Nilai-nilai moral yang terkandung dalam penggunaan media sosial instagram sebagai strategi pemasaran usaha mahasiswa Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Universitas Negeri Malang / Arief Tri Widodo - Repositori Universitas Negeri Malang

Nilai-nilai moral yang terkandung dalam penggunaan media sosial instagram sebagai strategi pemasaran usaha mahasiswa Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Universitas Negeri Malang / Arief Tri Widodo

Widodo, Arief Tri (2017) Nilai-nilai moral yang terkandung dalam penggunaan media sosial instagram sebagai strategi pemasaran usaha mahasiswa Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Universitas Negeri Malang / Arief Tri Widodo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widodo Arief Tri. 2017. Nilai-Nilai Moral yang Terkandung dalam Penggunaan Media Sosial Instagram sebagai Strategi Pemasaran Usaha Mahasiswa Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan. Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Program Studi Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial. Pembimbing (I) Drs. Margono M.Pd M.Si. (II) Dr. H. A. Rosyid Al Atok M.Pd M.H. Kata Kunci Media Sosial Instagram Strategi Pemasaran Usaha Mahasiswa Hkn Kemajuan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi masa kini ditunjukkan dengan mudahnya manusia untuk berkomunikasi dan berinteraksi. Dengan kehadiran internet manusia bisa melakukan komunikasi data teks gambar video suara bahkan komunikasi audiovisual secara langsung. Seiring dengan perkembangan internet internet mampu melahirkan jaringan baru yang biasa dikenal dengan media sosial. Salah satu media sosial yang sedang booming di kalangan pengguna media sosial adalah media sosial instagram. Manfaat yang ada pada instagram menjadi lahan baru yang efektif untuk melakukan kegiatan promosi. Dengan kemampuan penyebaran jumlah teman dan bisa diakses oleh berbagai pengguna dimana saja instagram menjadi media alternatif baru untuk promosi dan sampai pada jual beli produk. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui (1) alasan penggunaan media sosial Instagram sebagai strategi pemasaran usaha mahasiswa jurusan Hukum dan Kewarganegaraan (2) teknik penggunaan media sosial Instagram sebagai strategi pemasaran usaha mahasiswa jurusan Hukum dan Kewarganegaraan (3) dampak ekonomis penggunaan media sosial Instagram sebagai strategi pemasaran usaha mahasiswa jurusan Hukum dan Kewarganegaraan (4) kendala dalam penggunaan media sosial Instagram sebagai strategi pemasaran usaha mahasiswa jurusan Hukum dan Kewarganegaraan (5) upaya dalam mengatasi kendala penggunaan media sosial Instagram sebagai strategi pemasaran usaha mahasiswa jurusan Hukum dan Kewarganegaraan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Untuk keabsahan data dilakukan dengan meningkatkan ketekunan menggunakan bahan referensi membercheck dan triangulasi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data penyajian data dan menarik kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) Alasan mahasiswa Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan menggunakan media sosial Instagram sebagai strategi pemasaran merupakan salah satu cara untuk mengawali usahanya. Karena kemudahan dalam memasarkan barang terletak pada banyaknya orang yang menggunakan Instagram dan melihat secara langsung produk yang di tawarkan dengan iklan. Dengan mengikuti akun orang ataupun penjualan secara langsung dapat melihat pembaruan yang di lakukan oleh akun tersebut. Selain itu keuntungan memasarkan barang lewat media sosial Instagram sangat terjangkau oleh siapapun pelakunya. Baik pelajar mahasiswa ataupun masyarakat secara umum. (2) Karena yang dilihat oleh para konsumen pertama adalah nama akun atau profil dari nama tersebut sudah memberikan kesan bahwa akun tersebut sebagai lapak penjualan atau bukan. Selanjutnya mengunggah gambar di akun penjualan membutuhkan alat dengan kualitas yang bagus tujuannya agar gambar yang di hasilkan terlihat jelas dan nyata. Kemudian memberi keterangan pada gambar juga menjadi hal terpenting pada teknik pengunggahan atau memposting ini harapannya konsumen dapat melihat gambar secara jelas dan mendapat informasi tentang kondisi barang tersebut. Sebuah akun penjualan di harapkan memiliki pengikut atau follower yang banyak karena dengan memiliki follower yang banyak pemasaran barang menggunakan media sosial Instagram menjadi lebih efektif dan menjangkau segala sasaran atau target pasar yaitu para konsumen. Secara umum transaksi atau pembayaran belanja berbasis Instagram dapat dilakukan dengan dua cara yang pertama yaitu dengan pembayaran transfer uang melalui sesama rekening bank ataupun antar rekening bank lain. Yang kedua adalah dengan melakukan COD (Cost On Delivery) dimana sistem transaksi atau pembayaran ini pihak yang bersangkutan baik pembeli maupun penjual melakukan kesepakatan untuk bertemu secara langsung dan menyerahkan barang sekaligus melakukan pembayaran secara tunai. (3) Penggunaan media sosial Instagram sebagai strategi pemasaran usaha mahasiswa dinilai cukup efektif karena saat ini pengguna Instagram sangat ramai terutama pada kalangan anak muda yang memilik tingkat konsumtif tinggi. Dengan banyaknya pengguna Instagram saat ini membuat kemajuan komunikasi semakin pesat hingga dimanapun dan kapanpun seorang ingin mencari informasi menjadi lebih mudah. Adanya jaringan dalam penggunaan Instagram yang di manfaatkan penggunanya untuk berkomunikasi dijadikan target sasaran dalam pemasaran suatu produk oleh pelaku usaha. (4) Kendala yang di hadapi dalam penggunaan media sosial Instagram sebagai strategi pemasaran usaha mahasiswa yang pertama kurangnya kepercayaan. Kedua banyaknya pengguna Instagram saat ini selain mudah digunakan untuk strategi pemasaran yang menjangkau banyak kalangan juga berakibat timbulnya persaingan. Di dalam dunia bisnis apabila suatu usaha yang sudah maju dan sukses akan ditiru oleh orang lain untuk melakukan hal yang sama. Ketiga pengiriman menjadi kendala karena memakan waktu yang lama. Selain itu kebanyakan para konsumen yang akan membeli barang kembali berpikir kedua kali setelah mengetahui ongkos pengiriman yang di bebankan pada pembeli tersebut tergolong mahal. (5) Upaya atau solusi dalam mengatasi kendala penggunaan media sosial Instagram sebagai strategi pemasaran usaha mahasiswa Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan yang pertama peningkatan kepercayaan dapat dilakukan dengan pelayanan yang baik meliputi penjelasan terhadap barang bersikap cekatan dan berkata ramah. Selain itu melakukan testimoni terhadap pembeli yang sudah melakukan transaksi juga termasuk penting karena hal itu merupakan bentuk penghargaan yang di dapatkan oleh pembeli. Kemudian yang kedua upaya atau solusi menghadapi adanya persaingan dapat dilakukan dengan membaca kebutuhan pasar yang terus berkembang. Yang ketiga kendala pengiriman yang berakibat mundurnya konsumen yang akan membeli barang dapat dilakukan dengan melakukan kesepakatan antara kedua belah pihak yaitu penjual dan pembeli.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52179

Actions (login required)

View Item View Item