Implementasi pendidikan karakter di Seminari Menengah St. Vincetius A Paulo Garum / Francisca Indrias Setiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pendidikan karakter di Seminari Menengah St. Vincetius A Paulo Garum / Francisca Indrias Setiana

Setiana, Francisca Indrias (2017) Implementasi pendidikan karakter di Seminari Menengah St. Vincetius A Paulo Garum / Francisca Indrias Setiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setiana Fransisca Indrias. 2016. Implementasi Pendidikan Karakter di Seminari Menengah St. Vincentius A PauloGarum.Skripsi.JurusanHukumdanKewarganegaraan FakultasIlmuSosial UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (1)Dr. Nur Wahyu Rochmadi M.Pd M.Si (II) Siti Awaliyah S.Pd M.Hum Kata Kunci Karakter Pendidikan Karakter Implementasi Generasi muda merupakan sebuah generasi penerus bangsa yang nantinya akan menentukan nasib dari bangsanya oleh karena itu sangat penting bagi setiap generasi muda ini untuk mendapatkan pendidikan karakter sejak dini sebagai bentuk upaya menghadapi era global dengan berbagai kemajuan teknologi yang tidak hanya membawa dampak positif namun juga kerap kali diwarnai dengan dampak negatiftidak dapat dipungkiri adanya kebebasan yang tak terbatas ini dapat membuat setiap generasi muda kehilangan jati diri dan kepribadian sebagai Bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi nilai-nilai karakter bangsa. Oleh karenanya sangat penting adanya kerjasama baik baik antara lembaga-lembaga formal seperti sekolahan serta lembaga-lembaga non-formal dan keluarga ataupun lingkungan sosial. Seperti halnya Seminari Menengah St. Vincentius A Paulo Garum lembaga pendidikan dan keagamaan yang ikut memberikan peran dalam upaya implementasi pendidikan karakter. Penelitianinibertujuanuntuk menjelaskan (1) implementasi nilai-nilai karakter yang terdapat dalam Seminari Menengah St.Vincentius A Paulo Garum (2) starategi yang diterapkan oleh pihak Seminari Menengah St. Vincentius A Paulo Garum dalam upaya menanamkan nilai-nilai karakter kepada para seminarisnya (3) bahan ajar penerapan nilai-nilai karakter yang dipergunakan di Seminari Menengah St. Vincentius A Paulo Garum dan (4) evaluasi pembelajaran dalam penanaman nilai-nilai karakter yang ada di Seminari Menengah St.Vincentius A Paulo Garum. Untukmencapaitujuandiatas makapenelitidalampenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenisPenelitian deskriptif.Sumber data dalampenelitianiniadalah romo guru-guru seminaris dan dokumen sedangkan prosedur pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi dan di analisis dengan tahap (1) mengumpulkan data dilapangan (2) penyajian data dengan bentuk kategori-kategori (3) dan membuat kesimpulan. Berdasarkanhasilanalisis data tersebut diperolehkesimpulansebagaiberikut.Pertama Seminari Menengah St. Vincentius A Paulo Garum memiliki dua puluh enam nilai karakter yang mana nilai-nilai karakter bangsa juga termuat didalamnya sebanyak lima belas nilai karakter bangsa. Kedua stratrgi yang pergunakan di Seminari memiliki empat diantaranya yaitu adanya ruang interaksi pembiasaan aturan (tata tertib) yang tegas serta adanya punishment. Ketiga bahan ajar yang digunakan bersifat umum sesuai dengan ketentuan kurikulum bersifat keagamaan yang disesuaikan dengan kebutuhan seminarisnya dan setiap pengembangan bahan ajar dibuat untuk membantu memecahkan persoalan dalam belajar. Keempat pihak Seminari dalam melakukan evaluasi memakai bentuk tes sederhana dan non tes dalam bentuk rapat bulanan untuk menginformasikan pengamatan oleh guru-guru dan cek wali kelas bersama romo pendamping terkait hasil pengamatan. Beberapa saran daripenelitidiajukankepadabeberapapihak yakni (1) untuk para pihak Seminari Menengah St. Vincentius A Paulo Garum dalam upaya penerapan nilai-nilai karakter untuk keseluruhan sudah baik hanya saja mungkin untuk strategi yang diterapkan belum bisa memberikan dampak secara menyeluruh untuk menerapkan nilai-nilai yang ingin dicapai seperti nilai gemar membaca karena belum semua siswa dapat memiliki nilai ini dalam dirinya hanya sebagian seminaris yang telah memahami arti nilai gemar membaca ini sehingga pihak Seminari harus dapat melakasanakan strategi yang telah ada dengan lebih maksimal lagi dan (2) untuk parasiswa sebaiknyauntuknilaigemarmembacalebihditingkatkankembalikarenaterlihatminatsiswadalammembacabukupelajaranmasih minim sekali merekalebihsenangmembacakomikdanbukulainnyadaripadabukuatausumberilmu yang bermafaatuntukmenambahdanmengembangkanpengetahuandanwawasanmereka. Sehinggaperluadanyakerjasamaantar guru dan romopendampinguntuklebihdanlebihlagimendorongparasiswadalamhalminatmembacaini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52124

Actions (login required)

View Item View Item