Muthoharoh, Siti Habibah (2016) Penerapan nilai-nilai karakter dalam kegiatan ekstrakurikuler pecinta alam di SMA Negeri 1 Karangan Trenggalek / Siti Habibah Muthoharoh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Muthoharoh Siti Habibah. 2015. Penerapan Nilai-Nilai Karakter dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pecinta Alam di SMA Negeri 1 Karangan Trenggalek. Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. A. Rosyid Al Atok M.Pd M. H. dan (II) Dr. Sutoyo SH M. Hum Kata Kunci Nilai-Nilai Karakter Ekstrakurikuler Pecinta Alam. Nilai-nilai karakter itu didasarkan pada kajian nilai-nilai agama norma-norma sosial peraturan/hukum etika akademik dan prinsip-prinsip HAM telah teridentifikasi butir-butir nilai yang dikelompokkan menjadi lima nilai utama yaitu nilai-nilai perilaku manusia dalm hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa diri sendiri sesama manusia dan lingkungan serta kebangsaan. Berikut adalah daftar nilai-nilai yang dimaksud (1) Nilai karakter dalam hubungannya dengan Tuhan itu ada religius (2) Nilai karakter dalam hubungannya dengan diri sendiri itu ada jujur bertanggung jawab bergaya hidup sehat disiplin kerja keras percaya diri berjiwa wirausaha berpikir logis kritis kreatif dan inovatif (3) nilai karakter dalam hubungannya dengan sesama itu ada sadar akan hak dan kewajiban diri dan orang lain patuh pada aturan-aturan sosial menghargai karya dan prestasi orang lain santun demokratis (4) Nilai karakter dalam hubungannya dengan lingkungan itu ada peduli sosial dan lingkungan (5) Nilai kebangsaan itu ada nasionalis dan menghargai keberagaman.Ekstrakurikuler dapat diartikan sebagai kegiatan pendidikan yang dilakukan di luar jam pelajaran tatap muka. Kegiatan tersebut dilaksanakan di dalam dan/atau di luar lingkungan sekolah dalam rangka memperluas pengetahuan meningkatkan ketrampilan dan menginternalisasi nilai-nilai atau aturan-aturan agama serta norma-norma sosial baik lokal nasional maupun global untuk membentuk insan yang paripurna. Dengan kata lain ekstrakurikuler merupakan kegiatan pendidikan di luar jam pelajaran yang ditujukan untuk membantu perkembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan potensi bakat dan minat mereka melalui kegiatan yang secara khusus diselenggarakan oleh pendidik dan atau tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berkewenangan di sekolah.Alam Indonesia yang merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa dengan keindahannya yang mendukung untuk segala macam kegiatan khususnya di bidang kepecinta alam. Agar dapat mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam tersebut maka kita terlebih dahulu harus mengenal dan mengetahui serta mencintai alam itu sendiri. Peneliti ini membahas tentang bagaimana penerapan nilai-nilai karakter bangsa ke dalam kegiatan Ekstrakurikuler Pecinta Alam sehingga dapat diketahui kendala-kendala dan upaya mengatasi kendala tersebut dalam menerapkan nilai-nilai karakter bangsa itu. seperti yang kita ketahui bahwa semua pendidikan harus didasarkan dengan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Peneliti bertindak sebagai pengumpul data dan observer non partisipatif dalam mengumpulkan data-data di lapangan yaitu di SMA Negeri 1 Karangan Trenggalek. Prosedur pengumpulan data meliputi observasi wawancara mendalam dan dokumentasi. Sedangkan teknika analisa data menggunakan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian (1) Program-program Ekstrakuriler Pecinta Alam meliputi menanam pohon membersihkan sampah ngecamp kumpulan rutin dan bakti sosial. (2) Nilai-nilai karakter bangsa yang terdapat dalam kegiatan Ekstrakurikuler Pecinta Alam di SMA Negeri 1 Karangan Trenggalek (3) Cara-cara menerapkan nilai-nilai karakter dalam kegiatan Ekstrakurikuler Pecinta Alam di SMA Negeri 1 Karangan Trenggalek (4) Faktor kesulitan atau penghambat dalam menerapkan nilai-nilai karakter di kegiatan Ekstrakurikuler Pecinta Alam SMA Negeri 1 Karangan Trenggalek (5) Upaya untuk mengatasi hambatan dalam menerapkan nilai-nilai karakter di kegiatan Ekstrakurikuler Pecinta Alam SMA Negeri 1 Karangan Trenggalek. Saran untuk SMA Negeri 1 Karangan Trenggalek seharusnya melengkapi sarana dan prasarana khususnya untuk kegiatan Ekstrakurikuler. Ini dilakukan untuk memberi kebebasan para siswa supaya mengeksplor bakat dan minat masing-masing siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jan 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/51991 |
Actions (login required)
View Item |