Peranan Komunitas Jangkar Kelud dalam pelaksanaan pendidikan kesiapsiagaan bencana Desa Modangan Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar / Ulul Azmiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peranan Komunitas Jangkar Kelud dalam pelaksanaan pendidikan kesiapsiagaan bencana Desa Modangan Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar / Ulul Azmiyah

Azmiyah, Ulul (2016) Peranan Komunitas Jangkar Kelud dalam pelaksanaan pendidikan kesiapsiagaan bencana Desa Modangan Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar / Ulul Azmiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Azmiyah Ulul 2016. Peranan Komunitas Jangkar Kelud dalam Pelaksanaan Pendidikan Kesiapsiagaan Bencana di Desa Modangan Kabupaten Blitar. Skripsi Program StudiPendidikanPancasiladanKewarganegaraan JurusanHukumdanKewarganegaraan FakultasIlmuSosialUniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Drs. Margono M.pd. M.si. (II) Dr. NurudinHady SH. M.H. Kata Kunci PerananJangkarKelud bencana pendidikan. Pendidikanadalahusahasadar yang dilakukanolehkeluarga masyarakat danpemerintah melaluikegiatanbimbingan pengajaran danataulatihan yang berlangsung di sekolahdanluarsekolah. Tujuandaripendidikankesiapsiagaanbencanaadalah agar masyarakatmemahamipentingnyamempelajaripendidikankesiapsiagaanbencanasertabagaimanaupaya yang dilakukanuntukdapatmeminimalisirterjadinyakorbanjiwadankerugianhartabenda.Pengelolaanresikobencanapadadasarnyaadalahsuatuupaya yang ditujukanuntukmeminimalkanresiko yang mungkinterjadisertamelakukanupaya-upayapencegahan (mitigasi) di wilayah yang rentanterkenabencana.Langkahpentinguntukmengurangiresikodarigunungberapi yang berpotensiaktifadalahdenganmengetahuiancaman yang ditimbulkan.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikan (1)peranankomunitasJangkarKeluddalampendidikankesiapsiagaanbencana di DesaModanganKabupatenBlitar (2) hasilpendidikan yang dijalankanolehkomunitasJangkarKelud di DesaModanganKabupatenBlitar (3)penghambatperanankomunitasJangkarKeluddalampelaksanaanpendidikankesiapsiagaanbencana di DesaModanganKabupatenBlitar (4)caramengatasifaktorpenghambatperanankomunitasJangkarKeluddalampelaksanaanpendidikankesiapsiagaanbencana di DesaModanganKabupatenBlitar. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitian yang digunakanadalahdeskriptif.Penelitiandilakukan di DesaModanganKecamatanNglegokKabupatenBlitar.Teknikpengumpulan data dilakukandenganobservasi wawancara dandokumentasi.Teknikanalisis data yang digunakanadalahanalisisinteraktif. Berdasarkananalisis data tersebut dapatdisimpulkansebagaiberikut.Pertama peranankomunitasJangkarKeluddalampendidikankesiapsiagaanbencana di DesaModanganKabupatenBlitaryaitumemberikanpendidikantentangJangkarKeludbagimasyarakat.TujuandariKomunitasJangkarKeludadalahmemberikanilmu yang bermanfaattentangkebencanaan agar masyarakatDesaModangandapatselamatdariancamanmeletusnyagunungKelud. Kedua hasilpendidikan yang dijalankanolehkomunitasJangkarKelud di DesaModanganKabupatenBlitaryaitumasyarakatmampumenerapkanilmu yang merekadapatsaatmenghadapibencanagunungKeludsehinggamerekabisamenyelamatkandirimerekasendirisertamampumenolong orang lain. SehinggadapatmeminimalisirterjadinyakorbanakibatletusanbencanagunungKelud. Ketiga penghambatperanankomunitasJangkarKeluddalampelaksanaanpendidikankesiapsiagaanbencana di DesaModanganKabupatenBlitaryaitudarimasyarakatnyasendiri yang belumsadarakanpentingnyapendidikanJangkarKeludsertakurangnyaanggaranuntukkegiatanini. Keempat caramengatasifaktorpenghambatperanankomunitasJangkarKeluddalampelaksanaanpendidikankesiapsiagaanbencana di DesaModanganKabupatenBlitaradalahdengancaramemberikanpendidikanmelaluitimtimsiagabencanasertasemuaperangkatDesaikutsertasebagaifasilitatoryaitusebagaipemberiinformasisertapendidikannkepadamasyarakatDesaModangan. DalammasalahanggarankomunitasJangkarKeludberupayamencaridanadenganbantuandarimasyarakatitusendiridengancaraselaluiuransetiapsatubulansekalidariparafasilitator agar kegiataninitidakmatidanbisadilaksanakansecaraterusmenerus. Berdasarkanhasilpenelitian penelitimenyarankan (1) KomunitasJangkarKeludsebaiknyaselalumemperbaikipendidikan yang diberikankepadamasyarakatnyajadikegiatansertasolusi yang didapattidakbegitu-begitusaja misalnyatentangpendidikandalammembersihkanrumah agar tetapamansepertiapaitumasihbelumada (2) MasyarakatseharusnyalebihmembukadiriuntukmenerimapendidikanmengenaiJangkarKeludkarenasesungguhnyapendidikaninijugauntukkepentingandirimerekasendiri (3) Denganmasyarakat yang antusiassertaanggaran yang cukupdaripemerintahjikakegiataniniterusberjalandansemakinberkembangdampakpositif yang diterimadarimasing-masingdaerahpastijugasemakinmeningkat karena program inisebenarnyajugamembantupemerintahdalammempermudahevakuasisertapenyelamatanwargamasyarakatnyasehinggauntukpemerintahsendiriseharusnyabukanhanyamengapresiasikegiataninisajanamunjugamemberikansedikitbanyakanggaranuntukkegiatankomunitasJangkarKeludini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52084

Actions (login required)

View Item View Item