendekatan kepada orang tua siswa untuk membiasakan nilai nilai kejujuran di rumah dengan mengajar dengan contoh langsung untuk membentuk nurani dan kebiasaan b) Kepada guru dan jajaran Sekolah untuk mempertahankan nilai kejujuran dengan memberikan contoh atau teladan kepada siswa c) adanya kerjasama antar siswa dengan memprioritaskan kejujuran dan d) untuk peneliti selanjutnya lanjutan penelitian sangat efektif bagi hasil dari upaya penanaman nilai kejujuran. Karena praktik habituasi dalam pembiasaan di sekolah sangat efektif dalam pembentukan nilai karakter terutama nilai kejujuran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Oct 2017 04:29
Last Modified: 20 Dec 2022 00:50
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52229

Actions (login required)

View Item View Item