Efektivitas program adiwiyata sebagai upaya mengembangkan nilai-nilai karakter bangsa terhadap pelestarian lingkungan hidup di SMA Negeri 2 Mojokerto / Umi Dzulhijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas program adiwiyata sebagai upaya mengembangkan nilai-nilai karakter bangsa terhadap pelestarian lingkungan hidup di SMA Negeri 2 Mojokerto / Umi Dzulhijayanti

Dzulhijayanti, Umi (2015) Efektivitas program adiwiyata sebagai upaya mengembangkan nilai-nilai karakter bangsa terhadap pelestarian lingkungan hidup di SMA Negeri 2 Mojokerto / Umi Dzulhijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dzulhijayanti Umi. 2015. Efektivitas Program Adiwiyata Sebagai Upaya Mengembangkan Nilai-nilai Karakter Bangsa Terhadap Pelestarian Lingkungan Hidup di SMA Negeri 2 Mojokerto. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Arbaiyah Prantiasih M.Si. (II) Hj. Yuniastuti S.H M.Pd Kata Kunci Program Adiwiyata Nilai-nilai Karakter Bangsa Pelestarian Lingkungan Hidup. Saat ini dunia pendidikan di Indonesia berupaya mengembangkan pendidikan karakter dalam berbagai bidang pendidikan. Salah satunya pendidikan yang berbasis lingkungan hidup yang menanamkan nilai-nilai karakter bangsa dalam upaya melestarikan lingkungan hidup dengan melalui adanya program Adiwiyata. Program adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup yang bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Adanya program adiwiyata diharapkan dapat menciptakan para generasi muda Indonesia yang selalu peduli dan berbudaya lingkungan dengan memiliki nilai-nilai karakter bangsa di dalam dirinya sehingga dapat mewujudkan kesejahteraan hidup menuju cita-cita pembangunan berkelanjutan untuk sekarang dan seterusnya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui (1) kondisi lingkungan SMA Negeri 2 Mojokerto sebelum adanya program Adiwiyata (2) kondisi lingkungan SMA Negeri 2 Mojokerto sesudah adanya program Adiwiyata (3) program Adiwiyata yang ada di SMA Negeri 2 Mojokerto (4) pelaksanaan program Adiwiyata dalam upaya mengembangkan nilai-nilai karakter bangsa terhadap pelestarian lingkungan hidup di SMA Negeri 2 Mojokerto (5) efektivitas program Adiwiyata dalam upaya mengembangkan nilai-nilai karakter bangsa terhadap pelestarian lingkungan hidup di SMA Negeri 2 Mojokerto (6) kendala dan usaha dalam mengatasi pelaksanaan program Adiwiyata dalam mengembangkan nilai-nilai karakter bangsa terhadap pelestarian lingkungan hidup di SMA Negeri 2 Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Kehadiran peneliti dalam penelitian ini sebagai pengamatan berperanserta dalam melihat atau mengamati pelaksanaan kegiatan pada program Adiwiyata di SMA Negeri 2 Mojokerto dan mendengarkan informasi dari pihak sekolah. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Kegiatan analisis data dilakukan mulai dari tahap pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan peneliti menggunakan uji kepercayaan terhadap data dengan menggunakan teknik peningkatan ketekunan dan triangulasi. Berdasarkan hasil analisis data dari penelitian yang ada diperoleh kesimpulan dari hasil penelitian sebagai berikut (1) kondisi lingkungan sekolah sebelum adanya program Adiwiyata masih sangat berantakan dan belum tertata dengan baik (2) kondisi lingkungan sekolah sesudah adanya program Adiwiyata sangat jauh berbeda dari sebelumnya sekolah menjadi lebih tertata lebih rindang indah asri bersih dan nyaman (3) program yang ada di sekolah sangat mendukung untuk mengembangkan nilai-nilai karakter bangsa dalam upaya untuk melestarikan lingkungan hidup kepada warga sekolah seperti program Jumat Bersih pemberantasan sarang nyamuk dan lomba kebersihan kelas (4) pelaksanaan program Adiwiyata di sekolah sudah terlaksana dengan baik setiap pelaksanaan kegiatan selalu diupayakan untuk mengembangkan dan menanamkan nilai-nilai karkater bangsa yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan hidup (5) pelaksanaan program Adiwiyatasudah dapat dikatakan efektif dan berhasil dalam upayanya untuk mengembangkan nilai-nilai karakter bangsa terhadap pelestarian lingkungan hidup (6) kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program Adiwiyata ialah masih adanya kurang kesadaran dan kepedulian dari warga sekolah seperti adanya rasa malas dan lupa untuk mengatasinya maka seluruh warga sekolah harus saling mengingatkan dan saling memberi motivasi akan pentingnya untuk menjaga merawat melindungi mengelola dan melestarikan lingkungan hidup. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan kepada pihak sekolah agar memberikan himbauan berupa penghematan dalam penggunaan alat tulis kantor disetiap meja atau lemari. Selain itu agar lingkungan sekolah selalu tetap terjaga kebersihan keindahan dan kelestariannya maka seluruh warga sekolah sebaiknya bekerja sama untuk menjaga dan merawatnya dan juga dalam pembuatan atau penyusunan RPP bapak/ibu guru sebaiknya lebih menyesuaikan dengan format atau contoh RPP kurikulum 2013 yang lebih baik dan benar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51938

Actions (login required)

View Item View Item