Peran Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Blitar dalam pemberian bekal keterampilan terhadap anak didik pemsayarakatan di LPKA Kelas I Blitar / Anis Choirun Ni'mah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Blitar dalam pemberian bekal keterampilan terhadap anak didik pemsayarakatan di LPKA Kelas I Blitar / Anis Choirun Ni'mah

Ni'mah, Anis Choirun (2016) Peran Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Blitar dalam pemberian bekal keterampilan terhadap anak didik pemsayarakatan di LPKA Kelas I Blitar / Anis Choirun Ni'mah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ni mah Anis Choirun. 2016. Peran Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Blitar dalam Pemberian Bekal Keterampilan terhadap Anak Didik Pemasyarakatan di LPKA Kelas I Blitar. Skripsi Program Studi SI Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sutoyo SH. M.Hum (II) Dr. Nuruddin Hady SH. M.H. Kata Kunci Bekal keterampilan anak didik pemasyarakatan LPKA Anak adalah bagian dari warga negara yang harus dilindungi karena mereka merupakan generasi penerus bangsa yang akan melanjutkan kepemimpinan bangsa Indonesia. Setiap anak disamping wajib mendapat pendidikan formal juga perlu mendapat pendidikan nonformal sehingga mereka dapat tumbuh menjadi anak yang berguna bagi bangsa dan negara. Temasuk anak yang telah melakukan suatu tindak pidana dan harus masuk di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA). Di LPKA anak tidak hanya mendapat pendidikan formal saja tetapi juga pendidikan non formal seperti halnya pemberian bekal keterampilan sangat bermanfaat bagi mereka untuk memperoleh pengalaman dan bekal ketika nantinya mereka keluar dari LPKA dan dapat diterima di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Bekal keterampilan yang diberikan kepada anak didik pemasyarakatan untuk mandiri ketika nanti sudah keluar dari LPKA Kelas I Blitar (2) Hambatan dalam pelaksanaan pemberian bekal keterampilan terhadap anak didik pemasyarakatan di LPKA Kelas I Blitar (3) Solusi yang diterapkan untuk mengatasi hambatan dalam pemberian bekal keterampilan kepada anak didik pemasyarakatan di LPKA Kelas I Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Data penelitian yang berupa dokumentasi dan hasil wawancara dengan beberapa informan yaitu pembina LPKA dan anak didik pemasyarakatan. Kegiatan analisis data dengan menggunakan model analisis interaktif yang dimulai dari tahap (1) Reduksi data (2) Penyajian data (3) Verifikasi data. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh tiga hasil penelitian sebagai berikut. Pertama bentuk bekal keterampilan yang diberikan LPKA yaitu (1) bidang pertanian (2) bidang peternakan (3) bidang perikanan (4) pembuatan handycraft (5) kegiatan menjahit (6) pembuatan keset dari kain perca. Kedua hambatan yang dihadapi LPKA dalam pemberian bekal keterampilan terhadap anak didik pemasyarakatan yaitu (1) Faktor kemalasan (2) Kurangnya tenaga pembina (3) Faktor anggaran (4) Faktor pemasaran. Ketiga solusi dalam mengatasi hambatan yang dihadapi dalam pemberian bekal keterampilan yaitu (1) Menjalin komunikasi dan motivasi dengan baik (2) Perlu kesabaran dan ketelatenan pembina (3) Hasil karya anak dipamerkan kepada setiap pengunjung yang datang (4) Pelatihan drumb band dilaksanakan sendiri oleh anak. Beberapa saran dari peneliti diajukan kepada beberapa pihak yakni (1) Bagi LPKA seharusnya melakukan penambahan tenaga pembina untuk melatih anak dalam pemberian bekal keterampilan (2) Kepada LPKA hendaknya dapat memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pemberian bekal keterampilan oleh LPKA terhadap anak didik pemasyarakatan. Sehingga masyarakat mengetahui bahwa di LPKA anak juga diberikan pendidikan formal dan nonformal untuk bekal mereka ketika nanti keluar dari LPKA (3) Kepada Menteri Hukum dan HAM hendaknya memberikan tambahan anggaran bagi pembinaan anak didik pemasyarakatan di LPKA agar pelaksanaan kegiatan berlangsung secara lancar dan terpenuhi segala kebutuhan (4) Bagi anak didik pemasyarakatan perlu adanya kesadaran mengikuti pelatihan bekal keterampilan dengan semanagat dan penuh ketekunan. Mengingat hal tersebut sangat bermanfaat ketika nantinya mereka keluar dari LPKA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52010

Actions (login required)

View Item View Item