Habibiyan, A'an (2015) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif materi bangun datar dengan pendekatan matematika realistik pada siswa kelas V SDN 3 Blimbing Malang / A'an Habibiyan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Habibiyan A an. 2015. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Bangun datar Dengan Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas V SDN 3 Blimbing Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sulthoni M.Pd. (II) Eka Pramono Adi SIP M.Si. Kata kunci Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif PMRI Matematika Bangun Datar. Berdasarkan hasil observasi pada kelas V SDN 3 Blimbing Kota Malang metode pembelajaran konvensional berupa ceramah masih mendominasi dalam proses belajar mengajar matematika dikelas. PMRI sebagai sarana berfikir kongkrit siswa menimbulkan masalah baru yakni siswa mengalami hambatan dalam memvisualisasikan materi/ soal. Hal tersebut berdampak pada aktivitas belajar siswa sehingga menyebabkan prestasi belajar siswa menjadi rendah. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk Multimedia Pembelajaran Interaktif Matematika dengan materi bangun datar pada siswa kelas V SDN 3 Blimbing Malang. Rancangan Penelitian pengembangan ini mengadopsi rancangan pengembangan Sadiman dan model pengembangan Borg Gall yang dimodifikasi dan disesuaiakan untuk kebutuhan pengembang. Siklus tersebut meliputi Analisis kebutuhan perumusan tujuan studi materi menyusun naskah pengembangan produk validasi produk cd pembelajaran interaktif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket validasi pengembangan media kepada Ahli Media dan Ahli Materi. Subjek uji coba adalah siswa kelas V SDN 3 Blimbing Kota Malang. Analisis data yang digunakan untuk mengolah hasil validasi Ahli Media Ahli Materi dan Siswa/ Audiens adalah prosentase. Hasil pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif ini memenuhi kriteria valid dengan hasil uji Ahli Media mencapai tingkat kevalidan 93% Ahli Materi mencapai tingkat kevalidan 95%. Uji coba kelompok kecil mencapai tingkat kevalidan 94% sedangkan uji kelompok besar mencapai tingkat kevalidan 89%. Dari hasil uji tersebut dapat disimpulkan produk Multimedia Pembelajaran Interaktif layak digunakan sebagai pendukung pembelajaran matematika materi bangun datar pada kelas V SDN 3 Blimbing Malang. Saran untuk pengembangan selanjutnya adalah mengadakan penelitian lebih lanjut dan terfokus kepada isi materi yang mengadopsi PMRI. Sedangkan untuk Produk CD media pembelajaran Desain Cover dan isi materi harus memperhatikan gradasi background warna dan font agar terbaca dengan jelas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Apr 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/521 |
Actions (login required)
View Item |