Sofi, Khoirul Fikri (2016) Strategi implementasi prinsip reformasi birokrasi berbasis reinventing government dalam pembaharuan pelayanan publik di Kecamatan Klojen Kota Malang / Khoirul Fikri Sofi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Khoirul Fikri Sofi. 2015. Strategi Implementasi Prinsip Reformasi Birokrasi Berbasis Reinventing Government Dalam Pembaharuan Pelayanan Publik di Kecamatan Klojen Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. A. Rosyid Al Atok M. Pd M.H. Pembimbing (II) Rusdianto Umar S.H M.Hum. Kata Kunci Reformasi Birokrasi Reinventing Government Pelayanan Publik. Reformasi birokrasi dengan pelayanan publik yang berdimensi kesejahteraan menjadi sistem manajemen pengelolaan yang berbasis organisasi perusahaan dengan mengedepankan pada hasil manfaat efektif efisen profesional transparan dan bertanggungjawab. Pengejawantahan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) dalam birokrasi pemerintahan daerah sudah tentu harus didukung oleh sumber-sumber daya manusia yang profesional diikuti dengan jiwa dan mental wirausaha (entepreneurship) sehingga mampu dicapai hasil yang memuaskan dan dirasakan manfaatnya bagi masyarakat daerah tersebut. Penelitian ini dimaksudkan mengetahui reformasi pelayanan publik di instansi yang langsung bersentuhan dengan masyarakat yaitu di kecamatan Klojen Kota Malang terutama pelayanan publik yang berjiwa enterpreneurship. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mediskripsikan implementasi prinsip-prinsip reinventing government dalam permbaharuan pelayanan publik di Kecamatan Klojen Kota Malang 2) Mendiskripsikan kendala dalam mengimplementasikan prinsip-prinsip reinventing government dalam perbaruan pelayanan publik di Kecamatan Klojen Kota Malang 3) Mendiskripsikan penyelesaian kendala dalam mengimplementasikan prinsip-prinsip reinventing government dalam pembaharuan pelayanan publik di Kecamatan Klojen Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian yang diperoleh berupa paparan tentang pelayanan publik yang diterapkan di Kecamatan Klojen Kota Malang. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa matrik dan pedoman penelitian/wawancara. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan tringanggulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap penelaahan data tahap identifikasi dan klasifikasi data dan tahap evaluasi data. Berdasarkan hasil analisis datatersebut diperoleh tiga kesimpulan 1) pelayanan public di Kecamatan Klojen telah mengimplementasikan prinsip-prinsip reinventing government 2) Kecamatan Klojen mengalami 4 kendala dalam mengimplementasikan reinventing government yaitu a. masyarakat kurang memahami persyaratan b. mainset pegawai c. peningkatan SDM d. sarana dan prasarana 3) Terdapat 4 hal upaya yang dilakukan oleh Kecamatan Klojen dalam mengimplementasikan prinsip-prinsip reinventing government a. memberikan arahan ketika apel pagi b. reward kepada karyawan yang melakukan pekerjaan dengan baik c. member sosialisasi agar masyarakat ikut berperan aktif secara mandiri dalam pelayanan publik d. usulan perbaikan sarana dan prasarana kepada Pemerintah Kota Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/52101 |
Actions (login required)
View Item |