Eksistensi nilai gotong-royong dalam organisasi karang taruna "Gerbang Pandowo" tahun 2016 Desa Tejowangi Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan / Novi Wahyuningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Eksistensi nilai gotong-royong dalam organisasi karang taruna "Gerbang Pandowo" tahun 2016 Desa Tejowangi Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan / Novi Wahyuningsih

Wahyuningsih, Novi (2017) Eksistensi nilai gotong-royong dalam organisasi karang taruna "Gerbang Pandowo" tahun 2016 Desa Tejowangi Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan / Novi Wahyuningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahyuningsih Novi. 2017. Eksistensi Nilai Gotong Royong dalam Organisasi Karang Taruna Gerbang Pandowo Tahun 2016 Desa Tejowangi Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Yuhdi Batubara SH. M.Hum (2) Dr. Didik Sukriono SH. M. Hum Kata Kunci Nilai Gotong Royong Karang Taruna Gotong royong dapat dikatakan sebagai ciri khas bangsa Indonesia terutama mereka yang hidup di perkotaan/pedesaan yang berlaku secara turun temurun sehingga membentuk perilaku sosial yang nyata kemudian. Dengan adanya gotong royong segala permasalahan dan pekerjaan yang rumit akan cepat terselesaikan. Dalam hal ini agar masyarakat Indonesia tetap menjaga keberadaan gotong royong. Salah satunya yaitu adanya peran nyata dari pemuda Karang Taruna sebagai organisasi kepemudaan dan tempat untuk mengembangkan nilai-nilai budaya yang mulai tergeser. Sebagaimana yang dilakukan pemuda Karang Taruna Gerbang Pandowo Desa Tejowangi Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya pelaksanaan kegiatan gotong royong sebagai wujud adanya solidaritas pemuda Karang Taruna dan masyarakat dalam setiap kegiatan sosial. Kemudian untuk mengetahui persepsi ketua Karang Taruna dan kepala Desa Tejowangi tentang kegiatan sosial tersebut. Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Informasi berasal dari kepala Desa Lembaga Pemberdayaan Masyarakat dan Ketua Karang Taruna Gerbang Pandowo Desa Tejowangi Kecamatan Purwosari. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mencatat semua yang ada dilapangan mengumpulkan data mencatat dan menelaah data mengklarifikasikan sesuai data dan peneliti berfikir untuk menghubungkan temuan atau tulisan. Untuk menuju keabsahan temuan data dilakukan observasi yang mendalam dan menggunakan bahan reverensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Desa Tejowangi Kecamatan Purwosari ini sudah menunjukkan keberadaan nilai gotong royong dalam setiap kegiatan di lingkungan masyarakat. Adanya kerjasama yang baik antara pemuda dan elemen masyarakat dalam setiap kegiatan sosial seperti kerja bakti pembangunan infrastruktur desa kegiatan pendidikan sosial dan politik pembuatan koperasi dan kirap budaya sebagai kunci utama mempertahankan nilai gotong royong yang ada serta peran aktif pemuda dalam mendukung setiap kegiatan sosial yang ada di desa Tejowangi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52159

Actions (login required)

View Item View Item