Martiani, Astik Diah (2015) Problematika penyusunan Rencana Pelaksanaa Pembelajaran (RPP) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) berbasis scientific approach di SMP Negeri 6 Kota Malang / Astik Diah Martiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Martiani AstikDiah 2015. Problematika PenyusunanRencanaPelaksanaanPembelajaran (RPP) PendidikanPancasiladanKewarganegaraan (PPKn) BerbasisScientific Approach di SMP Negeri 6 Kota Malang Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suparlan Al Hakim M.si (II) Siti Awaliyah S. Pd S.H M.Hum. Kata Kunci Problematika RPP PPKn Scientific Approach Kurikulum 2013 diterapkanoleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dimaksudkanuntuk menggantikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Di SMP Negeri 6 Kota Malang barumenggunakankurikulum 2013 padatahunajaran 2013/2014 untukkelas 7 dan 8. Sedangkanuntukkelas 9 menggunakan KTSP.Denganimplementasikurikulum 2013 membuat guru harusmampumenyusun RPP sesuaikurikulum 2013 berbasisScientific Approach.Masih kurangnya pemahaman guru tentang penyusunan RPP membuat guru mengalamiproblematikaterutamapadamatapelajaranPPKn. Berkaitan dengan itu maka diperlukan pembahasan mengenai problematika penyusunan RPP berbasis Scientific ApproachpadamatapelajaranPPKn. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan problematika guru dalammenyusun RPP PPKnberbasisScientific Approach di SMP Negeri 6 Kota Malang.Lingkupkajianproblematikameliputipenyusunanindikatorpencapaiankompetensi perumusantujuanpembelajaran pemilihanmateripembelajaran penentuanmtodepembelajaran penentuanlangkah-langkahpembelajaran pemilihan media pembelajaran penentuansumberbelajar danpenyusunaninstrumenpenilaian. Penelitian mengenai ProblematikaPenyusunanRencanaPelaksanaanPembelajaran (RPP) PendidikanPancasiladanKewarganegaraan (PPKn) BerbasisScientific Approach di SMP Negeri 6 Kota Malang inimenggunakanpendekatandeskriptifkualitatif. Lokasipenelitianiniadalah di SMP Negeri 6 Kota Malang. SubjekpenelitianiniadalahWakilKepalaSekolah SMP Negeri 6 Kota Malang dan guru matapelajaranPPKn.Pengumpulan data dilakukandenganteknikobservasi wawancara dandokumentasi.Analisis data dilakukandenganreduksi data penyajian data danpenarikankesimpulan.Kemudianpengecekankeabsahantemuanpenelitiandilakukandenganteknikpemeriksaanketeralihandengancarauraianrinci tekniktriangulasi Tahap-tahappenelitianadalahtahappralapangandantahappenelitian. Tahappenelitianmeliputipengumpulan data pengolahandananalisis data danpenarikankesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data tersebut ditemukandelapan simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama problematikatentangpenyusunanindikatorpencapaiankomptenesi. Guru yang mengalamiproblematikapadapenyusunanindikatordikarenakan guru kesulitandalammenyesuaikan KKO indikatordengan KKO pada KD.Kedua problematika yang dialami guru dalamperumusantujuanpembelajarantidakada. Guru hanyamencontohbuku guru sajadan guru merasabahwajikaindikatorpembelajaransudahtersusun makatujuanpembelajarandapatditentukan. Ketiga problematikapemilihanmateripembelajaran.Problematika yang dialami guru dikarenakan guru merasabingungmnyesuaikanmateripembelajarandengan KD.Selainitu referensi yang digunakan guru dalammemilihmateripembelajarandariberbagaisumber.Setelah guru memilihmateripembelajaran guru harusmampumenyesuaikankumpulanmateri yang didapatdengan KD yang telahada.Keempat problematikapenentuanmetodepembelajaran. Guru mengalamiproblematikadikarenakandalampembelajaran guru menggunakanmetodepembelajarancampuran. Metodepembelajaran yang digabungkanharustetap.Jikatidaktepatpembelajarankurangberjalanefektif.Kelima problematikapenentuanlangkah-langkahpembelajaran. Guruterkadangmerasakesulitandikarenakanlangkahpembelajaran yang dilaksanakanharussesuaikarakteristikkelas. Selainitu langkahpembelajaranharusmencakuplimalangkahyaitumengamati menanya menalar mencoba danmembentukjejaring sertaharusmenyentuhtigaranahkompetensisikap pengetahuan danketerampilan. Keenam problematikapemilihan media pembelajaran. Guru mengalamiproblematikadikarenakan guru terkadangmerasakesulitanmenyesuaikan media pembelajaranpada KD tertentu. Ketujuh problematikapenentuansumberbelajar.ProblematikaterjadikarenaterbatasnyasumberbelajarataureferensibukuPPKnkurikulum 2013.Selainitu kurangpahamnya guru terhadappenggunaan internet.Kedelapan problematikapenyusunaninstrumenpenilaian. Instrumenpenilaiandisusun guru berdasarkanteknikpenilaian yang diberikan guru.Problematikaterjadipadapenilaiansikap. Guru merasabingungmenyusunpenilaiansikapsiswakarenajumlahsiswa yang begitubanyak. Saran yang diberikanpenulis dari adanyaproblematikapenyusunan RPP PPKnberbasisScientific ApproachadalahKepalaSekolahSMP Negeri 6 Kota Malang sebaiknyalebihmengembangkanimplementasikurikulum 2013 terutamapadapenyusunan RPP. Guru sebaiknyajugamempelajarikembalipenyusunan RPP yang sesuaikurikulum 2013 berbasisScientific Approach. Guru mengikuti workshop atau MGMP yang diadakanolehpihaksekolah misalnyaKepalaSekolah. Guru dapatmennggunakancatatananekdotuntukmenilaisikapsiswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/51915 |
Actions (login required)
View Item |