Pengembangan materi ancaman terhadap negara Indonesia dalam pelajaran PPKn melalui media CD pembelajaran di kelas X SMA Taman Madya Malang / Samsul Arifin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan materi ancaman terhadap negara Indonesia dalam pelajaran PPKn melalui media CD pembelajaran di kelas X SMA Taman Madya Malang / Samsul Arifin

Arifin, Samsul (2015) Pengembangan materi ancaman terhadap negara Indonesia dalam pelajaran PPKn melalui media CD pembelajaran di kelas X SMA Taman Madya Malang / Samsul Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arifin Samsul. 2015. Pengembangan Materi Ancaman Terhadap Negara Indonesia Dalam Pelajaran PPKn Melalui Media CD Pembelajaran Di Kelas X SMA Taman Madya Malang. Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Untari M.Si. (II) Siti Awaliyah S.Pd M.Hum. Kata kunci Ancaman Terhadap Negara Indonesia PPKn dan Media CD pembelajaran Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti selama melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)padaguru mata pelajaran PPKndi SMA Taman Madya Malang menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang dipergunakan selama proses pelajaran PPKn masih dengan cara konvensional (ceramah dan penugasan) selama ini belum ada pengembangan media berbasis CD pembelajarandalam pelajaran PPKn maka dari itu perlu dikembangkan sebuah materi dalam pelajaran PPKn malalui media CD pembelajaransebagai variasi dalam proses belajar mengajar yang dibuat dengan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik. Model penelitian yang digunakan dalam pengembangan media CD pembelajaran adalah model Borg Gall yang tediri dari 10 langkah dan telah dimodifikasioleh peneliti menjadi 7 langkah. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan meliputi (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan draf produk (4) validasi ahli media materi pembelajaran (5) revisi produk (6) uji lapangan dan (7) revisi produk akhir.Kelayakan media CD pembelajaran ditunjukkan oleh ukuran validitas ahli media ahli materi praktisi pembelajaran dan subjek uji coba (peserta didik).Validasi media dilakukan oleh validator dari dosen Teknologi Pendidikan (TEP) UM validasi materi dilakukan oleh validator dari dosen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) UM dan validasi praktisi pembelajaran dilakukan oleh validator dari guru PPKn SMA Taman Madya Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket kepada validasi ahli dan subjek uji coba (peserta didik). Jenis data penelitian meliputi data kuantitatif berupa penilaian validator ahli dan subjek uji coba (peserta didik) yang dianalisis dengan menggunakan teknik persentase untuk mengetahui tingkat kelayakan (kevalidan) produk dan data kualitatif berupa saran dan kritik yang diberikan oleh validator ahli dan subjek uji coba (peserta didik). Spesifikasi produk dalam pengembangan ini adalah media CD pembelajaran yang didalamnya berisi tentang kompetensi inti kompetensi dasar indikator tujuan pembelajaran peta konsep materi pembelajaran video pembelajaran evaluasi dan permainan. Produk media CD pembelajaran yang dihasilkan juga dilengkapi dengan buku petunjuk penggunaan (manual book) yang dapat digunakan untuk membantu mempermudah dalam pengoperasian media CD pembelajaran. Untuk menguji tingkat kelayakan media CD pembelajaran dilakukan uji validasiahli dan uji coba produk. (1) validasi oleh ahli media memperoleh skor persentase sebesar 100% dengan keterangan sangat layak dan dapat digunakan tanpa revisi (2) validasi oleh ahli materi memperoleh skor persentase sebesar 79 80% dengan keterangan sangat layak dan dapat digunakan tanpa revisi (3) validasi oleh praktisi pembelajaran memperoleh skor persentase sebesar 96% dengan keterangan sangat layak dan dapat digunakan tanpa revisi (4) hasil uji coba kelompok kecil memperoleh skor persentase sebesar 93 53%dengan keterangan sangat layak dan dapat digunakan tanpa revisi dan (5) hasil uji coba kelompok besar memperoleh skor persentase sebesar 91 91%dengan keterangan sangat layak dan dapat digunakan tanpa revisi. Berdasarkan hasil validasi ahli dan uji coba produk yang telah dilakukan dapat disimpulkanbahwa pengembangan materi Ancaman Terhadap Negara Indonesia dalam pelajaran PPKn melalui media CD pembelajarandinyatakan sangat layak digunakan untuk proses kegiatan belajar mengajar di kelas X SMA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51929

Actions (login required)

View Item View Item