Peranan ekstrakurikuler Paskibra dalam meningkatkan sikap kedisiplinan siswa di SMP Negeri 13 Kota Malang / Liyani Hidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peranan ekstrakurikuler Paskibra dalam meningkatkan sikap kedisiplinan siswa di SMP Negeri 13 Kota Malang / Liyani Hidayati

Hidayati, Liyani (2016) Peranan ekstrakurikuler Paskibra dalam meningkatkan sikap kedisiplinan siswa di SMP Negeri 13 Kota Malang / Liyani Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayati Liyani. 2016. PerananEkstrakurikulerPaskibraDalamMeningkatkanDisiplinSiswa SMP Negeri 13 Kota Malang.Skripsi JurusanHukumdanKewarganegaraan FakultasIlmuSosial UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (1) Dr. M. Yudhi Batubara S.H M.Hum (2) SitiAwaliyah S.Pd M.Hum. Kata Kunci ekstrakurikuler paskibra meningkatkan disiplin Disiplinmerupakansalahsatupermasalahan yang dihadapiduniapendidikansaatini salahsatucontohnyaadalahtidaksedikitsiswa yang masihterlambatdatangkesekolahinimerupakanperwujudandarimasihkurangnyakesadarandalamdisiplinwaktu padahaldisiplinmerupakansalahsatuupayamenujugerbangkesuksesan.Hal inipunterjadijuga di SMP Negeri 13 Kota Malang makadariituberbagaiupayadilakukanuntukmeningkatkansikapdisiplinsiswa salahsatunyaadalahdenganmengadakanekstrakulikulerPaskibra.Ekstrakurikulermerupakankegiatan yang dilakukandiluar jam pelajaransekolah. Diharapkankegiatan-kegiatan yang ada di dalamekstrakurikulerpaskibradapatmeningkatkansikapdisiplinsiswa. Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahui program-program kerjaapasaja yang direncanakan di ekstrakurikulerPaskibradalammeningkatkansikapdisiplinsiswa di SMP Negeri 13 Kota Malang meliputi (1) program kerja yang ada di ekstrakurikulerPaskibra di SMP Negeri 13 Kota Malang (2) pelaksanaan program kerjaekstrakurikulerPaskibra di SMP Negeri 13 Kota Malang (3) kendala-kendala yang dihadapidalampelaksanaan program kerjadansolusi-solusi yang diberikanuntukmengatasikendala yang dihadapidalampelaksanaan program kerjaekstrakurikulerPaskibra di SMP Negeri 13 Kota Malang. Dalampenelitianini penelitimelakukanpenelitianmenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiandeskriptif.Teknikpengumpulan data yang digunakandalampenelitianiniadalah melakukanobservasi wawancara dokumendanartefak analisis data pengecekankeabsahan data.WawancaradilakukankepadapelatihPaskibra koordinatorekstrakurikulerPaskibra danlima orang siswaanggotaPaskibraSMP Negeri 13 Kota Malang. Tahap-tahappenelitian dalampenelitianiniadalah tahaprefleksi tahapperencanaan tahapmemasukilapangan penentuankriteriakelayakan data tahappenarikandiri dantahappenulisan. Dari proses penelitian yang telahdilakukandandianalisis penelitimemperolehhasilpenelitiansebagaiberikut rancanganprogram kerjaPaskibraSMP Negeri 13 Kota MalangdibuatolehPelatihPaskibra program kerjasendirimerupakanpedoman yang dibuatuntukekstrakurikulerpaskibra yang meliputi(1) latihanrutinsetiaphariselasadanjumat (2) diklat (3) outbond (4) lomba (5) latihangabungan (6 )apelpagidanapelsiang.Program kerjatersebutmerupakankegiatanPaskibra yang dilaksanakanuntukmeningkatkankedisiplinansiswa salahsatucontohnyaadalahapelpagi apelpagimerupakankegiatanwajib yang khususdilakukanolehanggotaPaskibrasetiapharipadapukul 06.30 apabilaanggotaPaskibratidakmengikutikegiataniniakanmendapatsanksiyaitupush up sit up back up (PSB) kegiataniniberdampakpadadisiplinwaktu anggotapaskibratidakterlambatdatangkesekolahkarenadatang 15 menitlebihawaldarisiswa lain.Selainitupeningkatansikapdisiplinsiswajugadapatdilihatketikapelaksanaanupacarabendera dalamberbarissiswa yang mengikutiPaskibramenunjukansikapsempurnadantidakgaduhsepertisiswa lain. Kendala-kendala yang dihadapidalampelaksanaan program kerjaPaskibraadalah (1) waktulatihan yang terlalu sore terkadangbentrokdengankegiatan lain (2) ijin orang tua (3) pihaksekolah yang belummengijinkanekstrakurikulerPaskibramengikutikegiatandiluar Malang (4) cuaca yang tidakmenentu karenaPaskibradilakukandiluarruangan (5) kurangnyakomitmendantanggungjawabsiswadalammengikutikegiatanPaskibra (6) kurangpeminat. Untukmengatasikendala-kendala yang ada beberapaalternatifsolusinyaadalah(1) adanyakerjasamadengan orang tua agar mendukunganak-anaknyamengikutiekstrakulikulerPaskibradenganmemberikanpengertianbahwakegiatanPaskibrasangatberdampakpositif. (2) pelatihharuskreatifdaninovatifsaatmelatihpaskibra agar anggotaPaskibratidakjenuhdalammengikutiekstrakurikulerini (3) dukungandaripihaksekolah untukmemperbolehkanekstrakurikulerPaskibramengikutikegiatandiluar Malang halini agar PaskibraSMP Negeri 13 Kota Malangmendapatkanlebihbanyakpengalamandanmencetaklebihbanyakprestasi yang membanggakanbukanhanyauntukekstrakurikulerpaskibratetapijugaSMP Negeri 13 Kota Malangdantentunyajuga orang tua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52060

Actions (login required)

View Item View Item