Penggunaan kamera CCTV (Closed Circuit Television) sebagai alat pemantau perilaku kejujuran siswa di SMK PGRI 2 Malang / Fawaidu Nasuha - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan kamera CCTV (Closed Circuit Television) sebagai alat pemantau perilaku kejujuran siswa di SMK PGRI 2 Malang / Fawaidu Nasuha

Nasuha, Fawaidu (2017) Penggunaan kamera CCTV (Closed Circuit Television) sebagai alat pemantau perilaku kejujuran siswa di SMK PGRI 2 Malang / Fawaidu Nasuha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nasuha Fawaidu. 2017.Penggunaan kamera CCTV (Closed Circuit Television) sebagai alat pemantau perilaku kejujuran siswa di SMK PGRI 2 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Nur Wahyu Rochmadi M.pd. M.si. (2) Dr. Yuniastuti SH. M.Pd. Kata Kunci Penggunaan kamera CCTV (Closed Circuit Television) Pendidikan Karakter. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan pengendalian diri kepribadian kecerdasan akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya masyarakat bangsa dan negara.Pendidikan karakter tidak hanya mengedepankan kecerdasan kognitif saja namun diimbangi dengan kecerdasan afektif dan psikomotorik. Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat perkembangan tersebut berpengaruh terhadap segala aspek kehidupan termasuk dalam dunia pendidikan. Strategi pelaksanaan pendidikan karakter ditingkat satuan pendidikan salahsatunya melalui pengembangan budaya sekolah. Untuk mengembangkan potensi tersebut bisa dilakukan melalui kegiatan pemantauan perilaku siswa melalui kamera CCTV. Ada beberapa kegiatan dalam pemantauan menggunakan kamera CCTV. Dari kegiatan tersebutlah yang nantinya akan menimbulkan nilai-nilai karakter pada siswa. Kegunaan dari penelitian ini untuk menjelaskan penggunaan kamera CCTV sebagai alat pemantau perilaku kejujuran siswa di SMK PGRI 2 Malang yang meliputi 1)penggunaan kamera CCTV sebagai alat pemantau perilaku kejujuran siswa di SMK PGRI 2 Malang 2) kendala yang di hadapi dalam penggunaan kamera CCTV sebagai alat pemantau perilaku kejujuran siswa di SMK PGRI 2 Malang dan 3) cara mengatasi kendala penggunaan kamera CCTV sebagai alat pemantau perilaku kejujuran siswa di SMK PGRI 2 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam penelitian data-data yang diperoleh berupa kata-kata (bukan angka-angka).Penelitian ini menggunakan 3 metode dalam melakukan pengumpulan data yaitu metode observasi (pengamatan) metode interview (wawancara) dan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Mengacu pada analisis tersebut maka diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. Pertama penggunaan kamera CCTV sebagai alat pemantau perilaku siswa di SMK PGRI 2 Malang meliputi 1) pelaksanaan pemantauan perilaku siswa melalui layar monitor CCTV yang berada di ruang kepala sekolah untuk memantau semua area lingkungan sekolah dan layar monitor CCTV di ruang guru hanya digunakan untuk memantau perilaku siswa di ruang kelas saja. 2) CCTV sebagai alat pemantau perilaku siswa 3) kegiatan pemantauan perilaku kejujuran siswa kegiatan pemantauan dilakukakan saat ujian saat ada tugas dari guru piket saat siswa tidak mengetahui keberadaan barangnya dan saat siswa di luar kelas 4) penanganan perilaku ketidakjujuran siswa seperti saat ujian saat ada tugas dari guru piket saat siswa tidak mengetahui keberadaan barangnya dan saat siswa di luar kelas. Ketiga dalam kegiatan pemantauan perilaku ketidakjujuran siswa menggunakan kamera CCTV terdapat kendala yang dihadapi sepertikualitas kamera yang kurang bagus hardisc error siswa yang usil siswa hanya memberikan perkiraan waktu dan tidak semua guru bisa mengoperasikan kamera CCTV.Keempat solusi untuk mengatasi berbagai kendala yang terjadi didalam kegiatan pemantauan perilaku kejujuran siswa menggunakan kamera CCTV di SMK PGRI 2 Malang adalah dengan meningkatan kualitas kamera CCTV memperbaiki atau mengganti hardisc error pemutaran ulang video secara mendetail melihat dari kamera CCTV yang lain dan mengakses pemantauan perilaku siswa melalui jaringan. Saran untuk siswa nilai kejujuran siswa menjadi lebih meningkat dapat mempelajari dan mengamalkan nilai-nilai karakter yang ada pada kegiatan pemantauan menggunakan kamera CCTV sehingga bisa menjadi bekal untuk kehidupan ketika di masyarakat kelak.Untuk sekolah dan guru diharapkan memberikan sosialisasi dan juga pemahaman yang lebih intens agar siswa mengetahui fungsi kamera CCTV dengan baik. Sekolah juga diharapkan untuk lebih mempertegas sanksi baik melalui sistem point peringatan ataupun teguran lisan jika ada siswa yang melakukan pelanggaran.Sekolah juga diharapkan untuk membuat laporan kerja kamera CCTV yang bersifat periodik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52227

Actions (login required)

View Item View Item