Pengembangan media pembelajaran berbantuan aplikasi autoplay pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Keawrganegaraan kjelas VIII SMPN 21 Malang / Mitra Mustaricha - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbantuan aplikasi autoplay pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Keawrganegaraan kjelas VIII SMPN 21 Malang / Mitra Mustaricha

Mustaricha, Mitra (2015) Pengembangan media pembelajaran berbantuan aplikasi autoplay pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Keawrganegaraan kjelas VIII SMPN 21 Malang / Mitra Mustaricha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mustaricha Mitra . 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Autoplay pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VIII SMPN 21 Malang. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Nur Wahyu Rochmadi M.Pd M.Si (II) Hj.Yuniastuti S.H M.Pd Kata Kunci pengembangan media pembelajaran PPKn Autoplay Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang mengedepankan pembentukan warga negara yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Sudah menjadi sebuah keharusan bagi seorang guru untuk mengajarkan nilai dan moral ini kepada peserta didik. Akan tetapi pada prakteknya beberapa kendala muncul sehingga tidak dapat memaksimalkan pemahaman siswa terhadap materi PPKn. Pembelajaran PPKn dinilai membosankan karena dalam proses belajar mengajar metode yang digunakan cenderung monoton yakni ceramah dan diskusi. Selain itu kurangnya antusias siswa dikarenakan sumber belajar yang hanya mengandalkan buku siswa dari pemerintah. Oleh karena itu dipandang perlu untuk membuat media pembelajaran untuk meningkatkan antusisas siswa terhadap mata pelajaran PPKn. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran pada mata pelajaran PPKn kelas VIII dengan bantuan aplikasi Autoplay serta mengetahui kelayakan dari produk yang dihasilkan dari proses pengembangan untuk kemudian digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan langkah-langkah penelitian dan pengembangan menurut Sugiyono yang telah dimodifikasi. Langkah-langkah penelitian yakni (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain dan (6) ujicoba produk. Kelayakan media pembelajaran berbantuan aplikasi autoplay ini didasari oleh proses hasil uji coba yang telah divalidasi oleh ahli materi yakni dosen program studi PPKn Universitas dan Guru PPKn Kelas VIII SMP N 21 Malang serta ahli media Dosen Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang kemudian diujicobakan kepada kelompok kecil sejumlah 10 siswa dan kelompok besar sejumlah 56 siswa. Dalam penelitian ini didapatkan dua buah jenis data yakni data kualitatif dan kuantitatif dari angket yang diberikan kepada validator media validator materi dan uji pengguna. Hasil data yang telah dianalisis yakni ahli materi didapati skor akhir 95 8 yakni dengan kriteria sangat layak ahli media didapati skor akhir sebesar 94 2 yakni dengan kriteria sangat layak uji coba kelompok kecil didapati skor akhir sebesar 90.8 dengan kriteria sangat menarik sangat baik sangat baik sangat sesuai dan uji coba kelompok besar didapati skor akhir sebesar 89 56 dengan kritereia sangat menarik sangat baik sangat baik sangat sesuai. Dari keempat proses validasi yang telah dilakukan disimpulkan bahwa media pembelajaran yang telah dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan penulis media ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Dalam upaya pengembangan lebih lanjut diharapkan berbagai koponen pendidikan baik guru maupun pengembang lain dapat mengembangkan lebih baik lagi terkait media pembelajaran PPKn dengan tetap mengedapankan manfaat media pembelajaran serta mengikuti perkembangan jaman. Dengan adanya media pembelajaran yang lebih baik dan menarik maka siswa lebih terpacu semangatnya untuk belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51919

Actions (login required)

View Item View Item