Peran sekolah dalam meningkatkan kesadaran hukum berlalu lintas bagi siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Jombang / Ahmad Nuril Mubtadiin - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran sekolah dalam meningkatkan kesadaran hukum berlalu lintas bagi siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Jombang / Ahmad Nuril Mubtadiin

Mubtadiin, Ahmad Nuril (2017) Peran sekolah dalam meningkatkan kesadaran hukum berlalu lintas bagi siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Jombang / Ahmad Nuril Mubtadiin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mubtadiin Ahmad Nuril. 2017. Peran Sekolah dalam Meningkatkan Kesadaran Hukum Berlalu Lintas Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Jombang. Skripsi Jurusan Hukum dan kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Didik Sukriono SH. M.Hum (II) Siti Awaliyah S.Pd M.Hum. Kata Kunci Peran Sekolah Kesadaran Hukum Lalu Lintas Siswa. Peran sekolah yang utama yaitu menjalankan proses belajar dan mengajar evaluasi hasil belajar siswa lembaga yang dapat meluluskan siswa yang berkualitas dan membantu keluarga dan masyarakat dalam melaksanakan fungsinya. Peran sekolah sebagai lembaga pendidikan yang membantu fungsi dari keluarga dan masyarakat terdiri atas berbagai bidang pendidikan dan pembinaan dalam politik ekonomi sosial dan budaya serta kesadaran hukum. Realitas dilapangan dalam hal politik ekonomi sosial dan budaya secara tersistem telah dikembangkan oleh sekolah baik dalam intrakurikuler atau ektrakurikuler. Akan tetapi dalam hal kesadaran hukum khususnya lalu lintas belum sepenuhnya diperhatikan. Padahal siswa setiap hari bersinggungan dengan kegiatan lalu lintas. selain itu akhir-akhir ini kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas salah satu penyumbang tingginya kasus tersebut adalah pelajar atau siswa. Realitas kasus yang terjadi diantaranya pada bulan maret 2017 siswa SD ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus kecelakaan pada bulan januari 2017 siswa SMAN 1 Solo menjadi korban meninggal kecelakaan dan akhir tahun 2016 di Jombang siswa MAN menjadi korban meninggal kecelakaan lalu lintas. selain itu di kawasan Jombang pada akhir tahun 2016 dalam operasi lilin semeru oleh Satlantas Polres Jombang setidaknya 30% dari 1.620 pengendara sepeda motor pelanggarnya terdiri dari siswa atau pelajar. Oleh karena itu untuk mengetahui sejauh mana peran sekolah dalam hal kesadaran hukum lalu lintas. maka dilakukan penelitian mengenai peran sekolah dalam meningkatkan kesadaran hukm berlalu lintas bagi siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Jombang. Penelitian tersebut dilakukan dengan tujuan untuk (1) mendeskripsikan peran sekolah melalui program yang dilaksanakan dalam peningkatan kesadaran hukum lalu lintas bagi siswa (2) mengetahui pihak yang terlibat dalam upaya tersebut (3) mendeskripsikan dampak yang dirasakan dari program tersebut dan (4) mendeskripsikan berbagai kendala yang dihadapi serta solusi yang diterapkan dalam pelaksanaan program peningkatan kesadaran hukum berlalu lintas bagi siswa SMAN 1 Jombang. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini menggunakan penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif. peneliti terlibat dan terjun langsung dilapangan dengan cara observasi wawancara dan dokumentasi untuk memperoleh data yang valid. Lokasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Jombang (SMAN 1 Jombang) yang berada di Jalan Bupati RAA. Soeroadiningrat Nomor 8 Kabupaten Jombang. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer terdiri atas Kepala dan Wakil Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Pembina Ektrakurikuler Pegawai Keamanan dan Siswa. Selain itu menggunakan sumber data sekunder yang bersal dari berbagai dokumen-dokumen dan berbagai benda yang mendukung penelitian ini. Sedangkan dalam proses pengolahan data yang diperoleh menggunakan analisis data kualitatif model interaktif dari Miles dan Huberman yang terdiri atas reduksi data penyajian data dan verifikasi data. Selain itu untuk mengetahui keabsahan data yang ditemukan menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh hasil penelitian sebagai berikut pertama program yang dilaksanakan sekolah dalam meningkatkan kesadaran hukum berlalu lintas siswa SMAN 1 Jombang terdiri atas telah dibentuknya patroli keamanan sekolah (PKS) dengan berbagai kegiatan yang mengarahkan siswa untuk taat dan tertib berlalu lintas diadakannya pelatihan simulasi SIM bagi siswa dan dilakukannya program penyuluhan tertib lalu lintas rutin setiap tahunnya. Kedua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan program peningkatan kesadaran hukum berlalu lintas bagi siswa SMAN 1 Jombang yaitu Satuan Lalu Lintas Polisi Resor Kabupaten Jombang (Satlantas Polres Jombang). Adapun sumbangsihnya yaitu menjadi Pembina dalam ekratkurikuler PKS membantu secara rutin dalam pengamanan dan pengaturan lalu lintas dilingkungan SMAN 1 Jombang dan menjadi fasilitator terhadap program-program yang dilaksanakan untuk peningkatan kesadaran hukum lalu lintas siswa. Ketiga dampak yang dirasakan oleh siswa secara pengetahuan dan pemahaman siswa baik secara kognisi afeksi dan psikomotoriknya menjadi bertambah dan keempat kendala yang dialami sekolah dalam pelaksanaan program meliputi masih adanya siswa yang belum cukup umur membawa kendaraan saat ke sekolah lahan parkir yang sempit sarana prasarana tugas dari PKS yang belum terpenuhi serta kondisi lingkungan terkait jalur transportasi umum yang belum memiliki akses dilingkungan SMAN 1 Jombang. sedangkan solusi yang telah dilakukan oleh SMAN 1 Jombang terdiri atas merencanakan pembangunan untuk lahan parkir baru mengupayakan penambahan petugas keamanan melakukan sosialisasi dan himbauan secara rutin kesiswa dan mengadakan berbagai program yang dapat meningkatkan kesadaran hukum berlalu lintas siswa. ABSTRACT Mubtadiin Ahmad Nuril. 