Penerapan model pembelajaran scramble dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMPN 03 Tulungagung / Tomi Nur Septian - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran scramble dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMPN 03 Tulungagung / Tomi Nur Septian

Septian, Tomi Nur (2015) Penerapan model pembelajaran scramble dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMPN 03 Tulungagung / Tomi Nur Septian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nur Septian Tomi. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Scramble Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Di SMPN 03 Tulungagung. Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Arbaiyah Prantiasih M.Si (II) Dr. Sri Untari M.Si. Kata Kunci Pendidikan Kewarganegaraan Model pembelajaran Scramble Peningkatan hasil belajar Pendidikan secara umum mempunyai arti suatu proses kehidupan dalam mengembangkan diri tiap individu untuk dapat hidup dan melangsungkan kehidupan menjadi orang yang berguna baik bagi Negara Nusa dan Bangsa. Penggunaan model pembelajaran yang menarik dan bervariasi dalam mengajar dapat menggairahkan dalam proses Pembelajaran PPKn. Model pembelajaran Scramble merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan konsentrasi dan kecepatan berpikir siswa. Dalam model ini Siswa tidak hanya diminta untuk menjawab soal tetapi juga menerka dengan cepat jawaban soal yang sudah tersedia namun masih dalam kondisi acak. Oleh sebab itu model pembelajaran Scramble ini tepat digunakan dalam mata pelajaran PPKn dimana siswa dituntut aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran yang berlangsung. Dengan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan akan membuat siswa lebih mudah mengingat materi pelajaran yang guru sampaikan sehingga hasil belajar siswa meningkat. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan dan menganalisis (1) Penerapan Model Pembelajaran Scramble Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (2) Hasil belajar siswa kelas VII 3 di SMPN 03 Tulungagung setelah menerapkan model pembelajaran Scramble (3) Peningkatan hasil belajar siswa kelas VII 3 di SMPN 03 Tulungagung setelah menerapakan model pembelajaran Scramble. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Lokasi penelitian dilakukan di SMPN 03 tulungagung yang bertempat di Jl. Oerip Soemohardjo No.24 kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi wawancara dokumentasi tes dan catatan lapangan. Analisis dalam penelitian ini didasarkan dari data pengisian tes hasil belajar yang digunakan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar pada siswa kelas VII 3 SMPN 03 Tulungagung setelah menerapkan model pembelajaran Scramble. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran Scramble dilaksanakan selama dua siklus dengan dua pertemuan disetiap siklusnya pembelajaran Scramble dilaksanakan dengan langkah-langkah yaitu (a) Siswa membentuk kelompok terdiri dari 4 siswa secara heterogen (b) Siswa mendapat media model soal Scramble (c) Siswa bekerjasama secara berkelompok untuk menemukan jawaban yang benar (d) Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok (e) Siswa dengan bantuan guru menyimpulkan apa yang telah dipelajari (f) Evaluasi hasil belajar. (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn saat menerapkan model pembelajaran Scramble yaitu Pada pertemuan pertama siklus 1 dari 32 siswa terdapat 13 siswa yang belum tuntas. Nilai rata-rata kelas yaitu 73 6 dan nilai klasikal ketuntasan hasil belajar siswa 56 3% Pada pertemuan kedua siklus satu telah mengalami peningkatan dari 32 siswa terdapat 6 siswa yang belum tuntas. Nilai rata-rata kelas pada pertemuan ke dua siklus 1 yaitu 80 3 dan nilai klasikal ketuntasan hasil belajar siswa 78 1%. Nilai rata-rata kelas dari pertemuan pertama dan kedua meningkat 6.7 sedangkan nilai klasikal ketuntasan belajar siswa meningkat sebesar 21 8%. Pada Siklus II pertemuan pertama 28 siswa tuntas belajar sedangkan 4 siswa belum tuntas belajar Nilai rata-rata kelas pada pertemuan pertama siklus II yaitu 81 1 dan nilai klasikal ketuntasan hasil belajar siswa 87 5% Pada Siklus II pertemuan keempat dari 32 siswa hanya 3 siswa yang belum tuntas. Kemudian nilai rata-rata kelas pada pertemuan keempat siklus II yaitu 86 6 dan nilai klasikal ketuntasan hasil belajar siswa 90 6%. (3) Penerapan model Pembelajaran Scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII 3 pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 03 Tulungagung. Saran yang dapat peneliti berikan yaitu (1) Bagi guru PPKn kelas VII 3 SMP Negeri 03 Tulungagung disarankan menerapkan model Scramble terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa (2) Bagi guru PPKn disarankan hendaknya sesering mungkin menerapkan pembelajaran dengan metode diskusi karena dengan diskusi kelompok akan menumbuhkan sikap sosial jujur peduli dan tanggungjawab pada diri setiap siswa (3) Bagi guru PPKn disarankan untuk menciptakan model-model pembelajaran yang inovatif dan kreatif lainnya untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51954

Actions (login required)

View Item View Item