Pelaksanaan budaya demokrasi di sekolah (di SMP Negeri 2 Cluring Kabupaten Banyuwangi) / Irva Nurul Hadining Larasati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan budaya demokrasi di sekolah (di SMP Negeri 2 Cluring Kabupaten Banyuwangi) / Irva Nurul Hadining Larasati

Larasati, Irva Nurul Hadining (2016) Pelaksanaan budaya demokrasi di sekolah (di SMP Negeri 2 Cluring Kabupaten Banyuwangi) / Irva Nurul Hadining Larasati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Larasati IrvaNurul. 2012. PelaksanaanBudayaDemokrasi di Sekolah (Di SMP Negeri 2 CluringKabupatenBanyuwangi).Skripsi Program StudiPendidikanPancasiladanKewarganegaraan FakultasIlmuSosialUniversitasNegeri Malang.Pembimbing (1) Dr. Sri Untari M.Si (2) Dr. DidikSukriono SH M.Hum. Kata Kunci Pelaksanaan BudayaDemokrasi Sekolah Sekolahmerupakantonggakdasarpenanamanbudayademokrasibagipenerusbangsa karena di sinilahbertemudenganberbagaimacampikiran-pikiran watak karakter budaya dan agama.Sekolahsebagailembagapendidikanmemilikiperanutamadalammenumbuhkanbudayademokrasi di kalanganpelajar.Olehkarenaitu sekolahharusmenampilkanbudayademokrasidalampendidikannya. Penelitianinibertujuanuntuk (1) pelaksanaanbudayademokrasi di SMP Negeri 2 CluringBanyuwangi (2) faktor-faktorpendukungdanpenghambatpelaksanaanbudayademokrasi di SMP Negeri 2 CluringBanyuwangi (3) solusimengatasipermasalahanpelaksanaanbudayademokrasi di SMP Negeri 2 CluringBanyuwangi. Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahpenelitiankualitatif.Subjekdalampenelitianadalahsiswa SMP Negeri 2 CluringKabupatenBanyuwangi.Data yang digunakanadalahobservasi angket wawancara dokumentasi.Sedangkanteknikanalisis data menggunakanreduksi data penyajian data. Hasilpenelitian yang diperolehdaripenelitiadalah (1) Pelaksanaanbudayademokrasi di sekolahmelaluipemilihananggotakepengurusan OSIS pemilihanpenguruskelas (2) faktorpendukungdanpenghambatpelaksanaanbudayademokras di sekolah Sekolahmenyediakansaranadanprasarana sekolahmelibatkansiswasecaralangsungdalampelaksanaanpemilihananggotakepengurusan OSIS program sekolahyaituOrganisasiSiswa Intra Sekolahbertujuanmencapaitujuanbersama di sekolah tersedianyadanauntuk program kerja siswatanpaditunjukmaumengajukandirimenjadipenguruskelas saat proses pemilihanpenguruskelassiswamaumemberikansuaranya adanyabermusyawarah segiwaktu golput memilihlebihdarisatusuratsuara perbedaanpendapat siswaramaisaatpemilihanpenguruskelas memilihpenguruskelaslebihdarisatu (3) Solusiuntukmengatasipermasalahanpelaksanaanbudayademokrasi di sekolahsegiwaktu pelaksanaankegiatandiadakanpadaharijum atdansabtu golputsekolahmemberikanabsendenganketeranganalfa siswadiberibinaankesiswaan perbedaanpendapatharussalingmenghargai peringatan yang tegas agar tidakramai diberibinaanolehwalikelas. Hasilpenelitiantersebutdisarankanpihaksekolahsebaiknyamembuatkebijakandanmemecahkanmasalahpelaksanaanbudayademokrasi bergunasebagaisumberbelajarmelatihsikapkritisdanilmiahgunamenanggapipelaksanaanbudayademokrasi di sekolah diharapkansebagaibahankajiandalammengembangkanmisipendidikanyang telahditerapkandansebagaipembandingpemecahanmasalahpelaksanaanbudayademokrasi di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52052

Actions (login required)

View Item View Item