Proses magang keterampilan industri kendang (studi kasus pekerja perempuan di UD Cahaya Timur Kelurahan Tanggung Kota Blitar) / Adde Anif Sintya - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses magang keterampilan industri kendang (studi kasus pekerja perempuan di UD Cahaya Timur Kelurahan Tanggung Kota Blitar) / Adde Anif Sintya

Sintya, Adde Anif (2017) Proses magang keterampilan industri kendang (studi kasus pekerja perempuan di UD Cahaya Timur Kelurahan Tanggung Kota Blitar) / Adde Anif Sintya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sintya Adde Anif. 2017. Proses Magang Keterampilan Industri Gendang (Studi Kasus Pekerja Perempuan Di UD Cahaya Timur Kelurahan Tanggung Kota Blitar) Skripsi Program Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Umi Dayati M.Pd (2) Drs. Lasi Purwito M.S Kata kunci Magang Poses Pembelajaran Usaha Dagang Usaha Dagang Cahaya Timur merupakan salah satu unit usaha dagang yang berada di Kelurahan Tanggung yang bergerak dalam bidang kerajinan kendang. Berdasarkan studi pendahuluan ditemukan pembelajaran magang yang dilakukan usaha dagang tersebut dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan meningkatkan jiwa kemandirian masyarakat sekitar sehingga terciptalah suatu pemberdayaan masyarakat di lingkungan Usaha Dagang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan dalam pembelajaran magang yaitu (1) Bagaimanakah proses pembelajaran magang yang dilakukan UD Cahaya Timur Kelurahan Tanggung Kota Blitar (2) Bagaimanakah model pembelajaran yang dilakukan UD Cahaya Timur Kelurahan Tanggung Kota Blitar (3) Apakah hasil yang dicapai oleh pemagang perempuan (warga belajar) setelah mengikuti kegiatan pembelajaran magang yang dilakukan di UD Cahaya Timur Kelurahan Tanggung Kota Blitar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan rancangan studi kasus. Metode penggalian data yang digunakan adalah teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari 7 orang yaitu 1 orang pemilik UD Cahaya Timur 1 orang tutor painting 1 orang tutor plitur 3 orang warga belajar dan 1 orang lagi alumni warga belajar magang di UD Cahaya Timur tahun lalu. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif yang terdiri dari reduksi data display data dan penarikan kesimpulan berdasarkan analisis teori-teori pembelajaran pendapat pakar dan temuan data. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu proses pembelajaran dimulai dengan pemberian materi pekerjaan yang mudah seperti menyiapkan alat dan membuat alat sederhana. Tahapan selanjutnya adalah pemagang mulai menirukan pekerjaan yang di ajarkan oleh tutor. Selanjutnya pemagang diberikan kesempatan untuk mengerjakan sendiri kegiatan pembelajaran tetapi masih dalam pengawasan tutor dalam artian melakukan praktik langsung. Kemudian dalam tahapan ke empat ini pemagang diberikan kesempatan untuk mencoba apa yang telah dipelajarinya selama masa pembelajaran di lapangan. Proses yang terakhir adalah menumbuh kembangkan secara terus-menerus keterampilan yang diperoleh dan menerapkan di kehidupan nyata untuk bekal masa depan. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian proses pembelajaran magang meliputi (1) proses pembelajaran magang dilakukan dengan memberikan pekerjaan yang mudah hingga yang sulit mengajarkan untuk belajar mandiri akan tetapi masih dalam pengawasan dan memberikan kesempatan untuk melanjutkan bekerja setelah menyelesaikan kegiatan magang (2) Pembelajaran yang digunakan untuk mendukung pembelajaran adalah model belajar praktik langsung (3) Sementara hasil yang diperoleh setelah menyelesaikan magang berupa meningkatnya pengetahuan tentang kerajinan kendang perubahan keterampilan untuk painting dan plitur serta perubahan sikap yang diperlihatkan dengan kemampuan dan rasa percaya diri pemagang untuk membuka usaha mandiri di rumahnya. Saran yang diberikan dalam penelitian proses pembelajaran magang meliputi (1) penjadwalan yang disusun secara sistematis yang dilakukan oleh pemilik UD Cahaya Timur (2) pengadaan buku penunjang yang berisikan langkah-langkah yang akan dikerjakan (3) meningkatkan keseriusan dan mengembangkan sikap bagi pemagang perempuan. ABSTRACT Sintya Adde Anif. 2017. Skills Apprentice Process of Gendang Industry ( Case Study Female Worker in the UD Cahaya Timur Tanggung Blitar City) Thesis Non Formal Eeducation program Education Faculty state University of Malang. Advisors (1) Dr. Umi Dayati M.Pd (2) Drs. Lasi Purwito M.S Key Words apprenticeship learning process trading business Trading business of Cahaya Timur is a one of trading businesses in Kelurahan Tanggung to made gendang handicraft. Based on preliminary study it is found that apprenticeship study conducted by the business can improve the quality of human resources and improve the self-reliance of the surrounding community so as to create a community empowerment within the business environment. The aim of the research is to know the problems in apprenticeship learning (1) How is the apprenticeship learning process at UD Cahaya Timur Kelurahan Tanggung Kota Blitar (2)How is the learning method at UD Cahaya Timur Kelurahan Tanggung Kota Blitar (3)What is the result gotten by apprentices (learners from citizen) after joining apprenticeship learning at UD Cahaya Timur Kelurahan Tanggung Kota Blitar. The approach of research is a qualitative with case study plan. The methods of collecting data are interview technique observation and documentation. The subjects in the research consist of seven people an owner of UD Cahaya Timur a painting tutor a varnishing tutor 3 learners from citizen and one of alumnus who learnt apprenticeship at UD Cahaya Timur last year. The technique of analysis uses data interactive analysis which consists of data reduction display data and conclusion based on learning theories the expert opinion and data finding. The result of the research is learning process begins with the provision of easy work materials such as preparing tools and making simple tools. The next stage is the apprentices start to imitate what the tutor is doing. Next the apprentices are given opportunity to do individual practice controlled by the tutor meaning they do practicing. Then the fourth stage is the apprentices practice in field. The last stage is to continually develop the skills gained and apply in real life for the future supplies. The conclusion drawn from the research includes (1) apprenticeship learning process is done by giving materials from the easy one to difficult one teaching them to do individual practice but still in tutor s control and giving opportunity to continue working after finishing apprenticeship (2) the method used to support the learning process is direct practice (3) the short-term results after doing the apprenticeships are increased knowledge about gendang handicraft alteration skills for painting and varnishing as well as gaining soft skills of competence and confidence to make self-trading-business in their houses. The advice of the process apprenticeship learning research includes (1) scheduling compiled systematically carried by owner UD Cahaya Timur (2) procurement of book supporting containing the step activities undertaken (3) increase the seriousness and develop attitude for female apprentices.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5214

Actions (login required)

View Item View Item