Pengembangan multimedia pembelajaran pokok bahasan luas belah ketupat dan volume prisma segitiga pada mata pelajaran matematika kelas VI SDN Condro II Pasirian Lumajang / Kurniawan Widigdo Aji - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran pokok bahasan luas belah ketupat dan volume prisma segitiga pada mata pelajaran matematika kelas VI SDN Condro II Pasirian Lumajang / Kurniawan Widigdo Aji

Aji, Kurniawan Widigdo (2015) Pengembangan multimedia pembelajaran pokok bahasan luas belah ketupat dan volume prisma segitiga pada mata pelajaran matematika kelas VI SDN Condro II Pasirian Lumajang / Kurniawan Widigdo Aji. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Aji Kurniawan Widigdo. 2014. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pokok Bahasan Luas Belah Ketupat dan Volume Prisma Segitiga pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Condro 02 Pasirian. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. H. Sulton M.Pd. (II) Henry Praherdhiono S.Si M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Multimedia pembelajaran Matematika 12288 12288 12288 Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat kompleks dengan konsep-konsep dan membutuhkan kemampuan guru dalam mengelola kelas terutama kemampuan guru dalam memanfaatkan media yang bisa memenuhi 3 tahapan materi luas belah ketupat dan volume prisma segitiga. Terhubung dan terkait dengan 3 tahapan materi yaitu pengertian contoh dan penerapan sehingga perlu multimedia pembelajaran untuk menyajikan ke-3 tahapan materi dan untuk penerapan yang dibutuhkan animasi untuk menerapkan perubahan bentuk dari bangun datar ke bangun dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil observasi di SDN hasil bahwa pada SDN Condro 02 Pasirian tersedia fasilitas LCD proyektor sehingga perlu pengembangan multimedia pembelajaran untuk kelas 6 mata pelajaran matematika dengan materi luas belah ketupat dan volume prisma segitiga sebagai inovasi pembelajaran matematika di sekolah tersebut. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran di kelas VI SDN Condro 02 Pasirian tentang luas belah ketupat dan volume prisma segitiga yang sesuai dengan karakter kebutuhan siswa. Diharapkan multimedia pembelajaran ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat menunjang pembelajaran Matematika. Hasil akhir dari kegiatan pengembangan ini adalah produk multimedia pembelajaran dalam mata pelajaran Matematika untuk siswa kelas 6 SD yaitu berupa CD dan terdiri dari (1) materi (2) petunjuk pemanfaatan (3) gambar (4) animasi sederhana dan (5) audio. Secara teknis pengembangan media pembelajaran ini tidak sama dalam hal penerapannya dalam penyampaian materi pengajaran yang akan diberikan kepada siswa. Pengembangan media pembelajaran ini menyangkut materi-materi Matematika yang telah diringkas sedemikian rupa sehingga mudah untuk dipahami oleh siswa-siswi kelas 6 SD. 12288 12288 12288 12288 Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE yang terdiri dari lima tahapan (1) analisis dan penilaian (2) desain (3) pengembangan (4) implementasi dan (5) evaluasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam pengembangan ini berupa angket kuisioner yang disebarkan kepada satu ahli media satu ahli materi uji coba perorangan dengan 2 orang siswa dan uji coba kelompok kecil dengan 10 orang siswa uji lapangan dengan 30 orang siswa. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil uji coba pengembangan multimedia pembelajaran pada ahli media dan materi sebesar 80% (valid) dan 96% (valid). Sedangkan data hasil uji coba kevalidan dan pengembangan metode multimedia pembelajaran pada audiens atau responden sebesar 92% (valid) dan hasil uji coba audiens kelompok kecil sebesar 89% (valid) uji lapangan rata-rata pretest (55%) dan post test (81%) peningkatan hasil belajar secara keseluruhan dengan persentase (25 33 %). Secara keseluruhan berdasarkan kriteria kelayakan produk dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran tersebut masuk dalam keterangan valid sehingga layak digunakan dalam pembelajaran Matematika untuk siswa kelas 6 SD. Saran dalam pengembangan multimedia pembelajaran diantaranya diharapkan dalam pengembangan multimedia lebih memperhatikan dalam pemberian navigasi audio akan menentukan kualitas suara. Saran dalam pemanfaatan bagi guru daharapkan sebelum pembelajaran terlebih dahulu membaca petunjuk pemanfaatan agar selama pembelajaran dapat sesuai dengan petunjuk pemanfaatan. Saran desiminasi yaitu diharapkan media pembelajaran matematika dapat dimanfaatkan pula di sekolah atau di daerah lain. Saran pengembangan produk lebih lanjut yaitu kepada pengembang lain yang akan membuat topik pengembangan yang sama dengan media pembelajaran ini disarankan untuk mengkaji materi yang akan digunakan untuk pengembangan serta mengobservasi terlebih dahulu tempat supaya lebih cermat dalam penentuan dan pemanfaatan sehingga akan lebih efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/520

Actions (login required)

View Item View Item