Kemitraan PT Indana Paint, mahasiswa UMM dan masyarakat dalam mengembangkan Kampung Wisata Jodipan Kota Malang / Kartika Rohana S. - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemitraan PT Indana Paint, mahasiswa UMM dan masyarakat dalam mengembangkan Kampung Wisata Jodipan Kota Malang / Kartika Rohana S.

Rohana S., Kartika (2017) Kemitraan PT Indana Paint, mahasiswa UMM dan masyarakat dalam mengembangkan Kampung Wisata Jodipan Kota Malang / Kartika Rohana S. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rohana Kartika. 2017 Kemitraan PT Indana Paint Mahasiswa UMM dan Masyarakat dalam Mengembangkan Kampung Wisata Jodipan Kota Malang. Jurusan Hukum Kewarganegaraan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sri Untari M.Si (2) Dr. Sutoyo S.H M.Hum Kata Kunci Kemitraan Kampung Wisata Jodipan Kota Malang Indana Paint Mahasiswa UMM (Guyspro) Masyarakat. Kota Malang terkenal sebagai Kota Pendidikan tidak hanya itu Kota Malang kaya akan berbagai jenis destinasi wisata. Salah satunya ialah Kampung Wisata Jodipan (KWJ) yang baru -baru ini menarik perhatian banyak masyarakat khususnya masyarakat Kota Malang. Kampung Jodipan merupakan salah satu kampung kumuh di Kota Malang menariknya kampung kumuh ini telah resmi menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Malang. Hal tersebut berkat kreasi dari tangan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang tergabung dalam kelompok Guys of Public Relation (Guyspro) sedang menyelesaikan salah satu tugas kuliah yaitu public relation .Dalam menyelesaikan proyek ini mahasiswa mengandeng salah satu perusahaan cat tertua di Kota Malang yaitu PT. Indana Paint dikenal dengan nama decofresh bersama dengan masyarakat Kampung Jodipan. Hingga resminya kampung ini menjadi icon wisata baru di Kota Malang akhirnya terbentuklah kemitraan antara PT. Indana Paint bersama Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan Masyarakat dalam upaya mengembangkan Kampung Wisata Jodipan ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dengan beberapa informan dan data sekunder dari dokumen yang diperoleh dari lokasi penelitian maupun dari daftar pustaka lainnya. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Data penelitian yang berupa hasil dokumentasi dan wawancara dengan berbagai macam informan yaitu penasehat KWJ ketua koordinator KWJ manager indana paint mahasiswa umm masyarakat KWJ dan pengunjung. Kegiatan analisis data dengan dilakukan dengan penjodohan pola pembuatan eksplanasi dan analisis deret waktu. Untuk menjamin keabsahan data yang diperoleh peneliti melakukan pengecekan data dengan cara uji credibility dan uji dependability. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh kesimpulan hasil penelitian yaitu (1) Pengelolaan yang dilakukan dengan pembagian beberapa peran dari berbagai pihak diantaranya PT. Indana Paint berperan sebagai donatur penyalur dana Corporate Social Responbility (CSR) Mahasiswa UMM berperan sebagai konsultan public relation atau sebagai master plan dan Masyarakat sebagai agen pelaksana dilapangan yang bertugas sesuai dengan tanggung jawab masing-masing. Pengelolaan dengan menentukan harga dimuali dari tiket masuk sebesar Rp. 2000 dan parkir sebesar Rp.2000 dari pemasukan yang didapat akan disetorkan kepada Dinas Perhubungan (Dishub) sebesar Rp.500.000 per bulan dan bagi petugas mendapatkan 20% dari hasil penjualan tiket masuk. (2) Model kemitraan yang berlangsung adalah kemitraan mutualistik dilengkapi dengan perjanjian berbentuk Memorandum Of Understanding (MOU). (3) Kendala dalam pelaksanaan pengelolaan Kampung Wisata Jodipan yaitu kurangnya dana untuk pengembangan Kampung Wisata Jodipan dan kurangnya lahan akibat tidak strategisnya lokasi parkir yang ada di Kampung Wisata Jodipan. (4) Untuk mengatasi kendala beberapa cara ditempuh dimulai dengan membuat proposal untuk diajkuan pada perusahaan swasta di Kota Malang untuk memenuhi dana dan mengajukan permohonan kepada Dinas Perhubungan (Dishub) untuk dicarikan lahan atau tempat parkir bagi pengunjung Kampung Wisata Jodipan. Saran yang diberikan oleh peneliti setelah melakukan penelitian ini antara lain (1) Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memberikan pengetahuan melalui beberapa pendekatan mengenai kemitraan kepada masyarakat. (2) Pengurus menghubungi pihak Pemerintah Kota Malang dan menggandeng Pemerintah Kota Malang dalam upaya mengembangkan Kampug Wisata Jodipan. (3) Melakukan pelatihan di bidang kesenian dan informatika kepada masyarakat. ABSTRACT Rohana Kartika. 