Aktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam program kerja latihan kepemimpinan Pancasila Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan tahun 2015 di Universitas Negeri Malang / Ekki Wahyuning Tri Wijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Aktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam program kerja latihan kepemimpinan Pancasila Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan tahun 2015 di Universitas Negeri Malang / Ekki Wahyuning Tri Wijayanti

Wijayanti, Ekki Wahyuning Tri (2016) Aktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam program kerja latihan kepemimpinan Pancasila Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan tahun 2015 di Universitas Negeri Malang / Ekki Wahyuning Tri Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wijayanti Ekki. 2016. Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Program Kerja Latihan Kepemimpinan Pancasila Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Tahun 2015 di Universitas Negeri Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Dr.H Moch. Yudhi Batubara SH MH (II) Hj Yuniastuti SH M.pd. Kata Kunci Aktualisasi Pancasila Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila Program Latihan Kepemimpinan Pancasila Peningkatan moralitas pada generasi muda dapat dibentuk melalui suatu pelatihan. Pada kehidupan perkuliahan marak terjadinya penyimpangan terhadap Pancasila yang dilakukan segelintir mahasiswa untuk menghindari hal tersebut Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan memberikan ospek jurusan berupa Latihan Kepemimpinan Pancasila yang bertujuan untuk membentuk karakter yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk (1) membuktikan seberapa efektifkah Program Latihan Kepemimpinan Pancasila tersebut dalam mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila (2) memberikan pelatihan kepada mahasiswa baru mengenai kepemimpinan Pancasila. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif Deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Angkatan 2015 dan Panitia Himpunan Mahasiswa Jurusan periode 2015. Data yang diperoleh berupa observasi wawancara dokumentasi. Data diolah dengan teknik analisis data Kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan LKP HMJ HKn FIS UM di tahun 2015 (2) Bagaimana Aktualisasi Pancasila dalam pelaksanaan LPK HMJ KHn FIS UM di tahun 2015 (3) Apa saja nilai-nilai Pancasila yang tercermin dalam setiap kegiatan selama LKP HMJ HKn FIS UM di tahun 2015 (4) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam proses penanaman nilai Pancasila dalam setiap kegiatan selama LKP (5) Upaya apa yang dilakukan untuk mengatasi hambatan selama kegiatan LKP. Berdasarkan penelitian tersebut diperoleh hasil yang baik bagi peserta dan bagi panitia penyelenggara sendiri. Peserta mendapatkan banyak manfaat setelah mengikuti Program Latihan Kepemimpinan Pancasila dan bagi panitia sendiri merasakan lebih kompak dan semangat untuk masa yang akan datang. Hasil tersebut diperoleh melalui wawancara.Dari penelitian tersebut disarankan agar Program Latihan Kepemimpinan Pancasila ini setiap tahunnya agar terus dilaksanakan dan semakin kreatif dalam memberikan kegiatan pada setiap susunan acara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52032

Actions (login required)

View Item View Item