Abda'u, Muhammad Nur (2016) Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berbasis adobe flash pada materi sistem hukum dan peradilan nasional dalam lingkup NKRI kelas X SMK Negeri 11 Malang / Muhammad Nur Abda'u. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Abda u Muhammad Nur. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Berbasis Adobe Flash pada Materi Sistem Hukum dan Peradilan Nasional dalam Lingkup NKRI di Kelas X SMKNegeri 11 Malang. Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suparman Adi Winoto S.H M. Hum (II)Dr. Nur Wahyu Rochmadi M.Pd M.Si. Kata Kunci pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif sistem hukum dan peradilan nasional Indonesia. Pembelajaran pada hakikatnya merupakan suatu proses interaksi antara guru dengan siswa baik interaksi secara langsung tatap muka maupun secara tidak langsung yaitu menggunakan berbagai media pembelajaran. Dalam proses pembelajaran penggunaan media pembelajaran di sekolah memiliki peranan yang sangat penting. Hal ini dikarenakan media pembelajaran merupakan salah satu komponen yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan antara guru dengan siswa serta dapat menunjang keberhasilan proses belajar mengajar. Dalam perkembanganya media pembelajaran terdiri dari berbagai macam jenis diantaranya adalah media berbentuk teks gambar animasi suara dan video. Semua media tersebut bisa digunakan untuk media pembelajaran tentunya terlebih dahulu harus disesuaikan dengan kebutuhan. Dari beberapa jenis media pembelajaran tersebut ada yang dikombinasikan atau digabungkan secara keseluruhan yang disebut multimedia. Multimedia terdiri dari berbagai media yang dipadukan secara terstruktur dalam satu software pembelajaran interaktif yang sajiannya dengan cara mengoptimalkan peran komputer sebagai media yang menampilkan teks gambar suara video animasi dalam sebuah tampilan yang terintegrasi terpadu dan interaktif. Penggunaan multimedia juga dapat digunakan untukpembelajaran di sekolah khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan serta dapat digunakan untuk menyelaraskan gaya belajar atau karakter belajar siswa yang berbeda beberapa siswa memiliki kecenderungan selalu aktif dalam belajarbegitu pula sebaliknya ada yang memiliki kecenderungan untuk membaca teks melihat gambar dan ada yang lebih cenderung mendengarkan suara. Maka dengan adanya multimedia pembelajaran gaya belajar atau karakter belajar siswa bisa disamakan. Pengembangan media pembelajaran secara umum bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan media pembelajaran berupa CD interaktif yang di dalamnya termuat software multimediamaterisistem hukum dan peradilan nasional dalam lingkup NKRI kelas X yang dapat digunakan sebagai alternatif media dalam kegiatan pembelajaran di SMK Negeri 11 Malang. Adapun tujuan khusus dalam penelitian pengembangan ini adalah (1) mengembangkan media pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada materi sistem hukum dan peradilan nasional dalam lingkup NKRI di kelas X SMK Negeri 11 Malang (2) mengukur tingkat kelayakan multimedia pembelajaran interaktif Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berbasis adobe flashpada materisistem hukum dan peradilan nasional dalam lingkup NKRI di kelas X SMK Negeri 11 Malang. Model penelitian dan pengembangan mengunakan model Borg Gall yang semula 10 langkah direduksi menjadi 7 langkah yang terdiri dari (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan draf produk (4) validasi ahli media ahli materi dan ahli pembelajaran (5) revisi produk (6) uji lapangan (7) revisi produk akhir. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah sebuah produk CD (Compact Disk) media pembelajaran multimedia interaktif Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada materi sistem hukum dan peradilan dalam lingkup NKRI yang dirancang dan di desain denganmenggabungkan beberapa media seperti gambar video audio/suara teks dan animasi secara menarik. Media pembelajaran multimedia interaktif ini terdiri dari dua bagian tampilan yaitu (1) intro (pembuka) atau tampilan awal yang didalamnya memuat judul multimedia interaktif dan (2) tampilan menu utama yang terdiri dari beberapa bagian diantaranya (1) kompetensi inti (2) kompetensi dasar (3) indikator pembelajaran (4) materi pembelajaran (5) lembar kerja siswa (6) uji kompetensi (7) profil pengembang dan (8) petunjuk penggunaan. Tingkat kelayakan multimedia pembelajaran interaktif Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berbasis adobe flashpada materisistem hukum dan peradilan nasional dalam lingkup NKRI di kelas X SMK Negeri 11 Malang diukur dengan melakukan validasi oleh ahli media ahli materi praktisi pembelajaran serta uji coba. (1) validasi oleh ahli media dengan tingkat kelayakan media pembelajaran multimedia interaktif sebesar 96 15% dengan kriteria sangat valid/ layak digunakan.(2) validasi oleh ahli materidengan tingkat kelayakan media pembelajaran multimedia interaktif sebesar95 94% dengan kriteria sangat valid/ layak digunakan.(3) validasi oleh praktisi pembelajarandengan tingkat kelayakan media pembelajaran multimedia interaktif sebesar98 5% dengan kriteria sangat valid/ layak digunakan.(4) validasi oleh uji coba kelompok kecil yang berjumlah 8 siswa/siswi secara acak dengan tingkat kelayakan media pembelajaran multimedia interaktif sebesar93 02% dengan kriteria sangat valid/ layak digunakan. (5) validasi oleh uji coba kelompok besaryang berjumlah 25 siswa/siswi dengan tingkat kelayakan media pembelajaran multimedia interaktif 91 1% dengan kriteria sangat valid/ layak digunakan. Saran penelitian dan pengembangan multimedia pembelajaran interaktif Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berbasis adobe flashpada materi sistem hukum dan peradilan nasional dalam lingkup NKRI adalah penelitian ini hanya sebatas mengetahuitingkat kelayakan multimedia interaktif dengan kriteria sangat valid/layak digunakan. Adapun untuk mengetahui tingkat keefektifannya perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Untuk sekolah adanya pengembangan multimedia interaktif dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan alternatif media yang digunakan untuk menunjang proses belajar mengajar dan meningkatkan prestasi belajar siswa karena sekolah sudah memiliki fasilitas yang memadai untuk pemanfaatan multimedia interaktif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/52086 |
Actions (login required)
View Item |