Pembentukan civic participation peserta didik dalam pembelajaran PPKn di SMPN 2 Malang / Iin Puji Handayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembentukan civic participation peserta didik dalam pembelajaran PPKn di SMPN 2 Malang / Iin Puji Handayani

Handayani, Iin Puji (2016) Pembentukan civic participation peserta didik dalam pembelajaran PPKn di SMPN 2 Malang / Iin Puji Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Handayani Iin Puji. 2016. Pembentukan Civic ParticipationPeserta Didik Dalam Pembelajaran PPKn di SMP Negeri 2 Malang. Skripsi. Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suparlan Al Hakim M.Si (II) Siti Awaliyah S.Pd M.Hum Kata Kunci Civic Participation Peserta Didik Pembelajaran PPKn Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Hakikat dari PPKn adalah memantapkan pengembangan peserta didik dalam dimensi kesadaran sebagai warga negara (civic literacy) komunikasi sosial kultural kewarganegaraan (civic engagement) kemampuan berpartisipasi sebagai warga negara (civic skill and participation) penalaran kewarganegaraan (civic knowledge) dan partisipasi kewarganegaraan secara bertanggung jawab (civic participation and civic responsibility). Secara keseluruhan pembelajaranPPKn di SMP Negeri 2 Malang mulai mengembangkan 3 aspek kompetensi yaitu kognitif afektif dan psikomotorik. Untuk melihat perkembangan aspek kompetensi tersebut terutama dalam aspek psikomotorik guru PPKn berupaya membentuk civic participation dari peserta didikdalam kegiatan pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dengan adanya bagaimana partisipasi dari peserta didik dalam pembelajaran PPKn dan diimplementasikan dalam kegiatan sekolah. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui(1) rencana program pembentukan civic participation peserta didik dalam pembelajaran PPKn di SMPN 2 Malang (2) pelaksanaan pembentukan civic participation peserta didik dalam pembelajaran PPKn di SMPN 2 Malang (3) kendala pembentukan civic participation peserta didik dalam pembelajaran PPKn di SMPN 2 Malang dan (4) upaya mengatasi kendala pembentukan civic participation peserta didik di SMPN 2 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Dalam hal ini peneliti adalah sebagai instrumen utama. Data penelitian ini berupa aktivitas partisipasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran PPKn. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi melalui pengamatan langsung terhadap kegiatan pembelajaran wawancara dengan menggunakan pedoman wawancara dan dokumentasi yang berupa gambaran umum SMPN 2 Malang. Kegiatan analisis data dimulai dengan mereduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini triangulasi sumber data diterapkan untuk mengecek keabsahan data. Hasil penelitian ini secara umum menunjukkan bahwa pertama perencanaan pembentukan civic participation peserta didik adalah melalui penyusunan silabus dan penyusunan RPP kedua pelaksanaan pembentukan civic participation peserta didik diantaranya(a) menyanyikan lagu-lagu nasional (b) melaksanakan upacara bendera (c) melaksanakan kegiatan atau gerakan mentaati tata tertib sekolah (d) berpartisipasi dalam pentas budaya (e) berpartisipasi dalam kegiatan sekolah (f) ikut berpartisipasi dalam kegiatan pemilu ketiga kendala dalam pelaksanaan program pembentukan civic participation peserta didik dalam pembelajaran PPKn adalah (a) dalam hal mengatur kondisi kelas peserta didik (b)dalam hal mengatasi peserta didik yang memiliki karakter pendiam dan keempat upaya mengatasi kendala dalam pelaksanaan program pembentukan civic participation peserta didik dalam pembelajaran PPKn adalah (a) memperingatkan peserta didik yang tidak tertib dan kurang memperhatikan (b) mencoba berinteraksi dengan peserta didik terhadap permasalahan yang terjadi (c) menggunakan model pembelajaran yang menarik dan (d) memberikan pertanyaan atau tugas tambahan bagi peserta didik yang ramai. Saran yang diberikan peneliti oleh guru PPKn dan sekolah sebagai berikut (a) guru PPKn sebaiknya meningkatkan dan mengembangkan terus program pembentukan civic participation terhadap peserta didik baik dalam pembelajaran maupun dalam kegiatan sekolah (b) guru PPKn sebaiknya terus menanamkan nilai demokrasi agar civic participation peserta didik dapat terwujud dengan tanggung jawab (c) sekolah sebaiknya terus meningkatkan kegiatan sekolah yang kreatif dan inovatif untuk mendukung adanya partisipasi dari peserta didik seperti kegiatan pemilihan ketua OSIS ataupun kegiatan partisipasi lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52031

Actions (login required)

View Item View Item