Sutiamin, Iin (2016) Pengaruh model pembelajaran Tari Bambu terhadap sikap toleransi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Malang / Iin Sutiamin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sutiamin Iin. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Tari Bambu Terhadap Sikap Toleransi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Malang. Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. A. Rosyid Al Atok M.Pd M.H (II) Drs. H. Suparman Adi Winoto S.H M.Hum. Kata Kunci Model Pembelajaran Tari bambu Sikap Toleransi Sikap toleransi merupakan satu kesatuan dalam berperilaku untuk menghargai segala perbedaan yang ada sebagai bentuk penghormatan atas kesenjangan diantara sesama sehingga tidak ada diskriminasi terhadap kelompok-kelompok yang berbeda. Sikap toleransi sangat penting untuk dimiliki agar dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara dapat saling menghargai meskipun terdapat perbedaan. Namun dewasa ini sikap toleransi masyarakat sudah mulai luntur tidak terkecuali dikalangan pelanjar. Oleh karena itu diperlukan adanya upaya untuk mengembangkan kembali sikap toleransi pada diri tiap individu utamanya adalah pelajar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) mengetahui sikap toleransi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Malang (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran tari bambu terhadap sikap toleransi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Pre-Eksperimental Desain dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design.Pada desain One Group Pretest-Posttest Desain observasi dilakukan sebelum memberikan perlakuan dan setelah memberikan perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa SMP Negeri 6 Malang dengan jumlah 797. Sedangkan untuk kelas VIII sendiri terdiri dari 268 siswa dengan diambil sampel kelas VIII.4 dan VIII.5 yang seluruhnya berjumlah 66 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPP dengan variasi model pembelajaran tari bambu dan test skala sikap. Dan jenis validitas instrument yang digunakan adalah validitas isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sikap toleransi siswa SMP Negeri 6 Malang secara umum dikatakan sangat baik (2) ada pengaruh yang ditimbulkan dari model pembelajaran tari bambu terhadap sikap toleransi siswa SMP Negeri 6 Malang. Hal tersebut dapat dilihat dari test yang diberikan kepada siswa pada saat sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa penerapan model pembelajaran tari bambu yang dilakukan sebanyak dua kali. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat diberikan antara lain (1) kepala sekolah diharapkan dapat mensosialisasikan model pembelajaran tari bambu kepada seluruh guru (2) siswa diharapkan bisa mempertahankan dan mengembangkan sikap toleransi yang telah dimilikinya meningkatkan kesadaran dari dalam diri siswa itu sendiri (3) Untuk peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian dengan menggunakan model metode pendekatan yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jan 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/51986 |
Actions (login required)
View Item |