Penerapan metode pembelajaran simulasi dengan media permainan monopoli untuk meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas XI SMA Negeri 1 Singosari Malang / Mukhammad Khoirul Fathoni - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran simulasi dengan media permainan monopoli untuk meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas XI SMA Negeri 1 Singosari Malang / Mukhammad Khoirul Fathoni

Fathoni, Mukhammad Khoirul (2016) Penerapan metode pembelajaran simulasi dengan media permainan monopoli untuk meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas XI SMA Negeri 1 Singosari Malang / Mukhammad Khoirul Fathoni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fathoni Mukhammad Khoirul. 2016.Penerapan Metode Pembelajaran Simulasi denganMedia Permainan Monopoli untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Singosari Malang. Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. M. Yuhdi Batubara SH M.Hum (II) Dr. Nur Wahyu Rochmadi M.Pd M.Si Kata Kunci Metode Pembelajaran Simulasi Media Permainan Monopoli Hasil Belajar Pendidikan merupakan sarana untuk mendapatkan pengajaran serta memperoleh ilmu yang lebih baik dan menjadikan manusia yang tidak tahu menjadi tahu. Pada dasarnya tujuan dari setiap pembelajaran adalah agar terjadi perubahan ke arah yang lebih baik. Begitu juga dalam pembelajaran formal melalui Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang merupakan mata pelajaran yang memegang peranan penting karena berhubungan dengan sikap dan mennal anak di masa mendatang. Tujuan utama Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan adalah untuk menumbuhkan wawasan dan kesadaran bernegara sikap serta perilaku yang cinta tanah air berkebudayaan bangsa serta wawasan nusantara. Melalui Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan warga negara diharapkan mampu memahami menganalisa dan menjawab masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat sesuai dengan cita-cita dan tujuan nasional seprti yang telah digariskan dalam pembukaan UUD 1945. Oleh karena itu dalam ranah pendidikan di sekolah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan mengajarkan pada siswa untuk mengimplementasikan nilai-nilai yang tercantum dalam Pancasila. Namun minat siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan cederung rendah terbukti dengan adanya perolehan nilai ulangan siswa yang rendah. Oleh karena itu dibutuhkan metode pengajaran yang tepat agar siswa mampu dan lebih mudah memahami materi pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Dalam penelitian ini metode simulasi dengan permainan monopoli dipilih karena dapat memunculkan kerjasama antar individu yang dikemas melalui kerja kelompok yang nantinya siswa dalam bidang akademik dapat membantu teman yang lain sehingga dapat belajar bersama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan metode pembelajaran simulasi dengan media permainan monopoli dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan metode pembelajaran simulasi dengan media permainan monopoli dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas XI MIA-4 SMA Negeri 1 Singosari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelasyang diterapkan dengan menggunakan 2 siklus. Sumber data primer yang diperoleh dari penelitian ini melalui guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan siswa kelas XI MIA-4 SMA Negeri 1 Singosari. Sementara data sekunder diperoleh dari pendapat para ahi yang mengetahui dan mendalami peristiwa sebagai acuan atau sumber informasi dalam melakukan penelitian. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) observasi (2) wawancara (3) dokumentasi dan (4) tes hasil belajar. Prosedur penelitian ini meliputi (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif baik deskriptif kualitatif maupun deskriptif kuantitatif. Deskriptif kualitatif meliputi reduksi data penyajian data serta penarikan kesimpulan atau verfikasi. Sementara deskriptif kuantitatif meliputi peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media permainan monopoli dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas XI MIA-4 SMA Negeri 1 Singosari. Hasil penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan metode pembelajaran simulasi dengan media pembelajaran monopoli memiliki kelebihan diantaranya siswa mampu memahami materi yang diajarkan siswa dapat membiasakan diri mengemukakan pendapat di depan kelas siswa dapat terlibat aktif dalam pembelajaran siswa dilatih untuk bekerjasama dengan baik bersama teman sekelompoknya. Sedangkan kelemahan yang ditemukan berupa guru mengalami kesulitan saat mengkoordinasikan kelas karena menggunakan kelompok besar pembelajaran dengan metode ini membutuhkan waktu yang relatif banyak. (2) Hasil belajar pada tindakan siklus I dengan menggunakan metode pembelajaran simulasi dengan media permainan monopoli mengalami peningkatan hasil belajar dibandingkan dengan kegiatan pra tindakan dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra tindakan adalah 63 4. Sedangkan hasil belajar pada tindakan siklus I adalah 74 1 dan tindakan siklus II adalah 87 8 dengan kata lain hasil belajar tindakan siklus II mengalami peningkatan 24 4% dari kegiatan pra tindakan dan mengalami peningkatan 13 7% dari tindakan siklus I. Secara garis besar siswa sudah mengalami peningkatan dan sudah mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan. Saran dari peneliti bagi guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sebaiknya lebih dapat mengkondisikan kelas dan meningkatkan hasil belajar siswa melalui tanya jawab saat penyampaian materi. Guru menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan agar siswa tidak bosan salah satunya menggunakan metode pembelajaran simulasi dengan media permainan monopoli. Guru hendaknya mengaitkan materi pembelajaran dengan keadaan nyata agar melatih siswa mengenali kehidupan di sekitar. Sementara saran bagi siswa seharusnya lebih berani dalam mengutarakan pendapat dalam mengalami kesulitan memahami materi yang disampaikan. Siswa dapat belajar kelompok untuk memahami materi dengan menggukan metode pembelajaran yang menyenangkan. Saran bagi peneliti diharapkan dapat memberikan variasi dalam penelitian selanjutnya agar siswa lebih tertarik dalam mengikuti pembelajara. Peneliti diharapkan melakukan penelitian tentang pembelajaran simulasi dengan media permainan monopoli dengan menggunakan materi yang berbeda untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52026

Actions (login required)

View Item View Item