Pendidikan karakter dalam perspektif Ki Hajar Dewantara / Vina Alvia Mareta - Repositori Universitas Negeri Malang

Pendidikan karakter dalam perspektif Ki Hajar Dewantara / Vina Alvia Mareta

Mareta, Vina Alvia (2017) Pendidikan karakter dalam perspektif Ki Hajar Dewantara / Vina Alvia Mareta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mareta Vina Alvia. 2017. Pendidikan Karakter dalam Prespektif Ki Hajar Dewantara. Skripsi Jurusan Hukum Dan Kewarganergaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H A. Rosyid Al Atok M.Pd M.H (II) Drs. I Ketut Diara Astawa S.H M.Si. Kata Kunci Pendidikan Karakter Prespektif Ki Hajar Dewantara Pada peringatan hari pendidikan nasional tahun 2010 Kementrian Pendidikan mengusung tema Pendidikan Karakter Untuk Membangun Keberadapan Bangsa . Sejak saat itu banyak ahli pendidikan pengamat pendidikan dan praktisi pendidikan mencoba menerjemahkan pendidikan karakter menurut versinya masing-masing. Isu pendidikan karakter selanjutnya tidak hanya karena sebagai peringatan hari pendidikan pada tahun 2010 namun juga sebagai wujud keprihatinan terhadap dunia pendidikan yang semakin hari semakin tidak jelas arah dan hasilnya. Pendidikan Karakter tidak hanya menjadi isu bagi ahli pendidikan saat itu dijadikan sebagai tema memperingati hari pendidikan nasional. Namun sejak dulu sudah dikembangkan oleh Ki Hajar Dewantara. Selain itu Ki Hajar Dewantara juga membuat Konsep tentang Tri Pusat Pendidikan yang menunjukkan bahwa pembelajaran tidak harus berlangsung disekolah saja akan tetapi dapat dilakukan dimanapun dan oleh siapa saja. Dalam pembelajaran ditekankan akan pentingnya penanaman nilai moral dan karakter agar dapat membentuk kemampuan dan watak dan peradaban bangsa yang bermartabat sesuai dengan tujuan pendidikan nasional Melihat dari dunia pendidikan saat ini yang tidak jelas arah dan hasilnya serta krisis fungsi dan kedudukan pendidikan karakter yang dikembangkan oleh Ki Hajar Dewantara maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Sejarah Perjuangan Ki Hajar Dewantara (2) Konsep Pendidikan Karakter menurut Ki Hajar Dewantara (3) implementasi pemikiran Ki Hajar Dewantara dalam konsep pendidikan karakter pada masa sekarang. Penelitian ini termasuk penelitian yang berfokus pada referensi buku dan sumber-sumber yang relevan. Pencarian data dilakukan dengan pendekatan Library Research yaitu suatu penelitian kepustakaan murni menggunakan metode dokumentasi yang mencari data mengenai hal-hal atau variabel-variabel yang berupa catatan seperti buku-buku majalah dokumen. Dengan menggunakan analisis data antara lain Komprasi Deduktif dan Induktif. Dari hasil penelitian tersebut adalah Ki Hajar Dewantara merupakan sosok pejuang bangsa yang dihormati dan disegani oleh rakyat. Dalam menanamkan nilai-nilai Pendidikan Karakter beliau memiliki maksud dan tujuan berusaha memberikan nasihat-nasihat anjuran-anjuran materi-materi yang dapat mengantarkan anak didik untuk berbuat baik dan membentuk watak beserta kepribadian yang baik juga. Dalam menyampaikan materi pendidikan karakter Ki Hajar Dewantara mengajar mereka sesuai dengan tingkatan usia perkembangan anak dengan menggunakan metode ngerti ngrasa dan nglakoni.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52201

Actions (login required)

View Item View Item