Nilai-nilai Pancasila yang tercermin pada makna relief candi Minak Jinggo / Dwingga Abi Sukmana - Repositori Universitas Negeri Malang

Nilai-nilai Pancasila yang tercermin pada makna relief candi Minak Jinggo / Dwingga Abi Sukmana

Sukmana, Dwingga Abi (2017) Nilai-nilai Pancasila yang tercermin pada makna relief candi Minak Jinggo / Dwingga Abi Sukmana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sukmana Dwingga Abi. 2016. Nilai-nilai Pancasila yang sebagaimana Tercermin Pada Makna Relief Candi Minak jinggo. Skripsi program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs Suparlan Al Hakim M.Si (2) Siti Awaliyah S.Pd. M.Hum. Kata Kunci Nilai-nilai Pancasila Relief Candi Minak Jinggo. Bila dilihat dari latar belakang budaya Indonesia sejarah telah mencatat bahwa popularitas majapahit memberikan pengaruh yang cukup kuat dalam perkembangan kebudayaan islam dan Hindu-Budha diwaktu itu. Dalam konteks makro keberadaan majapahit telah memberi pengaruh besar terhadap nilai-nilai kebangsaan yang sekarang ada. Pemahaman akan Patriotisme gotong royong dan persatuan adalah contoh yang konkrit yang sampai saat ini masih menjiwai bangsa kita dalam konteks mokro. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui ragam relief candi minak jinggo (2) mengetahui makna yang terkandung pada relief minak jinggo (3) mengetahui nilai-nilai Pancasila yang terdapat pada relief candi minak jinggo. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti dalam melakukan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya kualitatif deskrptif informan dalam penelitian ini yaitu narasumber dari kementerian Balai pelestarian cagar budaya. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara pengumpulan data reduksi data display data dan kesimpulan/ verifikasi. Untuk menjamin keabsahan yang diperoleh peneliti melakukan (a) uji kredibilitas yaitu dengan cara perpanjangan pengamatan peningkatan ketekunan dalam penelitian dan Tringulasi. Berikut ini saran yang diberikan peneliti setelah melakukan penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya (1)Perlu adanya sinergitas dari Pemerintah kabupaten mojokerto dalam merawat dan melestarikan peninggalan cagar budaya yang ada di Trowulan kabupaten Mojokerto.(2) Pemerintah berkewajiban untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat luas tentang pentingnya melindungi dan menjaga bersama-sama peninggalan purbakala. (3) seluruh masyarakat berhak memahami dan mengerti bahwa didalam pahatan relief memiliki makna dan Nilai-nilai Pancasila yang sebagaimana bukan hanya sebagai pemandangan dan kenikmatan keindahan saja tetapi didalam makna relief tersebut adanya nilai-nilai dasar dalam kehidupan manusia sebagai pedoman hidup yaitu Pancasila.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52139

Actions (login required)

View Item View Item