Triyanti, Betty (2015) Penerapan metode diskusi syndicate group untuk meningkatkan keterampilan berpartisipasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Singosari pada mata pelajaran PPKn / Betty Triyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Triyanti Betty. 2015. Penerapan Metode Diskusi Syndicate Group untuk Meningkatkan Keterampilan Berpartisipasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Singosari pada Mata Pelajaran PPKn. Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pebimbing (I) Drs. Suparman A.W S.H M.Hum (II) Drs. Margono M.Pd M.Si Kata kunci Syndicate Group Keterampilan Berpartisipasi Penelitan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya partisipasi aktif siswa pada saat pelajaran PPKn. Proses pembelajaran masih berfokus pada guru. Sehingga siswa banyak yang berbicara sendiri dengan temannya. Sehingga tidak konsentrasi pada materi. Partisipasi aktif siswa secara tidak langsung dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai materi secara mendalam dan menyeluruh. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui keterampilan siswa sebelum diterapkan metode diskusi Syndicate Group (2) untuk mengetahui metode diskusi Syndicate Group dapat meningkatkan keterampilan berpartisipasi siswa kelas X SMAN 1 Singosari pada Mata Pelajaran PPKn (3) utuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Singosari dengan penerapan metode diskusi Syndicate Group pada mata pelajaran PPKn Berdasarkan persoalan diatas peneliti menerapkan metode diskusi Syndicate Group. Metode diskusi Syndicate Group salah satu alternatif metode diskusi yang dapat meningkatkan keterampilan berpartisipasi siswa. Penelitian ini bertujuan ntuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memberikan pendapat menyampaikan kritik atau saran dan mengajukan pertanyaan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 1 SMA Negeri 1 Singosari Tahun Ajaran 2014/2015. Data yang dikumpulkan melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti terlibat langsung dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas. Kegiatan belajar mengajar ini dilaksanakan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan pelaksaan observasi refleksi. Materi yang dibahas pada pertemuan ini adalah Mengarungi Bahtera Keadilan Bangsa Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa keterampilan berpatisipasi siswa dalam kelompok meningkat dari siklus I sebesar 55 20% menjadi 76 39% pada pelaksanaan siklus II. Keterampilan berpartisipasi siswa saat kegiatan presentasi hasil diskusi kelompok juga meningkat dari siklus I sebesar 46 45% menjadi 72 88% pada saat pelaksanaan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diberikan beberapa saran yaitu (1) Bagi guru hendaknya metode diskusi ini dapat dijadikan alternatif model pembelajaran di kelas untuk meningkatkan keterampilan berpartisipasi siswa.(2) Bagi guru PPKn disarankan untuk menerapkan metode diskusi ini atau dimodifikasi kembali sebagai salah satu usaha dalam mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan. (3) Bagi guru PPKn SMAN 1 Singosari disarankan untuk menerapkan metode diskusi ini di kelas lain sebagai salah satu alternatif dalam mengembangkam keterampilan berpartisipasi aktif siswa. (4) Bagi penelitian selanjutnya diharapkan dapat memberikan variasi agar siswa lebih tertarik dan suasana kelas lebih menyenangkan. (5) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian tentang penerapan metode diskusi Syndicate Group namun dengan materi yang berbeda untuk meningkatkan keterampilan berpartisipasi siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/51949 |
Actions (login required)
View Item |