Implementasi pembelajaran berbasis proyek dalam upaya meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Yunita Permatasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran berbasis proyek dalam upaya meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Yunita Permatasari

Permatasari, Yunita (2016) Implementasi pembelajaran berbasis proyek dalam upaya meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Yunita Permatasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Permatasari Yunita. 2016. Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Hukum Kewarganegaraan Program Studi S1 PPKn Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Arbaiyah Prantiasih M.Si (II) Drs. Margono M.Pd M.Si Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Pembelajaran Berbasis Proyek. Partisipasi Belajar Siswa Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi dengan guru PPKn di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang padatanggal 10 dan 15 Agustus 2015 diketahui bahwa proses pembelajaran di kelas masih didominasi oleh guru (teacher oriented) siswa mendengarkan menyimak dan mencatat penjelasan dari guru serta mengerjakan soal-soal yang ada pada modul. Hasil wawancara diketahui (58%) atau 17 siswa dinyatakan tuntas dan 12 siswa (42%) lainnya masih belum tuntas.Sehingga perlu adanya upaya utuk meningkatkan partisipasi dan juga hasil belajar dari siswa tersebut. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dengan mengimplementasikan pembelajaran berbasis proyek. Siswa yang masih dikategorikan pasif atau kurang antusias dalam kegiatan pembelajaran diharapkan lebih berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengunakan pembelajaran berbasis proyek yang diberlakukan pada kelas VIII-G semester ganjil di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang dengan materi Nilai Pancasila dalam Kehidupan Bermasyasrakat Berbangsa dan Bernegara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran berbasis proyek (project based learning) mampu meningkatkan partisipasi belajar siswa VIII-G secara keseluruhan sebesar 10% yakni 62% pada siklus I menjadi 72% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut saran yang dapat diberikan yaitu pembelajaran berbasis proyek dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran yang dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52068

Actions (login required)

View Item View Item