Tahapan pemberdayaan agen perubahan dalam pemanfaatansumberdaya pesisir (studi kasus peran Lembaga Sopsial Pendidikan Harapan di DFusun Bajulmati) / Luluk Innisyak - Repositori Universitas Negeri Malang

Tahapan pemberdayaan agen perubahan dalam pemanfaatansumberdaya pesisir (studi kasus peran Lembaga Sopsial Pendidikan Harapan di DFusun Bajulmati) / Luluk Innisyak

Innisyak, Luluk (2017) Tahapan pemberdayaan agen perubahan dalam pemanfaatansumberdaya pesisir (studi kasus peran Lembaga Sopsial Pendidikan Harapan di DFusun Bajulmati) / Luluk Innisyak. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Innisyak Luluk. 2016. Tahapan Pemberdayaan Agen Perubahan dalam Pemanfaatan Sumberdaya Pesisir (Studi Kasus Peran Lembaga Sosial Pendidikan Harapan di Dusun Bajulmati). Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hardika M.Pd (II) Drs. Sucipto M.S. Kata-kata Kunci Tahapan Sumberdaya Pesisir Pemberdayaan Masyarakat dan Agen Perubahan Lembaga Sosial Pendidikan Harapan adalah suatu lembaga yang memberikan wadah untuk masyarakat agar dapat berkembang dengan pendidikan dan potensi lokal menuju pemberdayaan masyarakat dengan tujuan bersama yaitu Dusun Bajulmati mandiri. Lembaga Sosial Pendidikan Harapan sebagai agen perubahan melakukan tahapan-tahapan pemberdayaan dengan memanfaatkan potensi loka yaitu sumberdaya pesisir. Hal ini kemudian menjadikan dasar penelitian yang dilakukan untuk mengungkap proses tahapan yang dilakukan agen perubahan dalam memanfaatkan sumberdaya pesisir. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tahapan pemberdayaan yang dilakukan agen perubahan dalam memanfaatkan sumberdaya pesisir. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh dengan wawancara langsung dengan informan. Selain teknik wawancara juga digunakan teknik study dokumentasi dan obesrvasi. Untuk analisis data menggunakan teknik analisis spiral dari Creswell. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan sumber menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Untuk tahap penelitian berupa pra penelitian pelaksanaan penelitian dan pasca penelitian. Berdasarkan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa agen perubahan yang terbentuk dalam Lembaga Sosial Pendidikan Harapan melakukan tiga tahapan pemberdayaan yaitu tahapan penyadaran tahapan pengkapasitasan dan tahapan Pendayaan. Pada tahapan penyadaran dilakukan dengan memberikan motivasi dan arahan agar mengetahi masalah yang dihadapi dan kebutuhan yang diperlukan. Pada tahapan pengkapasitasan agen perubahan memberikan pelatihan berupa kecakapan hidup yang dilakukan secara informal dan formal belum ada pelatihan atau pembelajaran yang dilakukan secara formal. Sedangkan pada tahap terakhir yaitu tahap pendayaan agen perubahan memberikan fasilitas pendukung serta memberikan kesempatan untuk berkembang melalui potensi sumberdaya pesisir dan kecakapan hidup yang diperoleh dari pelatihan dan pembelajaran. Berdasarkan penelitian ini masyarakat disarankan aktif di kegiatan-kegiatan pemberdayaan yang dilakukan Lembaga Sosial Pendidikan Harapan untuk meningkatkan kemampuan dan partisipasinya. Bagi Lembaga Sosial Pendidikan Harapan diharapkan harus terbuka terhada masyarakat masyarakat sehingga masyarakat ikut berpartisipasi semakin banyak. Bagi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah hendaknya membuat wadah seperti desa lab atau sebagainya agar mahasiswa tidak hanya mengetahui kegiatan-kegiatan pendidikan luar sekolah secara teori dan kajian pustaka. Bagi peneliti lain diharapkan agar penelitian ini dapat dikembangkan lagi pada aspek yang lain sehingga dapat menambah keilmuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5200

Actions (login required)

View Item View Item