Penanaman kedisiplinan dan kejujuran kepada peserta didik di SMK Negeri 7 Malang / Neril Mirna Rahmadhaniatul Qur'an - Repositori Universitas Negeri Malang

Penanaman kedisiplinan dan kejujuran kepada peserta didik di SMK Negeri 7 Malang / Neril Mirna Rahmadhaniatul Qur'an

Qur'an, Neril Mirna Rahmadhaniatul (2017) Penanaman kedisiplinan dan kejujuran kepada peserta didik di SMK Negeri 7 Malang / Neril Mirna Rahmadhaniatul Qur'an. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Qur an Neril Mirna Rahmadhaniatul. 2017. Penanaman Kedisiplinan dan Kejujuran kepada Peserta Didik di SMK Negeri 7 Malang.Skripsi Program StudiPendidikan Pancasila danKewarganegaraan JurusanHukumdanKewarganegaraan FakultasIlmuSosial UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. A.Rosyid Al Atok M.Pd M.H (II) Dr. SitiAwaliyah S.Pd. SH. M.Hum. Kata Kunci Penanaman Kedisiplinan dan Kejujuran Peserta didik Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Nasional berupaya untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan konsep pendidikan yang membebaskan peserta didik artinya pendidikan tidak berbicara tentang akademik semata melainkan harus dapat membentuk karakter peserta didik yaitu dengan pendidikan karakter. Pendidikankaraktersangatpentingditerapkankepadapesertadidikuntukmelatihkedisiplinandankejujuran.Kedisiplinanadalahberperilaku mentaati tata tertib di segala aspek kehidupan baik agama budaya pergaulan dan sekolah. Kejujuranadalahmengakui berkataataumemberikansebuahinformasi yang sesuaikenyataandankebenarantidakmenambahataumengurangisuatuinformasi. SMK Negeri 7 Malang adalah salah satu sekolah yang terletak di daerah pinggiran Kota Malang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui (1) bentuk-bentukkegiatandalampenanamankedisiplinandankejujurankepadapesertadidik di SMKNegeri 7 Malang (2) pihak yang terlibatdalampenanamankedisiplinandankejujurankepadapesertadidik di SMK Negeri 7 Malang (3) kendala yang dihadapidalampenanamankedisiplinandankejujurankepadapesertadidik di SMKNegeri 7 Malang (4) upaya yang dilakukandalammenghadapikendala yang munculdalampenanamankedisiplinandankejujurankepadapesertadidik di SMK Negeri 7 Malang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitianinimendeskripsikandanmembuatgambarantentangbagaimanapenanamankedisiplinandankejujurankepadapesertadidik di SMKNegeri 7 Malang. Data yang sudah terkumpul hasil penelitian baik berupa kata-kata gambar wawancara atau dokumentasi akan disusun secara terstruktur dan objektif. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan penjelasan secara terperinci dan sesuai dengan keadaan nyata. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama Bentuk-bentukkegiatan dalam penanamankedisiplinan dan kejujurankepadapesertadidik di SMK Negeri 7 Malang (1) Koordinasidenganwargasekolah (2) kegiatan MOPDB (3) kegiatanekstrakurikulerpramuka (4) kegiatanpasukankibarbendera (5) kegiatankeagamaan (6) kegiatankewirausahaan (7) kegiatankantinkejujuran (8) kegiatanbelajarmengajar (9) pemberlakuanbukutatatertib. Kedua Pihak yang terlibatdalampenanamankedisiplinan dan kejujurankepadapesertadidik di SMK Negeri 7 Malang (1) seluruhwarga SMK Negeri 7 Malang (2) seluruhwarga SMK Negeri 7 Malang. Ketiga Kendala yang dihadapidalampenanamankedisiplinandan kejujuran kepadapesertadidikdi SMK Negeri 7 Malang (1) kurangnyasanksi sosial (2) mental dankesadarandiripesertadidik (3) kesadarandiripesertadidik (4) guru. Keempat Upaya yang dilakukandalammenghadapikendala yang munculdalampenanamankedisiplinankepadapesertadidik di SMK Negeri 7 Malang (1)pemberlakuanbukutatatertib (2) koordinasidenganwargasekolah (3) kegiatankedisiplinansekolah (4) ketegasandanketeladanan (5) pemasangan CCTV (6) diripesertadidik (7) Koordinasidenganwargasekolah. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka saran yang dapat diberikan peneliti adalah Kepalasekolah SMK Negeri 7 Malang selamainikurangbersosialisasidenganpesertadidiksehinggapesertadidiktetapsajaada yang melanggartatatertibsebaiknyabeliaubersosialisasidenganpesertadidiksehinggadapatmengetahuialasanmengapapesertadidikberperilakutidakdisiplinataupuntidakjujursupayadapatmencegahterjadinyahal-halnegatif yang menyangkut SMK Negeri 7 Malang.Guru tatatertib SMK Negeri 7 Malang hendaknyamemperbanyakkegiatan yang menunjukkankedisiplinandankejujuransepertidilakukanapelpagidansiangsetiaphariuntukmengetahuikehadiranpesertadidiksehinggadapatmencegahpesertadidik yang berniatmelarikandiriketika KBM berlangsung.Guru SMK Negeri 7 Malang hendaknyalebihtanggapketikaadapesertadidik yang gerak-geriknyamulaimencurigakansehinggatidakadalagikasuspesertadidik yang melompatpagarmaupun bolos sekolah. Guru hendaknyaselalumengecekpresensisetiapganti jam pelajaranuntukmencegahpesertadidik yang bolos ketika KBM berlangsung.Pesertadidik SMK Negeri 7 Malang apabilaberbuattidakdisiplinataujujurmakaketikaditegurwargasekolahseharusnyapesertadidikmengakuikesalahannya sadarakanperilakunyakemudianmemintama afdanberjanjitidakakanmengulangilagibukanmengelakdanmenuduh orang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52218

Actions (login required)

View Item View Item