2017 Partnership of PT Indana Paint UMM Students and Society in Developing Jodipan Tourism Village of Malang City. Department of Civics Law Education Program Pancasila and Citizenship Faculty of Social Sciences State University of Malang. Supervisor (1) Drs. Sri Untari M.Si (2) Dr. Ir. Sutoyo S.H M.Hum Keywords Partnership Kampung Wisata Jodipan Malang City Indana Paint UMM Student (Guyspro) Society. The city of Malang is known as the City of Education not only that Malang is rich in various types of tourist destinations. One of them is Kampung Wisata Jodipan (KWJ) which recently attracted the attention of many people especially the people of Malang City. Kampung Jodipan is one of the slums in Malang attracting this slum village has officially become one of the tourist destinations in Malang. This is thanks to the creation of the hands of Students of University of Muhammadiyah Malang (UMM) which is incorporated in the Guys of Public Relation (Guyspro) group is completing one of the public relations assignments. In completing this project the student took one of the oldest paint company in Malang . Indana Paint is known as decofresh together with the people of Kampung Jodipan. Until officially this village became a new tourist icon in Malang finally formed a partnership between PT. Indana Paint with Students of University of Muhammadiyah Malang (UMM) and Society in an effort to develop this Jodipan Tourism Village. This research uses descriptive qualitative approach with case study method. Types and sources of data used are primary data obtained from interviews with some informants and secondary data from documents obtained from the study sites and from other bibliography. Data collection was done by observation interview and documentation. Research data in the form of documentation and interviews with various informants are KWJ advisors KWJ coordinator chairman indana paint manager student umm KWJ community and visitors. Data analysis activities are done by pattern matching explanation and time series analysis. To ensure the validity of the data obtained the researcher checks the data by credibility test and dependability test. Based on the results of the data analysis obtained the conclusion of research results that is (1) The management is done with the division of several roles from various parties including PT. Indana Paint acts as a fund donor for Corporate Social Responbility (CSR). UMM students act as public relation consultants or as master plan and the community as the implementing agent in the field that is assigned according to their respective responsibilities. Management by specifying the price of entrance fee of Rp. 2000 and parking of Rp.2000 from the income earned will be paid to the Transportation Department (Dishub) of Rp.500.000 per month and for officers get 20% of the admission ticket sales. (2) The ongoing partnership model is a mutualistic partnership supplemented by a Memorandum of Understanding (MOU) agreement. (3) Obstacles in the implementation of Jodipan Tourism Village management is the lack of funds for the development of Kampung Wisata Jodipan and the lack of land due to the lack of strategic parking location in Kampung Wisata Jodipan. (4) To overcome obstacles some of the ways taken begins by making a proposal to diajkuan to private companies in Malang to meet the funds and apply to the Department of Transportation (Dishub) to look for land or parking lots for visitors Kampung Wisata Jodipan. Suggestions given by the researchers after doing this research include (1) Students of University of Muhammadiyah Malang (UMM) provide knowledge through several approaches on partnership to the community. (2) The management contacted the Malang City Government and cooperated with the Government of Malang City in an effort to develop Kampot Wisata Jodipan. (3) Conducting training in art and informatics to the community.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52189

Actions (login required)

View Item View Item