Analisis nilai nasionalisme dalam lagu Umbul-umbul Belambangan Banyuwangi / Reno Arianta - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis nilai nasionalisme dalam lagu Umbul-umbul Belambangan Banyuwangi / Reno Arianta

Arianta, Reno (2017) Analisis nilai nasionalisme dalam lagu Umbul-umbul Belambangan Banyuwangi / Reno Arianta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arianta Reno. 2016. Analisis Nilai Nasionalisme Dalam Lagu Umbul-umbul Belambangan Banyuwangi. Skripsi JurusanHukum dan Kewarganegaraan Program Studi S1 PendidikanPancasiladan Kewarganegaraan FakultasIlmu Sosial UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) (2) Kata kunci Umbul-umbul Belambangan nasionalisme. Perkembangan zaman yang maju pesat terhadap lagu-lagu modern menjadi dampakpenurunanjiwa nasionalisme di kalangan muda terhadap lagu tradisional daerah.Nasionalisme merupakan paham (ajaran) untuk mencintai bangsa dan negara. (Rais 2012). Kecintaan terhadap bangsa sendiri ditunjukan dengan sikap memahami apa yang dimiliki bangsa dan menjaganya salah satunya adalah lagu-lagu daerah. Lagu Umbul-umbul Belambangan adalah lagu asli Banyuwangi. Lagu ini diciptakan pada tahun 1974 menggunakan bahasa asli Banyuwangi yaitu bahasa using. Lagu Umbul-umbul Belambangan menceritakan tentang kondisi Banyuwangi dan perjuangan pahwalan asli Banyuwangi dalam memperjuangkan kemerdekaan. Lirik lagu Umbul-umbul Belambangan memiliki nilai nasionalisme dan patriotisme. Pendekatan yang digunakan untuk meneliti nilai nasionalisme dalam lagu Umbul-umbul Belambangan adalah penelitia kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan wawancara dan studi dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah pelaku kesenian Banyuwangi dan guru sma Negeri 2 Genteng. Peneltianinimenghasilkan data yang menunjukanbahwalaguUmbul-umbulBelambangansyaratakansemangatnasionalisme yang ditunjukandalamliriklagudaniramanya. LaguUmbul-umbulBelambangandapatdigunakanuntukmempengaruhisikapremajadalammenunjukannasionalismekepadabangsa Indonesia. KeputusanmenetepakanlaguUmbul-umbulBelambangansebagai mars banyuwangiberdampakpadasemakindikenalnyalaguUmbul-umbulBelambangan. PadasaatinilagiUmbul-umbulBelambanganselaludinyanyikanpada event-event di kabupatenBanyuwangi.LaguUmbul-umbulBelambanganjugamerupakanlaguwajibpaduansuarasekolah.Sayangnyabanyaksiswa yang kurangmemahamimaksudlaguUmbul-umbulBelambangan.Makadariituakanlebihbaikjika guru di sekolahmengadakandiskusidengansiswauntukmembahasnilainasionalismelaguUmbul-umbulBelambangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52127

Actions (login required)

View Item View Item