Program penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) dalam upaya meningkatkan pembangunan di Desa Sengonagung Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan / Fatimatuz Zahro - Repositori Universitas Negeri Malang

Program penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) dalam upaya meningkatkan pembangunan di Desa Sengonagung Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan / Fatimatuz Zahro

Zahro, Fatimatuz (2016) Program penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) dalam upaya meningkatkan pembangunan di Desa Sengonagung Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan / Fatimatuz Zahro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zahro Fatimatuz. 2016. Program Penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) dalam Upaya Meningkatkan Pembangunan di Desa Sengonagung Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sri Untari M.Si (2) Dr. Sutoyo S.H. M.Hum Kata Kunci Program Alokasi Dana Desa Pembangunan di Desa Alokasi Dana Desa merupakan salah satu dana penunjang pelaksanaan pembangunan dan program kegiatan pemerintah desa yang diberikan pemerintah daerah kepada desa.Penelitian ini mengambil rumusan masalah mengenai apa saja program-program penggunaan ADD bagaimana pelaksanaan program penggunaan ADD serta bagaimana hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan program penggunaan ADD dalam upaya meningkatkan pembangunan di Desa Sengonagung Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Dalam mencari data beberapa informan yaitu kepala desa sekretaris desa ketua BPD beserta perangkat desa lainnya. Data dianalis mulai dari tahap pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian melakukan pengecekan keabsahan temuan dengan cara triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian tersebut adalah (1) Program penggunaan ADD di Desa Sengonagung terdiri dari 3 (tiga) program yaitu Program Penyeleggaraan Pemerintahan Program Pembinaan Kemasyarakatan Program Pemberdayaan Masyarakat (2) Pelaksanaan Program Penggunaan ADD di Desa Sengonagung belum sepenuhnya berjalan secara maksimal. Hal ini disebabkan bahwa capaian kegiatan program penggunaan alokasi dana desa tidak sesuai dengan target yang diinginkan. (3) Hambatan Pelaksanaan Program Penggunaan ADD di Desa Sengonagung antara lain Pelaksanaan kegiatan operasional perkantoran tidak berjalan sesuai perencanaan Kurangnya partisipasi anggota BPD Kurangnya partisipasi warga Kurangnya tenaga kerja dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan Kurangnya partisipasi lembaga desa Kurangnya kesadaran masyarakat desa. Saran yang diberikan peneliti antara lain (1) Kepada Pemerintah Desa Sengonagung hendaknya meningkatkan kegiatan sosialisasi tentang program-program kegiatan yang dianggarkan dari Alokasi Dana Desa (ADD) (2) Pemerintah Desa Sengonagung perlu meningkatkan profesionalitas dan partisipasi seluruh aparatur desa untuk lebih berpartisipasi dalam Musrenbang Desa Sengonagung (3) Masyarakat desa diharapkan dapat lebih berpartisipasi dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan pemerintahan desa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52041

Actions (login required)

View Item View Item