Pengaruh aplikasi edukatif gerakan sholat terhadap daya ingat anak tunagrahita ringan kelas IV di SDLBN Kedungkandang Malang / Fina Rahmayati Ishlahiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh aplikasi edukatif gerakan sholat terhadap daya ingat anak tunagrahita ringan kelas IV di SDLBN Kedungkandang Malang / Fina Rahmayati Ishlahiyah

Ishlahiyah, Fina Rahmayati (2017) Pengaruh aplikasi edukatif gerakan sholat terhadap daya ingat anak tunagrahita ringan kelas IV di SDLBN Kedungkandang Malang / Fina Rahmayati Ishlahiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ishlahiyah Fina Rahmayati. 2017. Pengaruh Aplikasi Edukatif Gerakan Sholat Terhadap Daya Ingat Anak Tunagrahita Ringan Kelas IV Di SDLBN Kedungkandang Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. M. Shodiq A. M. M.Pd (II) Dr. Henry Praherdhiono S. Si M.Pd Kata Kunci Aplikasi Edukatif Daya Ingat Gerakan Sholat Tunagrahita Ringan. Anak tunagrahita ialah anak yang memiliki hambatan kecerdasan antara 68-52 yang dapat mengakibatkan anak sulit dalam mengingat suatu materi pembelajaran yang telah diajarkan oleh guru baik mengingat dalam jangka panjang maupun jangka pendek. Kemampuan daya ingat gerakan sholat merupakan kemampuan peserta didik dalam mengingat urutan gerakan sholat mulai dari takbir sampai dengan salam dan dalam mengingat bacaan wajib sholat. Keterbatasan media menjadikan anak tunagrahita semakin kesulitan untuk mengingat urutan gerakan sholat dan bacaan wajib sholat melihat kondisi demikian peneliti menawarkan solusi berupa penggunaan media aplikasi edukatif. Media aplikasi edukatif merupakan media pembelajaran yang menyerupai HP (handphone) yang berisi fitur materi gerakan sholat melalui gambar yang berurutan mengikuti prosesnya mulai dari gerakan sholat takbiratul ikhram hingga salam . Cara menggunakannya dengan di tekan salah satu gambarnya dan akan mengeluarkan suara. Penggunaan media aplikasi edukatif dapat meningkatkan kemampuan daya ingat anak tunagrahita ringan kelas IV di SDLBN Kedungkandang Malang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh media aplikasi edukatif terhadap kemampuan daya ingat anak tunagrahita ringan di SDLBN Kedungkandang Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Penelitian ini terdiri dari 5 orang peserta didik tunagrahita kelas IV SDLBN Kedungkandang Malang sebagai subyek penelitian. Pengumpulan data pada penelitian ini berupa 2 tes kinerja (mempratikkan gerakan sholat menghafal bacaan sholat) dan 10 soal tes tulis. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji Wilcoxon. Data yang di analisis menggunakan uji Wilcoxon adalah data hasil pretest dan posttest. Hasil perhitungan Uji Wilcoxon diperoleh niali 0. Nilai kritis untuk uji Wilcoxon 945 0 05 dan n 5 (jumlah sampel) dari daftar uji Wilcoxon diperoleh 1. Dari perhitungan tersebut dinyatakan bahwa diterima dan ditolak sebab 8804 . Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media aplikasi edukatif memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan daya ingat anak tunagrahita ringan kelas IV di SDLBN Kedungkandang Malang. ABSTRACT Ishlahiyah Fina Rahmayati. 2017. The Effect of Sholat Movement Educative Aplication towards Memory Recognition for Children with Mild Intelectual Disability of Grade IV in SDLBN Kedungkandang Malang. Thesis Majors of Outstanding Education. Faculty of Science Education. State University of Malang. Advisors (I) Drs. M. Shodiq A. M. M.Pd (II) Dr. Henry Praherdhiono S. Si M.Pd Keywords Educative Aplication Memory Capability of Sholat Movement Mild Intelectual Disability. A children with mild intelectual disability has barriers of intelligence between 68-52 which can make children difficult in remembering a learning material that has been taught by the teacher both remember in the long and short term. The ability to remember the sholat movement is the ability of learners in remembering the sequence of sholat movements ranging from takbir to greeting and in remembering the mandatory reading of the sholat . Media limitations make children more difficult to remember the sequence of sholat movement and sholat readings see the condition so the researchers offer solutions in the form of the use of educational media aplications. Educative aplication media is a learning media that resembles HP (mobile phone) which contains the material features of the sholat movement through sequential images following the process from the sholat movement takbiratul ikhram to salam . How to use it with in tap one of the pictures and will sound. This study was conducted to find the effect of sholat movement educative aplication towards memory recognition for children with mild intelectual disability of grade IV in SDLBN Kedungkandang Malang. This research uses experimental research method with one group pretest-posttest research design. This research consists of 5 students with mild intelectual disability of grade IV SDLBN as research subject. The data collected in this research were 2 performance test (practice sholat movement memorize sholat reading) and 10 test written questions. Data analysis in this study was using Wilcoxon Test. The data analyzed using Wilcoxon test was pretest and posttest result. Wilcoxon test results obtained value 0. The critical value for the Wilcoxon test 945 0.05 and n 5 (sample number) from the Wicoxon test list obtained 1. From the calculation it was stated that Hi was accepted and H0 was rejected because 8804 Based on these results can be concluded that the educational aplications provide a significant effect on the ability of the child s memory with mild intelectual disability of grade IV in SDLBN Kedungkandang Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5222

Actions (login required)

View Item View Item