Implementasi pendidikan life skill dengan metode Pray, Attitude, Knowledge, Skill, Action (PAKSA) di Transformer Center Batu / Pengky Dwi Fathullah Haludhi - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pendidikan life skill dengan metode Pray, Attitude, Knowledge, Skill, Action (PAKSA) di Transformer Center Batu / Pengky Dwi Fathullah Haludhi

Haludhi, Pengky Dwi Fathullah (2016) Implementasi pendidikan life skill dengan metode Pray, Attitude, Knowledge, Skill, Action (PAKSA) di Transformer Center Batu / Pengky Dwi Fathullah Haludhi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Haludhi Pengky Dwi Fathullah. 2015. Implementasi Pendidikan Life Skill Dengan Metode Pray Attitude Knowledge Skill Action (PAKSA) di Transformer Center Batu. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. M. Djauzi Moedzakir M.A (II) Drs. H. Moh. Ishom Ihsan M.Pd. Kata Kunci life skill metode PAKSA Transformer Center Semangat jiwa entrepreneur para peserta didik dibentuk melalui program education land yang disebut Transformer Center. Transformer Center juga dijadikan sebagai laboratorium life skill bagi peserta didik SMA Selamat Pagi Indonesia. Dalam Transformer Center terdapat pendidikan life skill dengan metode PAKSA yang diterapkan untuk peserta didik di Transformer Center untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan. PAKSA diterapkan kepada peserta didik selama tinggal di lingkungan Transformer Center. Para Pembina akan membimbing peserta didik dalam mengasah kecakapan hidup di setiap devisi usaha yang ada di Transformer Center. Fokus penelitian yang diangkat dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan life skill dengan metode PAKSA di Transformer Center Batu dan hasil implementasi pendidikan life skill dengan metode PAKSA di Transformer Center Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif degan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Lokasi penelitian dilakukan di Transformer Center yang bertempat di jalan Pandanrejo 1 Bumiaji Kota Batu Jawa Timur. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data penyajian data dan penarikkan kesimpulan. Pengecekkan keabsahan data dalam penelitian ini mengunakan teknik triangulasi sumber teknik dan waktu. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 2 kesimpulan sebagai berikut (1) pendidikan life skill dengan metode PAKSA yang diterapkan pada peserta didik di Transformer Center berjalan dengan baik dan menjadikan peserta didik yang professional di bidangnya. (2) Pendidikan Life skill dengan metode PAKSA yang diterapkan pada peserta didik Transformer Center tercakup dalam 4 kecakapan hidup yaitu kecakapan personal peserta didik mempunyai akhlak yang baik dan mampu memecahkan masalah pribadi yang dihadapi kecakapan sosial peserta didik mampu berkomunikasi dengan baik saat berinteraksi dengan orang lain dan mempunyai jiwa sosial kecakapan akademik peserta didik mampu berpikir logis dalam hal kognitif dan kecakapan vokasional peserta didik mempunyai kemampuan professional sesuai bidangnya di devisi usaha Transformer Center. Saran dalam penelitian ini adalah (1) bagi Pendidikan Luar Sekolah sebagai tambahan bahan kajian pengembangan studi pendidikan life skill bagi mahasiswa pendidikan luar sekolah. (2) bagi Transformer Center mengembangkan metode PAKSA dalam pembelajaran nonformal lainnya. (3) bagi peneliti selanjutnya dapat dijadikan landasan untuk penelitian kuantitatif terhadap pendidikan life skill dengan fokus masalah yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Dec 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5191

Actions (login required)

View Item View Item