Pelaksanaan program bantuan biaya pendidikan BIDIKMISI di Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang / Dewi Masito - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan program bantuan biaya pendidikan BIDIKMISI di Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang / Dewi Masito

Masito, Dewi (2016) Pelaksanaan program bantuan biaya pendidikan BIDIKMISI di Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang / Dewi Masito. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Masito Dewi. 2016. Pelaksanaan Program Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi di Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sri Untari M.Si (2) Rusdianto Umar S.H M.Hum. Kata Kunci Pelaksanaan program Bidikmisi prestasi Program Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan Nasional dilaksanakan sejak tahun 2010. Bidikmisi bertujuan memberikan kesempatan belajar di Perguruan Tinggi bagi keluarga kurang mampu dan berpotensi akademik baik guna memutus mata rantai kemiskinan. Mekanisme pencairan dana Bidikmisi seringkali berubah-ubah sehingga dana program tidak tersalurkan dengan lancar kepada mahasiswa Bidikmisi dengan biaya hidup di Malang yang relatif mahal kebutuhan penunjang akademik mahasiswa Bidikmisi sulit terpenuhi. Dengan kendala tersebut perlu diketahui perihal Pelaksanaan Program Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi di Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Program Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi di Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Variabel dalam penelitian ini adalah pelaksanaan program Bidikmisi sebagai variabel bebas dan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang sebagai variabel terikat. Adapun permasalahan yang diteliti adalah pelaksaan program Bidikmisi kendala dan solusi program Bidikmisi prestasi mahasiswa Bidikmisi dan efektivitas pelaksanaan program Bidikmisi dalam upaya meningkatkan prestasi mahasiswa Bidikmisi di Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Bidikmisi angkatan 2012 Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan. Teknik pengambilan sampel adalah Sampling jenuh yakni dengan menggunakan seluruh anggota populasi yang berjumlah 63. Data dikumpulkan dengan instrumen angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif yang kemudian disajikan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan program Bidikmisi mulai dari prasyarat hingga evaluasi program terlaksana secara tidak efektif dibuktikan dengan berbagai kendala yang ada. Kendala dalam pelaksanaan program Bidikmisi telah dilaksanakan beberapa solusi akan tetapi belum secara terus menerus. Prestasi Mahasiswa Bidikmisi sebagian besar mencapai angka yang sangat memuaskan dan beberapa diantaranya mencapai angka dengan pujian. Efektivitas Program Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi dalam upaya meningkatka prestasi mahasiswa sudah berjalan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52078

Actions (login required)

View Item View Item