2017. The School s Role in Raising the Traffic Law Awareness for the Students of SMAN 1 Jombang. Thesis Department of Law and Civics Faculty of Social Science State University of Malang. Advisors (I) Dr. Didik Sukriono SH. M.Hum (II) Siti Awaliyah S.Pd. M.Hum. Key Words School s Role Law Awareness Traffic Students The main roles of a school are running the teaching and learning process evaluating students learning outcomes becoming institution graduating good quality students and assisting families and societies in doing its function. The school s role as an educational institution assisting the function of families and societies consists of any fields of education and politic economy social and culture and law awareness training. In reality training for politics economy social and culture has systematically developed by the school either in intra- curricular or in extra-curricular. However the law awareness especially for traffic law has not been concerned yet despite the fact that students daily life relates to the traffic law. In fact students are the one causing the most recent accidents and traffic violations. For instance in March 2017 a student of elementary school became the suspect of a traffic accident. In January 2017 a student of SMAN 1 Solo died because of an accident. In the end of 2016 in Jombang a student of MAN died because of an accident. In addition from Lilin Semeru Operation by the Traffic Unit of the Resort Police of Indonesian Republic of Jombang in the end of 2016 it was found that 30% of 1620 riders doing traffic violations were students. Then to know how far a school s role in traffic law awareness was a research about the school s role in raising traffic law awareness of SMAN 1 Jombang students was done. The purposes of this research are to (1) describe the school s role through any programs held in raising students traffic law awareness (2) know any parties involved in the programs (3) describe any effects obtained from the implementation of the programs and (4) describe any challenges occurred and any solutions done in the implementations of the programs to raise traffic law awareness of SMAN 1 Jombang students. To achieve those purposes this research used descriptive qualitative approach. The researcher involved in the research by observing interviewing and doing any documentation to obtain the valid data. The location of this research was in SMAN 1 Jombang located on Bupati RAA Soeroadiningrat No. 8 Jombang. The sources of the data used were primary data sources involving the headmaster and the vice of headmaster a teacher an extra- curricular coach a security officer and some students. Besides secondary data sources which were from any documents and things supporting this research were used. In processing data obtained a qualitative analysis data with interactive model by Miles and Huberman was done. It consisted of data reduction data explanation and data verification. To know the validity of the data triangulation technique was used. There are some results obtained from the data analysis. First programs held by the school in raising the traffic law awareness of SMAN 1 Jombang students consist of forming School Security Patrol with any activities guiding the students to obey the traffic having a driving license simulation training for the students and having a socialization about the code of conduct of traffic in every year. Second another party involved in the programs of raising the traffic law awareness of SMAN 1 Jombang students is the Traffic Unit of the Resort Police of Indonesian Republic of Jombang. They become the coach of the School Security Patrol routinely help the school save and regulate the traffic in SMAN 1 Jombang and become the facilitator of any programs held to raise the students traffic law awareness. Third the effects gotten by the students for their knowledge and understanding as well as their cognitive affective and psychomotor are increasing. Fourth any challenges faced by the school in running the programs are the number of the underage students who ride a motorcycle to the school insufficient parking space facilities and infrastructures for the School Security Patrol s duties are not fulfilled yet and the situation of its surroundings related to the public transportation route which does not have any access around SMAN 1 Jombang. Then the solutions done by SMAN 1 Jombang to overcome the problems are planning new parking area hiring additional security officers doing a socialization and an appeal for the students routinely and doing any programs which can raise the students traffic law awareness.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52165

Actions (login required)

View Item View Item