Pengembangan sumber belajar menggunakan Compact Disk (CD) interaktif pada pembelajaran PPKn materi Tata Aturan Peraturan Perundand-undangan Nasional kelas VIII SMP Negeri 2 Malang / Nita Puji Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan sumber belajar menggunakan Compact Disk (CD) interaktif pada pembelajaran PPKn materi Tata Aturan Peraturan Perundand-undangan Nasional kelas VIII SMP Negeri 2 Malang / Nita Puji Wardani

Wardani, Nita Puji (2016) Pengembangan sumber belajar menggunakan Compact Disk (CD) interaktif pada pembelajaran PPKn materi Tata Aturan Peraturan Perundand-undangan Nasional kelas VIII SMP Negeri 2 Malang / Nita Puji Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wardani Nita Puji. 2016. PengembanganSumberBelajarMenggunakan CD InteraktifpadaPembelajaranPPKnMateri Tata UrutanPeraturanPerundangUndanganNasionalKelas VIII SMP Negeri 2 Malang. SkripsiJurusanHukumdanKewarganegaraan Program StudiPendidikanPancasiladanKewarganegaraanFakultasIlmuSosial.Pembimbing (I) Dr. Sri Untari M.Si. (II) Hj. Yuniastuti S.H M.Pd. Kata kunci Pengembangan SumberBelajar CD Interaktif Tata UrutanPeraturanPerundangUndanganNasional. Seiringdenganupayapeningkatanmutupendidikan inovasipembelajaranmerupakansalahsatuhal yang mendapatperhatiandiantaranyaadalahsaranapenunjangpembelajaran.Inovasipembelajarandigunakanuntukmencapaitujuanpendidikansertauntukmemecahkanmasalahpendidikan.Banyakfaktor yang berpengaruhdanberperandalammencapaitujuanpembelajaran salahsatunyaadalahsumberbelajar yang digunakandan media pembelajaran yang menunjangkegiatanbelajarmengajar.Padasaatinisumberbelajarpesertadidikbisaberupabukudanjugaadanyaperkembanganteknologi multimedia dan internet yang turutmembantujalannyapembelajaran.Duniapendidikanumumnyamenggunakanpendekatanklasikalyaitudenganmetodeceramahdanpenugasan yang cenderunglebihmudahmembuatpesertadidikbosansehinggakurangkonsentrasiterhadapmateri yang disampaikanoleh guru.Mengingatadanyakelemahantersebutmakaperludiadakannyainovasidalampembelajaran diantaranyaadalahdenganmelakukaninovasidalamkegiatanpembelajaranyang efektifsertadenganmembuatpengembangansumberbelajardan media pembelajaran yang mampumemberikanhasilbelajaryang optimal bagipesertadidik. Berdasarkanpermasalahantersebut makadilakukansebuahpenelitianpengembangansumberbelajarPPKnberbasis multimedia interaktifpadamateritataurutanperaturanperundangundangannasionaluntukkelas VIII SMP.Penelitian yang dilakukanbertujuanuntukmengembangkansumberbelajar yang valid dandapatdigunakandalamkegiatanpembelajaran sehinggamatapelajaranPPKntidakmenjenuhkandanmembuatpesertadidikmenjadilebihaktif sertamemotivasi guru menjadilebihkreatif.Metode yang digunakandalampenelitianinimengacupada model pengembanganresearch and development Borg Gall yang terdiridari 10 langkah namunpenelititidakmenggunakansecarakeseluruhandanhanyamenggunakan 7 langkahsaja.Langkah-langkahpenelitiandanpengembanganmeliputi (1)penelitiandanpengumpulaninformasiawal (2) perencanaanproduk (3) pengembanganprodukawal (4) validasiahli media materi danpraktisipembelajaran (5) revisiproduk (6) ujilapangan (7) revisiprodukakhir. Hasildaripenelitiandanpengembanganiniadalahsebuahprodukpengembangansumberbelajarberupa CD interaktifmateritataurutanperaturanperundangundangannasionaluntukkelas VIII SMP yang dapatdioperasikanpadakomputer yang menggunakansistemoperasiWindows danmemilikiCDROM produk yang dihasilkanjugadilengkapidenganbukupetunjukpenggunaan. Produk yang dihasilkanmemuattentang (1) kompetensiinti (2) kompetensidasar (3) indikatorpencapaian (4) materibelajar (5) videopembelajaran (6) ujikompetensi (7) permainan (8) profilpengembang. Produkpengembanganberupa CD interaktifinidapatdigunakanpadasaatkegiatanbelajarmengajar di sekolahmaupunbelajarsecaramandiri haltersebutdapatdibuktikandarihasilvalidasiahli praktisidanujicobalapangan yang dilakukanolehpeneliti. Tingkat kelayakan yang diperolehdarihasilvalidasiahli media mencapai 93 75% yang berartimemilikikriteriasangatlayak. Kemudiantingkatkebenaranmateri yang diperolehdarihasilvalidasiahlimaterimencapai 90% yang berartimemilikkriteriasangatlayak.Sedangkantingkatkelayakan yang diperolehdarihasilvalidasipraktisipembelajaranmencapai 97 6% yang berartimemilikikriteriasangatlayak. Selainmelakukanvalidasiproduk penelitijugamelakukanujicobalapangan yang terdiridariujicobakelompokkecildanujicobakelompokbesar.Tingkat kelayakan yang diperolehpadaujicobakelompokkecilmencapai 88% yang berartimemilikikriteriasangatlayak.Kemudianpadaujicobakelompokbesartingkatkelayakan yang diperolehmencapai 85 6% yang berartimemilikikriteriasangatlayakuntukdigunakansebagai media pembelajaran. Berdasarkanhasilangketdanujicobalapangansecarakeseluruhanprodukpengembanganberupa CD interaktifmateritataurutanperaturanperundangundangannasionalkelasVIII SMPinidapatdinyatakansangatlayak menarik danefektif. Saranuntukpengembangselanjutnyabisamengembangkanproduk media pembelajaranberbasis multimedia denganmenggunakan CD interaktifpadameteri yang laindanpadamatapelajaranlainnya.Produkinijugaterbataspadatingkatkelayakan pengembangselanjutnyabisamelakukanpenelitianlebihlanjutuntukmengujitingkatkeefektifannya.Pengembangselanjutnyajugadapatmengembangkanprodukinisehinggabisadijalankandengansistemoperasilainsesuaidenganperkembanganteknologidanmenambahkananimasiatauunsur-unsurpendukung yang lebihmenarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52017

Actions (login required)

View Item View Item