Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan game edukasi pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewaranegaraan di SMP Sriwedari Malang / Vivi Sylvia Purborini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan game edukasi pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewaranegaraan di SMP Sriwedari Malang / Vivi Sylvia Purborini

Purborini, Vivi Sylvia (2017) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan game edukasi pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewaranegaraan di SMP Sriwedari Malang / Vivi Sylvia Purborini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purborini Vivi Sylvia. 2017. Pelaksanaan Pembelajaran dengan Media Game Edukasi pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP Sriwedari Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Untari M.Si (II) Siti Awaliyah S. Pd. M. Hum. Kata Kunci Media Game Edukasi Pelaksanaan Pembelajaran. Media adalah alat untuk menyampaikan informasi. Media dalam pembelajaran digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran pada siswa. Penelitian ini berdasar pada pertimbangan media pembelajaran yang ada selama masih kurang bervariasi. Media game edukasi dalam pelaksanaan pembelajaran bertujuan untuk membuat pembelajaran yang aktif menyenangkan dan membuat pengalaman belajar yang baik. Pada observasi awal didapat data yang menunjukkan bahwa siswa SMP Sriwedari merupakan siswa yang aktif dan menginginkan pembelajaran berupa permainan baik itu permainan/ game dalam bentuk teknologi ataupun permainan biasa dan berdasarkan data yang diperoleh diketahui bahwa antusias siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan masih kurang. SMP Sriwedari merupakan sekolah inklusi sekolah yang menerima anak berkebutuhan khusus dalam pembelajaran di kelas siswa berkebutuhan khusus berbaur dengan siswa umum. Sehingga guru dituntut untuk membuat pembelajaran yang efektif dan variatif supaya materi pelajaran dapat diterima dengan baik oleh seluruh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perencanaan pembelajaran dengan media game edukasi di SMP Sriwedari Malang (2) mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan media game edukasi di SMP Sriwedari Malang dan apa kendala yang dihadapi pada pelaksanaan pembelajaran dengan media game edukasi di SMP Sriwedari Malang. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian partisipatoris dengan subjek penelitian siswa kelas VIII SMP Sriwedari Malang. Prosedur pengumpulan data dengan menggunakan observasi partisipatif wawancara semi terstruktur tes dan dokumentasi. Data dianalisis dengan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data. Tahap-tahap penelitian yang dilakukan yaitu dengan merencanakan pembelajaran berupa menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) menyiapkan sarana-prasarana untuk pembelajaran di ruang belajar dan menyiapkan materi bahan ajar materi bahan ajar yang disusun adalah materi keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai Pandangan Hidup bangsa. Selanjutnya dilakukan pelaksanaan pembelajaran di kelas VIII SMP Sriwedari dengan metode ceramah bervariasi tanya jawab dan diskusi kelompok. Materi pembelajaran disisipkan dalam game edukasi berupa pertanyaan dan gambaran penerapan/ perwujudan nilai Pancasila dalam kehidupan. Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan tes lisan untuk mengetahui pengetahuan siswa dan penilaian pengamatan sikap siswa yang meliputi tanggung jawab toleransi kerja keras percaya diri dan kerja sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran berjalan dengan baik pelaksanaan pembelajaran dapat mencapai tujuan pembelajaran baik tujuan pengetahuan dan tujuan sikap. Kendala yang dihadapi adalah ruang komputer yang tidak dapat digunakan karena seluruh komputer tidak bisa menyala sehingga pembelajaran dialihkan ke ruang belajar. Faktor perbedaan siswa dalam memahami cara penggunaan game edukasi. Perbedaan rasa antusias siswa pada pembelajaran. Distribusi sarana kurang merata. Seluruh kendala pada pelaksanaan pembelajaran dapat diatasi dengan baik. Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan materi keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa keseluruhan dapat berjalan dengan baik. Siswa antusias mengikuti pembelajaran kegiatan pembelajaran berjalan aktif. Dari hasil evaluasi pembelajaran siswa rata-rata memperoleh hasil skor tinggi baik dari evaluasi pengetahuan maupun pengamatan sikap. Saran untuk peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian sejenis melalui eksperimen dengan menambahkan variabel penelitian sehingga diperoleh temuan penelitian yang lebih meyakinkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52219

Actions (login required)

View Item View Item