Perpustakaan proklamator Bung Karno sebagai media pendidikan nilai-nilai Pancasila pada masyarakat di Kota Blitar / Nindarianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Perpustakaan proklamator Bung Karno sebagai media pendidikan nilai-nilai Pancasila pada masyarakat di Kota Blitar / Nindarianti

Nindarianti (2016) Perpustakaan proklamator Bung Karno sebagai media pendidikan nilai-nilai Pancasila pada masyarakat di Kota Blitar / Nindarianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nindarianti.2016.Perpustakaan Proklamator Bung Karno sebagai Media Pendidikan Nilai-Nilai Pancasila pada Masyarakat di Kota Blitar. Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Drs. Suparlan Al Hakim M.Si (II) Dr. Sri Untari M.Si. Kata kunci Perpustakaan Proklamator Bung Karno media pendidikan nilai- nilai Pancasila Perpustakaan Proklamator Bung Karno merupakan salah satu perpustakaan umum yang berada di Kota Blitar. Perpustakaan merupakan salah satu media pendukung dalam dunia pendidikan. Bung Karno sebagai salah satu tokoh sejarah dan penggagas nilai-nilai Pancasila menjadi sebuah inspirasi dalam pendirian Perpustakaan ini. Negara dibangun atas landasan Pancasila. Nilai Pancasila menjadi sumber nilai tertinggi bagi bangsa Indonesia. Pancasila merupakan sebuah ideologi yang dipandang penting bagi Negara Indonesia. Nilai-nilai Pancasila perlu dipupuk dalam kehidupan masyarakat sehingga mereka dapat menerapkan dan mewariskan keperibadian yang berlandaskan kepada Pancasila. Perpustakaan Proklamator Bung Karno sebagai perpustakaan yang berada di sekitar Kota Blitar memiliki fungsi sebagai sarana rekreasi dan edukasi. Perpustakaan ini memiliki banyak pengunjung setiap bulannya. Dengan potensi ini peneliti mencoba menganalisa tentang peranan Perpustakaan Proklamator Bung Karno sebagai media pendidikan nilai-nilai Pancasila pada masyarakat di kota Blitar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup a) sejarah berdirinya Perpustakaan Proklamator Bung Karno b) pengelolaan perpustakaan yang ada di Perpustakaan Proklamator Bung Karno c) ragam buku yang relevan dengan nilsi- nilai Pancasila d) penggunaan buku yang terdapat di Perpustakaan Proklamator Bung Karno sebagai media pendidikan niali- nilai Pancasila. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara study dokumentasi dan observasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia yaitu peneliti sendiri.Subyek penelitian ini adalah ketua Bidang Pelayanan Informasi dan Kerjasama petugas Perpustakaan Proklamator Bung Karno dan pengunjung Perpustakaan Proklamator Bung Karno. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan trianggulasi data. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. (1) penggagas utama berdirinya Perpustakaan Proklamator Bung Karno adalah walikota Blitar yaitu Bapak Djarot Saiful Hidayat. Latar belakang pendirian Perpustakaan Proklamator Bung Karno adalah a) aspek historis b) aspek ideologis c) aspek empiris. (2) pengelolaan Perpustakaan Proklamator Bung Karno meliputi perencanaan organisasi pelaksanaan dan pengawasan. (3) ragam buku yang relevan dengan Pancasila di Perpustakaan Proklamator Bung Karno bervariasi menurut subyeknya baik yang terdapat di koleksi umum khusus langka referensi sekunder maupun anak dan remaja. Perpustakaan ini memiliki banyak buku terkait dengan Pancasila. (4)penggunaan buku yang terdapat di Perpustakaan Proklamator Bung Karno sebagai media pendidikan nilai-nilai Pancasila yaitu a) observasi b) referensi dalam mengerjakan tugas c) pengkajian sejarah d) sebagai bahan bacaan untuk menambah wawasan terkait dengan Pancasila. Sehingga masyarakat memperoleh manfaat sebagai berikut a) menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila b) membantu memahami arti sebenarnya dari Pancasila c) membantu individu untuk mencintai Indonesia d) agar individu dapat berlaku sesuai isi butir- butir Pancasila e) individu dapat mengamalkan Pancasila disegala situasi f) sebagai pedoman menjadi warga negara yang baik g) untuk memaham ideologi bangsa Indonesia h) membangun karakter warga negara yang bermartabat i) mewujudkan kehidupan yang bermoral. penggunaan buku sebagai media pendidikan nilai- nilai Pancasila antara lain sebagai berikut a) observasi b) referensi c) pengkajian sejarah d) sebagai bahan bacaan untuk menambah wawasan tentang Pancasila. Sehingga Perpustakaan ini memiliki peranan sebagai media pendidikan nilai-nilai Pancasila. Dengan demikian sebaiknya pihak Perpustakaan Proklamator Bung Karno selalu menambah koleksi-koleksinya dan mengadakan kegiatan-kegiatan yang terkait dengan Pancasila.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52102

Actions (login required)

View Item View Item